Cuaca Lagi Panas, Masih Demen Pakai Celana Jeans Ketat? 6 Kerugian ini Bakal Kamu Dapat

Bahaya pakai celana jeans ketat

Rasanya hampir setiap orang punya celana jeans. Selain nggak ribet dipakainya, celana jeans juga cocok dipadukan dan dikenakan di momen apa pun. Dari sekian banyak model celana jeans, skinny jeans atau jeans yang cenderung ketat dan ngefit di kaki adalah yang favorit. Cuaca yang panasnya kayak apa juga, skinny jeans tetap jadi outfit-nya, apalagi orang Indonesia.

Advertisement

Sayangnya, dibalik kelebihan-kelebihan celana jeans, ada beberapa ancaman berbahaya yang mengintai setiap pemakainya lo, belum lagi karena bahannya yang tebal dan nggak cukup sirkulasi. Kalau kamu adalah salah satu yang demen banget pakai celana jeans ketat bahkan saat cuaca lagi panas begini, waspada aja deh!

1. Celana jeans yang terlalu ketat akan memperlambat aliran darah sehingga bikin pembuluh darah tertekan di sekitar paha, selangkangan dan organ intim

aliran darah nggak lancar via www.today.com

Terganggunya sirkulasi darah atau varises nggak hanya terjadi karena penggunaan sepatu berhak tinggi saja, tapi pakai celana jeans yang ketat juga. Akibatnya, Pembuluh darah di sekitar paha, selangkangan, dan organ intim juga bisa membeku karena terbatasnya gerakan. Selain varises, keseringan pakai celana ketat juga bisa menimbulkan pembengkakan lo!

2. Rentan mengalami tekanan pada saraf seperti mati rasa, nyeri, hingga kesemutan

kesemutan via www.self.com

Mengenakan celana jeans ketat juga memicu tekanan salah satu saraf pada bagian luar paha atau parestesia. Kalau udah kayak gini, kamu bakal merasakan kesemutan dan kepanasan seperti sensasi terbakar terutama pada bagian paha dan pinggul.

Advertisement
3. Baik cewek maupun cowok yang tiap harinya pakai celana jeans ketat, waspada kemandulan!

risiko mandul via www.mirror.co.uk

Bagi cewek, penggunaan celana jeans ketat bisa menyebabkan munculnya jamur dan memengaruhi produktivitas sel telur sehingga mengganggu kesuburan. Sedang bagi cowok, memakai celana ketat akan menurunkan produksi sperma karena peningkatan suhu pada testis. Kedua masalah ini tentu menjadi penting khususnya bagi kamu yang usianya masih produktif.

4. Celana jeans ketat bisa meningkatkan risiko infeksi bakteri atau jamur, apalagi kalau dipakainya di cuaca panas seperti sekarang ini

infeksi bakteri via www.sheknows.com

Saat mengenakan celana jeans ketat, otomatis kulit akan sulit bernapas sehingga area sekitar organ intim hingga ke bawah bakal lembap karena keringat. Dalam kondisi kayak gini, bakteri dan jamur akan lebih mudah berkembang biak. Gatal-gatal di kulit, iritasi, bahkan infeksi saluran kemih pun bakal mengintaimu.

5. Nyeri punggung bakal menghantuimu yang sering pakai celana jeans ketat karena penggunaannya memengaruhi tulang belakang juga

kesulitan beraktivitas via www.liveabout.com

Memakai celana jeans yang ketat bisa menimbulkan nyeri pinggul hingga nyeri punggung karena menghambat aktivitas sehari-hari seperti kesulitan bergerak, membungkuk, berjalan kaki, maupun duduk. Efek jangka panjangnya bahkan bisa memengaruhi tulang belakang juga lo!

Advertisement

6. Percaya atau nggak, penggunaan celana jeans ketat juga menyebabkan tekanan di perut dan menimbulkan nyeri

nyeri perut via www.basilbodies.com

Ketika mengenakan jeans yang ketat, bukan cuma bagian organ intim dan kaki saja yang terkena imbasnya, melainkan perut dan organ di dalamnya juga. Selain nggak nyaman karena tertekan, perut bagian atas akan tertekan dan bisa memicu refluks asam lambung sehingga bisa memicu rasa panas di bagian dada.

Pakai celana jeans memang nyaman, tapi baiknya kurangi kebiasaan pakai celana jeans yang ketat, terutama kalau cuacanya lagi panas kayak sekarang ini. Karena kalau cuacanya sedang panas, bahayanya pun bakal lebih ngeri lagi. Mending #UpgradeDirimu dengan mengenakan bawahan yang longgar-longgar deh, demi menjaga kesehatan dan aset masa depanmu, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE