Tahu merupakan makanan yang rasanya mudah sekali untuk kamu jumpai dalam keseharianmu. Sahabat tempe yang satu ini biasanya disajikan sebagai lauk yang dibuat oleh ibumu dalam bentuk gorengan atau berupa sayur yang ditumis.

Kalau kamu bosan dengan lauk tahu yang gitu-gitu aja, nggak usah takut. Tahu juga bisa kok dijadiin cemilan yang ciamik! Jangan bingung mau cari cemilan dari bahan tahu yang enak di mana, karena kamu bisa dengan gampang membuatnya sendiri.

Kadang bahagia itu sederhana, bisa santai sambil ngemil tahu misalnya. Nah, berikut ini ada 7 resep kreasi tahu yang bisa kamu bikin sendiri. Gampang banget kok!

1. Tahu bulat yang hits banget bisa lho kamu buat. Gak usah jajan biar pengeluaranmu lebih hemat.

tahu bulat~ digoreng dadakan~ gurih, nyoy~ via www.pinterest.com

Kamu pasti pernah mendengar pedagang tahu bulat keliling yang hits banget itu, ‘kan? Nah, sekarang nggak usah nunggu-nunggu dia lewat lagi karena kamu bisa bikin tahu bulat dengan gampang dan bahannya yang sederhana.

Advertisement

Untuk buat itu, kamu hanya perlu menyiapkan 10 potong tahu putih, 2 siung bawang putih, 1 sdt garam, 1/2 lada bubuk, 1 sdt baking powder,1/2 sdt penyedap rasa, 1/2 liter minyak goreng.

Cara membuatnya begini:

  1. Peras tahu dengan kain bersih agar kandungan airnya hilang dan sisihkan. Oiya, untuk memeras tahunya sedikit-sedikit aja, 1-2 potong sekali memeras, agar kandungan air pada tahu bisa habis dan tahu jadi ‘kopong’ saat digoreng.
  2. Tumbuk bawang putih dan garam sampai halus dan masukkan ke hasil perasan tahu.
  3. Lalu, tambahkanlah lada, baking powder, dan penyedap rasa. Kemudian uleni atau aduk dengan tangan sampai merata.
  4. Kemudian, ambil 1 sdm adonan tahu dan bentuk bulatan dengan tanganmu dan ulangi sampai adonan habis ya. Setelah itu, kamu bisa langsung menggorengnya atau kalau mau kamu bisa simpan di dalam kulkas selama 1 jam dengan wadah yang tertutup rapat.
  5. Gorenglah tahu selama 10-15 menit dengan api kecil sampai benar-benar matang dan tahu tetap bisa bulat dalam keadaan lama. Akan lebih nikmat kalau kamu cocol dengan sambal kecap atau cabe rawit.

2. Gak bisa nahan ngantuk di siang hari? Ngemil tahu gejrot dijamin bikin kamu melek lagi!

tahu gejrottt. via www.kompasiana.com

Olahan tahu satu ini punya sensasi rasa yang nggak biasa di mulut kamu, rasa manis, pedas, asin semua tercampur jadi satu. Kalau kamu menikmati tahu gejrot di siang hari, dijamin matamu yang ngantuk akan segar kembali. Membuatnya pun super praktis. Bahan yang kamu perlukan antara lain:

  • 3 buah tahu ukuran besar yang kamu potong jadi 6 bagian dan rendam dalam air garam
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah cabai rawit (atau kalau kamu suka pedas bisa menyesuaikan selera)
  • 2 sdt gula jawa
  • 5 sdm kecap manis
  • cuka sekucupnya
  • gula dan garam secukupnya
  • secukupnya air matang
  • minyak goreng secukupnya
  • 2 sdm air mendidih

Cara membuatnya:

  1. Pertama, kamu harus menggoreng tahu yang sudah direndam air garam dengan api sedang.
  2. Lalu, pada sebuah cobek, uleklah bawang putih, cabai, garam, dan gula. Diikuti dengan bawang merah. Tidak perlu sampai halus ya.
  3. Masukkan gula jawa dan tambahkan air mendidih ya.
  4. Kemudian, tambahkan cuka, air matang, dan kecap manis sesuai dengan selera, jangan lupa dicicipi ya.
  5. Terakhir, masukan potongan tahu dan tekan-tekan dengan ulekan. Tahu gejrot pun siap dinikmati.

3. Bukan cuma ayam yang bisa dibikin nugget, tahu juga bisa! Gak percaya? Langsung yuk cobain resepnya…

nugget tahu. via www.oresepmakanan.com

Nugget tahu nggak kalah enak dari nugget ayam, lho. Selain dijadikan lauk, nugget tahu juga yummi banget dijadiin teman minum teh. Kalau kamu tertarik membuat nugget tahu, siapkan bahan-bahan yang meliputi 10 buat tahu putih ukuran sedang, 1 buah wortel, 5 batang seledri, 2 batang daun bawang, 2 buah telur, 3 sdm terigu, 5 siung bawang putih, 1/2 sdt merica bubuk, 2 putih telur, kaldu bubuk secukupnya, garam secukupnya, dan tepung roti.

Cara membuat:

  1. Kamu perlu menghaluskan tahu, menyerut wortel, dan mencincang halus seledri serta daun bawang.
  2. Kemudian, haluskanlah bawang putih dan campurkan sekalian dengan tahu, wortel, seledri, dan daun bawang yang sudah dipotong-potong.
  3. Masukkan terigu, telur, bawang putih, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Lalu aduk sampai benar-benar merata.
  4. Lalu, kamu juga harus menyiapkann loyang yang diolesi sedikit margarin dan masukan campuran tahu tadi ke dalam loyang, kemudian kukuslah selama kurang lebih 25 menit.
  5. Setelah dingin, potonglah sesuai dengan seleramu lalu celupkan ke dalam telur putih dan gulingkan di atas tepung roti.
  6. Goreng adonan nugget dengan api kecil sampai berubah warna kuning kecoklatan.

4. Buat kamu yang suka banget sama makanan pedas, tahu jeletot pasti jadi cemilan favoritmu deh…

tahu jeletot~ via www.youtube.com

Bagi para pecinta makanan pedas, tahu jeletot pasti akan jadi favorit kamu nih! Untuk membuat bagian kulit dari tahu jeletot, siapkan 100 gr tepung terigu, 1 sdm tepung beras, 20 gr sagu, 10 buah tahu, 1 batang daun bawang yang kamu iris tipis, 1/4 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam, dan 175 ml air.

Kemudian, untuk membuat isi dari tahu jeletot, kamu perlu menyiapkan 10 gr ayam giling yang kamu tumis lebih dulu, 100 gr wortel yang kamu iris tipis, 75 gr kol yang diiris tipis, 100 gr tauge (sayuran tersebut harus kamu seduh dengan air panas lebih dulu ya), 10 buah cabai rawit merah atau bisa disesuaikan dengan selera yang diulek kasar, 1/4 sdt merica bubuk, 1 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir.

Cara membuat:

  • Pertama, goreng tahu sampai matang dan belah tahu agar bisa diisi.
  • Kemudian, campurkan semua bahan kulit tahu sambil diaduk merata sampai adonan sedikit encer.
  • Lalu, campurkan juga semua isian tahu dan aduk sampai rata.
  • Setelah semua tercampur, masukkan isian ke dalam tahu dan celupkan tahu ke dalam adonan kulit.
  • Gorenglah tahu tersebut pada minyak panas dengan api sedang sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  • Tahu jeletot pun siap untuk kamu lahap!

