Balon memang identik dengan mainan anak-anak. Baik cewek atau cowok tak pernah bosan untuk memainkannya. Saat masih kecil, kamu akan meniupnya dan membawanya berlari bersama teman-teman sepermainan. Tapi, benda bulat ini sebenarnya menyimpan banyak manfaat lho.

Tak hanya bisa digunakan sebagai penghibur anak-anak, balon juga bisa digunakan sebagai media undangan pernikahan yang menarik dan alat untuk membuat properti. Nah, penasaran bagaimana cara mambuatnya? Berikut ini Hipwee berikan bocorannya. Simak baik-baik ya.

1. Kejutkan para kenalan dengan undangan pernikahan yang terbuat dari balon. Mereka pasti tak kan menolak untuk datang.

Undangan pernikahan unik dari balon

Undangan pernikahan unik dari balon via www.edytaszyszlo.com

Advertisement

Selain harganya yang murah, balon juga mempunyai banyak manfaat. Tak hanya untuk mainan anak-anak, benda satu ini juga bisa dijadiakn sebagai “kartu” undangan pernikahan lho. Caranya, cukup hanya dengan mencetak informasi pernikahan di atas permukaan balon. Bisa dengan cara digital, cap, atau sablon. Lalu sematkan dalam kartu kecil bergambar pengantin dan nama kalian berdua. Tanpa harus beli kertas undangan yang mahal, cara ini justru lebih menarik perhatian dan hemat. Tamu undangan pasti tak menolak untuk datang.

2. Siapa bilang balon itu cuma bisa dilihat? Lampu rotan yang artistik juga bisa dibuat dengan balon lho.

Menanfaatkan balon untuk membuat lampu

Menanfaatkan balon untuk membuat lampu via sadtohappyproject.com

Punya rumah indah dan nyentrik itu memang impian semua orang. Tapi tak melulu kudu mengeluarkan banyak uang kok untuk mewujudkannya. Kamu bisa menghemat dengan bikin properti rumah sendiri, misalnya lampu rotan unik dari balon tiup yang murah meriah.

Pertama-tama, tipu balon dengan ukuran sedang. Lalu lapisi permukaan balon dengan lem plamir atau tacky glue atar tak mudah meletus. Setelah itu, tutup permukaan balon dengan tali rotan. Jika sudah penuh dan rangka lampu sudah jadi, letuskan balon dengan jarum. Kemudian masukkan lampu dan kabel ke dalamnya. Lampu rotan siap terpasang. Nah, percaya ‘kan kalau balon itu ternyata bermanfaat?

3. Kalau kamu gak mau rugi, manfaatkanlah balon tiup sebagai properti pesta atau resepsi yang murah meriah dan unik. Pastikan kamu mengemasnya dengan cara seperti ini, ya!

Cara memanfaatkan balon sebagai properti pernikahan yang unik

Cara memanfaatkan balon sebagai properti pernikahan yang unik via greenweddingshoes.com

Advertisement

Selain untuk mainan anak-anak, balon juga menjadi properti andalan untuk memberikan kesan yang meriah pada setiap acara. Mulai dari ulang tahun, syukuran, hingga pesta pernikahan. Namun, menghiasi ruangan dengan balon yang tergeletak begitu saja juga kadang tampak membosankan. Nah, agar hal ini tak terjadi, ubah balon tiup menjadi seperti balon udara.

Pertama-tama, kamu buat kotak dari kertas karton berwarna coklat. Jangan lupa masukkan batu kecil atau pemberat lain agar balon bisa melayang-layang ya. Lalu ikat dengan tali. Setelah itu sambungkan balon dan kotak tersebut dengan pita cina pada 4 sisinya. Kemudian hiasi dengan kertas krep pada beberapa sisi balon. Sekarang balon udara siap bikin pesta atau sesi foto pernikahanmu tampak berbeda tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

4. Membuat wadah unik dari barang-barang bekas tak lagi sulit. Karena balon tiup sudah siap jadi volunteer sebagai cetakannya.

Memanfaatkan balon jadi wadah

Memanfaatkan balon jadi wadah via pinstrosity.blogspot.com

Balon tiup yang biasa dianggap remah ternyata tak hanya berfungsi sebagai penggembira anak-anak atau penghias pesta lho. Dengan benda ini, kamu justru bisa menciptakan benda cantik dari barang-barang bekas. Mungkin kamu punya kancing baju bekas, daun kering, atau renda-renda cantik yang sudah tidak digunakan. Sekarang sulap saja jadi wadah yang indah.

Pertama-tama, siapkan balon, kuas dari bahan foam, dan lem mod podge. Pertama-tama tiup balon sesuai ukuran mangkok yang kamu inginkan. Lalu lapisi setengah permukaan balon dengan lem. Kemudian tata barang bekas di atasnya dengan rapi. Pastikan saling berhimpitan dan tak ada celah ya. Diamkan selama 2-3 jam hingga kering. Setelah itu letuskan balon dengan jarum dan lepaskan. Lakukan secara hati-hati ya. Sekarang bikin wadah unik nan nyentrik dari barang bekas sudah tak mustahil lagi. Kamu berani coba?

5. Minuman yang kamu suguhkan lebih menggoda dan terasa segar dengan lapisan balon warna-warni pada mason jar.

Cara memanfaatkan balon sebagai properti pesta

Cara memanfaatkan balon sebagai properti pesta via www.brit.co

Sekarang ini, botol selai atau mason jars sudah menjadi tren di dunia kuliner. Botol ini justru lebih menggoda untuk menyajikan minuman segar. Mungkin kamu akan mengadakan pesta atau bisnis minuman segar. Nah, agar lebih menarik perhatian, hiasilah mason jars mu dengan balon warna-warni.

Caranya mudah kok, pertama-tama potong balon menjadi dua atau tiga bagian. Lalu masukkan mason jars dan rapikan permukaan balon. Pastikan balon terpasang pada 1/4 tinggi botol ya. Jangan lupa pilih warna balon yang beragam. Dengan cara seperti ini, orang-orang tak kan menolak untuk menikmati apa yang kamu sajikan ini.

6. Vas bunga atau botol kaca yang terlalu tinggi tak lagi bikin bungamu tenggelam, karena balon tiup siap jadi penyangga agar bunga bisa tetap berdiri tegak.

Cara memanfaatkan balon tiup

Cara memanfaatkan balon tiup via www.mommodesign.com

Selain bisa digunakan sebagai mainan, balon juga bisa memperindah rumah lho. Sekarang balon ini bisa jadi solusi jika vas bunga yang kamu beli terlalu tinggi. Cara menerapkannya tak rumit kok. Kamu hanya perlu memasukkan balon secara terbalik, lalu sematkan bunga diatasnya. Jangan lupa tuangkan sedikit air di dalamnya agar bunga tak mudah layu. Dengan cara seperti ini, bunga yang kamu beli bisa tampak lebih menawan dan tak kan tenggelam lagi dalam vas yang terlalu tinggi.

7. Dengan tambahan balon pelapis luar, bunga di atas meja bisa tampil beda dan tampak indah dengan warna-warna yang cerah.

Cara memanfaatkan balon tiup

Cara memanfaatkan balon tiup via www.pinterest.com

Bukan hanya vas bunga yang terlalu tinggi, terkadang vas bunga yang terlalu pendek juga bikin bunga yang kamu tata jadi berantakan. Nah, untuk mengatasinya, lapisi saja permukaan vas bunga dengan balon tiup. Masukkan botol pada balon dan biarkan masukkan mulut balon ke dalam botol. Lalu tancapkan potongan bunga ke dalamnya. Sekarang vas bunga yang terlalu pendek bisa bikin rumahmu jadi lebih mentereng.

Balon selalu identik dengan “mainan anak-anak kecil”, namun sekarang benda satu ini bisa naik kelas dan bermanfaatn untuk banyak hal. Nah, jika kamu tak mau rugi dengan tidak memanfaatkannya, 7 kreasi ini bisa kamu terapkan sekarang juga.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya