4 Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Gara-gara Tangan Suka ‘Khilaf’ Bisa Mengalami Kebutaan Lo!

bahaya mengucek mata

Sesering apa kamu mengucek mata?

Advertisement

Saking wajarnya, kita suka tidak sadar tatkala mengucek mata, bahkan secara kencang dan jauh dari kata lembut. Termasuk meski kita tahu itu sesuatu yang berisiko. Kebanyakan orang akan otomatis mengucek matanya jika tiba-tiba gatal atau perih. Makanya, nggak heran jika kamu sering mendengar para orangtua menegur anaknya kerena keseringan mengucek mata.

Mungkin, kita perlu mengingatkan lagi apa saja masalah yang akan timbul jika kamu sering mengucek mata? Hipwee Tips sudah merangkum beberapa ulasannya untukmu. Yuk, kita simak!

1. Kalau kamu sering mengucek mata dengan tangan, mata akan mengalami iritasi akibat kumat yang menempel di tanganmu

iritasi mata via www.wowkeren.com

Mata dilindungi dengan membran berlendir, yang berfungsi untuk menjaga kelembabannya setiap saat. Membran inilah yang paling  disukai bakteri parasit yang biasanya ada di tanganmu. Coba bayangkan bagaimana matamu nggak sakit jika bahkan tangan yang kamu gunakan untuk menguceknya saja sudah penuh kuman?

2. Nggak cuma kurang tidur, ternyata kebiasaan mengucek mata juga bisa membuat kantung matamu menghitam lo!

kantung mata hitam via www.idntimes.com

Dikutip dari laman Reader’s Digest, kebiasaan mengucek mata dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata. Meski tampak sepele, ternyata hal ini bisa mengganggu penampilan lo! Kamu jadi tampak lelah terus jika memiliki kantung mata yang hitam. Duh, jangan sampai deh!

3. Tekanan yang diakibatkan karena terlalu sering mengucek mata bisa membuat saraf matamu terganggu dan menyebabkan glukoma

gangguan saraf mata via hellosehat.com

Glukoma terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada mata. Biasanya, penderita glokuma nggak akan merasa mengalami sakit mata apapun sebelumnya. Makanya, nggak heran kalau ternyata banyak ditemukan pasien glukoma yang terlanjut parah penglihatannya bahkan hingga buta.

4. Sering mengucek mata juga akan membuat kornea matamu menjadi tipis dan mengalami perubahan bentuk

penipisan kornea mata via www.honestdocs.id

Advertisement

Kondisi penipisan dan perubahan kornea mata disebut dengan keratokonus. Pada kondisi serius ini bisa mengakibatkan penglihatanmu mengalami distorsi lo. Untuk mengatasinya diperlukan cangkok atau transpalantasi kornea baru.

Kalau kamu merasa matamu kemasukan sesuatu, perih ataupun gatal, pakai saja obat tetes mata. Jangan sampai aktivitas yang dikira sepele ini justru membuatmu menyesali dampaknya, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

ecrasez l'infame

CLOSE