Media sosial saat ini layaknya candu. Ada yang kurang rasanya kalau dalam sehari belum buka Instagram dan nge-like posting-an teman atau update Instastory. Segala hal dicurhatin dan diperlihatkan ke banyak orang lewat klik-klik manis dari ponsel tersayang. Namun, foto-foto dan video yang diunggah kerap memunculkan polemik baru. Ya, cyber beauty bullying pun terjadi di mana-mana.

Para selebritas dan influencer misalnya, kolom komentar unggahan mereka kerap berisikan bullying soal kecantikan. Mulai dari bentuk tubuh yang nggak ideal, wajah jerawatan, dan beragam komentar nggak mengenakkan lainnya. Kamu pun mungkin pernah mengalami, ya? Nah, berikut balasan halus untuk para pem-bully yang mencemooh perihal kecantikan, yang tanpa sadar bikin mereka kicep seketika.

1. Tak perlu bullying balik para pelaku. Lama-lama mereka akan sadar sendiri kalau kamu berbeda, nggak seperti mereka

tak usah balas bully mereka via unsplash.com

Advertisement

Jujur saja, menahan rasa kesal saat di-bully itu nggak gampang. Ingin rasanya membalas bully juga, tapi, kamu jadi nggak ada bedanya dong dengan mereka. Kalem saja deh, buktikan kalau kamu tak seperti mereka yang senang mem-bully. Percayalah, dengan sikapmu yang tak pernah balas bullying, lama-lama mereka sadar dan segan sama kamu.

2. Jika mereka unggah foto atau video, berikan komentar yang tidak selalu menyangkut soal fisik saja

komentari unggahan mereka yang tidak melulu fisik via unsplash.com

Berikan contoh kepada orang-orang yang mem-bully kamu dengan nggak selalu mengomentari unggahan mereka tentang fisiknya saja. Ada banyak hal yang bisa dijadikan topik komentar, misalnya soal background foto pemandangan atau makanan/minuman yang ada di unggahan. Masih banyak hal yang jauh lebih menarik dibahas daripada menyinggung soal kecantikan, kan?

3. Balaslah komentar-komentar jahat mereka dengan sapaan “Eh hai, apa kabar?”

balas komentar mereka dengan kalimat sapa via unsplash.com

X: “Kok wajahmu jadi jerawatan gitu sih sekarang?”

Kamu: “Eh hai, apa kabar? Kangen deh lama nggak ketemu!”

Advertisement

Gerah dengan komentar beauty bullying bisa kamu hadapi lewat balasan komentarnya. Semisal kamu yang malah menyapa dia “Eh, apa kabar? Lama nggak ketemu ya!” bisa jadi salah satu cara menyadarkan mereka. Bahkan, mungkin mereka jadi nggak enak sendiri lo ke kamu. Syukur-syukur kalau sampai ada yang minta maaf, hehehe ~

4. Do something fun. Update Instastory yang menyenangkan saja, perlihatkan kalau kamu masa bodoh dengan bully-an mereka

do something fun via unsplash.com

Salah satu cara lain yang menyenangkan saat kamu sedang lewati fase-fase move on dari beauty bullying adalah do something fun. Selain bikin kamu jadi happy, pikiranmu pun terdistraksi dari mereka. Di sisi lain, kebahagian yang kamu perlihatkan secara nggak langsung menunjukkan kalau dirimu masa bodoh dengan bullying yang kamu dapatkan. Sekaligus jadi bukti kalau komentar-komentar jahat itu nggak penting bagi dirimu.

5. Upgrade diri biar kualitasmu makin meningkat dan mereka bakal diam seketika

upgrade dirimu, misalnya sudah bisa nyetir mobil via www.pexels.com

Upgrade diri adalah cara jitu yang paling kece lo. Lantaran bukan cuma kamu terlihat lebih wah, keren, dan naik level, tapi juga menimbulkan kepuasan dalam diri sendiri. Misalnya, belajar nyetir mobil, cobain olahraga baru, atau meningkatkan kemampuan bahasa asing. Siapapun yang bully kamu, pasti langsung kicep seketika ~

6. Kamu juga bisa cuekin kata-kata mereka. Just keep silent, lama-lama mereka capek sendiri rusuhin unggahanmu

cuekin kata-kata jahat mereka via unsplash.com

Daripada pusing harus ngapain saat baca kalimat-kalimat jahat mereka, mendingan keep silent saja. Bukan berarti kamu lemah menghadapi bullying soal kecantikan, justru kamu malah perlihatkan kalau yang mereka lakukan itu sama sekali bukan hal penting. Kalau kamu cuekin, lama-lama mereka bakal capek sendiri rusuhin unggahanmu 🙂

7. Yang terpenting adalah kamu harus selalu bersyukur dengan segala hal yang dimiliki. Percaya bahwa yang bully kamu berarti iri sama kamu 🙂

harus percaya diri via unsplash.com

Satu hal yang pasti bahwa kamu harus punya kepercayaan diri yang kuat. Kamu harus yakin kalau dirimu punya kelebihan dibanding yang lain. Dan yang paling penting sih, percayalah kalau orang-orang yang bully soal kecantikanmu itu berarti ya iri sama kamu. Makanya, dicari-cari deh kekuranganmu dari segi fisik dari segi pandangannya :))

Menghadapi beauty bullying via medsos memang menyebalkan. Dunia maya yang seharusnya jadi tempat kita berinteraksi dan seru-seruan, malah bikin sebal. Supaya kamu tetap happy internetan, coba terapkan balasan halus mengatasi bullying soal kecantikan tadi, ya. Semoga makin santai dan nggak baperan terus saat baca kalimat-kalimat jahat dari para pem-bully itu. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya