Mungkin di antara kamu ada yang lagi giat banget dietnya buat menurunkan berat badan. Selain mengurangi porsi makan atau makan di jam-jam tertentu, olahraga jadi salah satu upaya yang dilakukan demi mencapai berat badan yang ideal. Nah, rupanya masih banyak yang bingung, baiknya memilih makan sebelum olahraga atau setelahnya. Salah-salah menerapkan, takutnya malah jadi bumerang, kan?

Mending cari tahu dulu yuk, mana waktu yang dianjurkan menurut ahli medis tentang makan sebelum atau setelah olahraga serta pengaruhnya buat kondisi tubuhmu.

Makan sebelum olahraga lebih berpotensi bikin berat badan jadi naik ketimbang makan setelah olahraga

makan sebelum olahraga lebih berpotensi bikin melar via www.healthline.com

Advertisement

Sebuah penelitian yang dilakukan di Belgia menemukan bahwa makan setelah olahraga nggak begitu berpengaruh terhadap peningkatan berat badan, seperti yang dilansir dari Hello Sehat. Penelitian ini dilakukan ke sebanyak 27 cowok usia muda yang diberikan makanan yang tinggi kalori dan tinggi lemak selama enam minggu berturut turut. Hasilnya, justru makan sebelum olahragalah yang lebih berpotensi menaikkan berat badan.

Meski begitu, makan sebelum olahraga juga penting agar tubuh benar-benar kecukupan bahan bakar untuk berolahraga. Asal cukup

makan sebelum olahraga juga penting via www.drweil.com

Ada yang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong bisa memaksimalkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh, nyatanya nggak sepenuhnya benar lo. Kalau kamu berolahraga dengan perut kosong, tubuh bakal kekurangan energi. Akibatnya, olahraganya jadi nggak lancar, cepat capek, pembakaran kalorinya pun jadi kurang optimal.

Biasakan untuk makan dulu sebelum olahraga dengan menu makanan dan di waktu yang tepat

pilih makanan yang tepat via www.fitgirlcode.com

Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah kalori dan rendah lemak sekitar 3-4 jam sebelum olahraga. Misalnya roti gandum dengan telur, sereal dengan susu, atau buah pisang. Tapi kalau kamu pengen olahraga pagi dan nggak terbiasa sarapan lebih awal, konsumsi makanan ringan 1-2 jam sebelum olahraga, seperti buah dengan yoghurt, jus buah, atau sereal.

Advertisement

Ingat, jangan terlalu banyak makan sebelum olahraga karena bisa mengganggu pencernaan dan bikin sakit perut saat olahraga. Hindari juga makan dengan waktu yang mepet dengan waktumu berolahraga, ya!

Terus, habis olahraga baiknya tetap makan atau nggak?

Setelah olahraga juga makan lo ya! via fablefeed.com

Makan setelah olahraga itu wajib hukumnya untuk menggantu energi yang hilang saat olahraga. Sebuah riset yang dilakukan di The Colorado State University Extension menyebutkan bahwa makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah makanan yang terdiri dari karbohirat dan protein serta mengandung sedikit lemak untuk membantu tubuh membangun massa otot.

Makan pada 15-30 menit setelah melakukan olahraga merupakan waktu yang ideal. Kamu bisa mengonsumsi makanan karbo seperti ubi, kentang, nasi, buah (nanas, beri, pisang, dan kiwi), oatmeal, atau sayuran hijau. Sedangkan proteinnya bisa kamu dapatkan dari telur, susu, keju, yoghurt, daging ayam, ikan tuna, atau salmon. Lalu alpukat, kacang-kacangan atau susu sapi sebagai lemaknya.

Kesimpulannya, makan baik sebelum atau setelah berolahraga itu sama-sama pentingnya, termasuk buatmu yang lagi diet menurunkan berat badan juga. Yang terpenting, jenis makanan dan waktu makannya harus kamu perhatikan benar ya, jangan kebablasan. Sayang kan olahraganya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya