Awas, Modus Kamera Tersembunyi Makin Marak dan Canggih! Ini Triknya Agar Kamu Nggak Jadi Korban

kecanggihan kamera tersembunyi

Hidup di era digital memang memberikan banyak keuntungan. Namun sayangnya, kemajuan teknologi nggak selalu hanya memberi kemudahan saja pada manusia dalam beraktivitas. Terkadang ada beberapa teknologi yang justru rentan dimanfaatkan untuk hal yang nggak baik bahkan merujuk pada tindakan kriminal.

Advertisement

Setelah kasus video asusila di Korea Selatan yang mencatut banyak nama artis-artis terkenalnya ternyata kini, kamera tersembunyi yang digunakan untuk kejahatan makin mudah dan banyak ditemui. Yuk, simak ulasan lengkapnya di Hipwee Tips berikut ini!

Kamera tersembunyi makin banyak ditemukan di tempat-tempat umum. Bukan mustahil bahwa memang ada pihak tertentu yang sedang jahil

Hanya butuh sekecil ini buat mengawasimu. via twitter.com

Bukan rahasia lagi kalau di Korea Selatan sudah darurat kamera pengintai yang dipasang di hotel, kamar mandi dan tempat umum lainnya. Kebanyakan mereka menggunakan kamera tersembunyi berukuran kecil yang dipasang di colokan, pengharum ruangan, bahkan benda-benda nggak terduga lainnya. Nggak menutup kemungkinan kalau beberapa tangan jahil juga memanfaatkannya di Indonesia dan di negara lainnya. Bahkan mereka bisa menyaksikan apa yang direkam kamera dengan streaming online. Waduh, bahaya banget ya!

Mirisnya teknologi yang kelihatan super canggih ini sekarang dapat dengan mudah didapat di toko online dengan harga yang sangat murah. Ugh, ngeri!

Bentuknya udah nggak masuk akal, nyaru banget! via twitter.com

Mungkin kamu bakal membayangkan film action Hollywood kalau ngomongin soal spy cam. Sayangnya teknologi yang kelihatan hampir mustahil ini bahkan sudah bisa didapatkan dengan mudah. Melalui sebuah utas Twitter, @amourenata membagikan betapa kamera super canggih ini mudah didapat di toko-toko online dengan harga relatif terjangkau. Mulai dari yang bentuknya korek, pena, hingga lampu pun bisa diselipkan kamera tersembunyi. Dengan harga rata-rata nggak mencapai sejuta, tentu bikin banyak orang mampu membelinya. Fakta ini justru bikin makin ketar-ketir. Andainya banyak yang berniat jahat, semakin mudah mereka buat melakukannya.

Advertisement

Upaya pencegahan yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan curiga. Nggak ada salahnya sedikit parno di kamar mandi umum atau kamar hotel biar nantinya lega

Dekatkan kuku ke kaca maka kamu akan tau bedanya. via twitter.com

Terkadang saking cueknya kita jadi nggak peduli dengan keselamatan sendiri. Untuk kasus ini, sedikit parno dan curigaan saat berada di tempat yang asing itu nggak masalah. Selalu cek bilik-bilik yang sekiranya berlubang karena rawan diintip. Selalu curiga kalau ada benda aneh yang mungkin saja diselipkan kamera pengintai. Jangan lupa juga selalu cek apakah ada kaca dua sisi, baik di cermin maupun kaca jendela. Karena kaca dua sisi memungkinkan kamu diawasi dari luar tanpa kamu tahu. Pokoknya mata harus super jeli deh!

Lalu, gunakan kamera ponselmu buat mendeteksi kamera yang sengaja disembunyikan. Gampang banget kok ternyata!

Bisa juga manfaatkan night mode biar gampang ketemunya. via www.discreetdevices.com

Ketika kamu curiga kamar hotelmu atau toilet tempat yang kamu masuki disusupi kamera tersembunyi, lakukanlah pengecekan dengan memanfaatkan poselmu sendiri. Ini langkah-langkah sederhananya~

Advertisement
  • Pertama, matikan lampu di ruang yang kamu curigai dan pastikan ruangannya benar-benar gelap
  • Buka kamera ponselmu dan rekamlah keadaan sekeliling ruangan
  • Cek lagi rekamanmu dan jika kamu menemukan cahaya merah di suatu titik, kemungkinan itu adalah pancaran infra merah dari kamera tersembunyi
  • Kalau sudah begitu, mending langsung buang deh benda yang mencurigakan tersebut!

Siapapun dan dimanapun kamu berada, setelah mengetahui fakta penting ini minimal kamu bisa lebih ekstra waspada. Meski kelihatannya nggak mungkin, tapi melakukan upaya pencegahan itu nggak pernah salah kok! Semoga saja kita dapat selalu terhindar dari hal-hal ‘seram’ begini ya. Waspadalah, waspadalah!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sonyaruri---

CLOSE