5. Martabak telur sih udah biasa. Bikin martabak tahu deh biar beda dan lebih murah biaya bikinnya. Hehehe…

martabak tahu~ via kiyanti2008.wordpress.com

Ngidam martabak di akhir bulan nggak akan jadi masalah kalau kamu mau coba buat martabak tahu sendiri. Siapin aja bahan-bahan ini, 3 buah tahu ukuran sedang yang kamu hancurkan, 10 lembar kulit lumpia, 3 batang daun batang, 2 batang daun seledri yang kamu iris kecil, 1 butir telur ayam, kaldu bubuk instan secukupnya, dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya:

  1. Pertama, kamu harus campurkan tahu yang sudah dihancurkan dengan irisan daun bawang dan ditambahkan dengan telur ayam dan juga kaldu bubuk instan, kemudian aduklah sampai semuanya tercampur rata.
  2. Lalu, siapkan kulit lumpia dan isi kulit tersebut dengan adonan tahu yang sudah kamu buat tadi. Lipat kulit lumpia dengan rapat sehingga membentuk kotak.
  3. Gorenglah adonan martabak tahu dalam minyak panas dengan api sedang sampai berubah warna.
  4. Martabak tahu pun siap disantap dan akan lebih enak jika dimakan bersama cabai rawit.

6. Keripik tahu yang kriuk banget ini emang juara. Asal tahu caranya, kamu bisa bikin sendiri di rumah.

kriuuuuk… via mangcook.com

Keripik tahu yang kriuk banget ini akan jadi favorit ngemil kamu sambil minum es teh manis. Kalau bingung mau beli di mana, yuk buat aja sendiri. Siapkan bahan-bahan ini:

  • 10 buah tahu putih
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt baking powder
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt garlic powder
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara membuatnya:

  1. Peras tahu dengan kain serbet bersih, sampai kandungan air menipis.
  2. Kemudian, tambahkan garam, garlic powder, kaldu bubuk, dan merica, lalu aduk sambil kamu remas-remas. Boleh juga kamu coba untuk memastikan rasanya.
  3. Tambahkan kuning telur dan baking powder, lalu aduk lagi sampai merata.
  4. Setelah itu dengan tanganmu bentuklah adonan menjadi bulat dan masukkan ke dalam wadah tertutup, lalu simpan di kulkas selama kurang lebih dua jam.
  5. Lalu, gorenglah tahu sampai berubah warna. Setelah dingin, belah tahu menjadi dua bagian dan balik tahu.
  6. Terakhir, kerok sedikit isi tahu dan goreng lagi dengan api kecil sampai garing.
  7. Jadi deh kripik tahumu. 🙂

7. Tahu ternyata juga bisa dibikin jadi camilan yang manis. Penasaran gimana rasanya? Bikin pudding tahu, yuk!

Bosan sama rasa tahu yang gurih? Coba bikin pudding tahu deh! Oya, untuk resep yang satu ini kamu membutuhkan tofu–tahu sutera yang lebih lembut teksturenya–ya. Ini nih bahan yang kamu butuhkan:

  • 100 gram tofu
  • 75 gr gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 700 ml air
  • 50 ml putih telur
  • 1 butir kuning telur
  • 75 ml susu kental manis putih
  • 1/2 sdt garam

Bahan untuk membuat saus:

  • 200 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Cara membuatnya:

  • Pertama, kamu panaskan air dan agar-agar bubuk hingga mendidih.
  • Lalu, kocok kuning telur dan susu kental manis hingga merata, kemudian campurkan sebagian agar-agar yang sudah mendidih dan kocok hingga tercampur sempurna.
  • Masukkan campuran telur, susu, dan agar-agar ke dalam panci sambil tambahkan tofu potong.
  • Setelah kembali mendidih, tuang agar-agar ke dalam wadah dan dinginkan.
  • Untuk sausnya, rebus semua bahan saus hingga mendidih lalu sajikan bersama puding tahu yang sudah dingin.

Semoga resep-resep di atas bisa membantu kamu untuk mencicipi rasa lain dari tahu ya. Selamat mencoba. 🙂