7 Trik Bikin Bawang Goreng yang Renyah dan Nggak Gosong. Sama Awetnya Kayak yang Dijual Instan

Bawang goreng renyah

Meski hanya digunakan sebagai bahan tabur, kehadiran bawang goreng bisa bikin aktivitas makan jadi makin nikmat. Tapi jangan salah, meski terkesan gampang, bikin bawang goreng ini perlu trik lo! Soalnya kalau asal, bisa-bisa bawang goreng jadi mudah lembek dan nggak renyah.

Advertisement

Coba ikuti beberapa trik bikin bawang goreng dari Hipwee Tips berikut. Selain jadi lebih renyah, cara ini juga bisa membuat bawang gorengmu bebas dari kegosongan.

1. Pilihlah bawang merah berukuran sedang yang memiliki kadar air rendah

bawang Sumenep via starberita.com

Bawang yang sudah layu akan mudah gosong ketika digoreng. Makanya, pilih bawang segar yang masih memiliki akar menempel. Kalau mau lebih aman, kamu bisa pakai bawang merah Sumenep atau Brebes. Jenis bawang merah ini memiliki kandungan air lebih sedikit dan rasanya pun akan lebih gurih ketika digoreng.

2. Jangan mengiris bawang terlalu tebal, tapi juga jangan ketipisan

iris bawang via www.dapurnesia.com

Irisan yang terlalu tebal bisa membuatnya jadi mudah lembek setelah digoreng. Tapi jangan iris terlalu tipis juga biar nggak gampang gosong. Biar lebih praktis dan irisannya pas, mending pakai alat pengiris bawang atau slicer yang dijual di pasar.

Advertisement

3. Biar makin gurih, rendam bawang yang sudah diiris dengan air garam

rendam air garam via www.thekitchn.com

Trik ini biasanya digunakan oleh penjual bawang goreng instan supaya rasanya jadi makin gurih. Nah, kamu juga bisa kok menyontek trik rahasia ini. Sebelum digoreng, campurkan satu sendok garam dengan satu liter air, kemudian rendam bawang selama 30 menit.

4. Setelah direndam, disarankan untuk menaburkan tepung maizena pada bawang merah

beri tepung via www.nyonyacooking.com

Nggak perlu banyak-banyak, satu sendok makan saja sudah cukup kok. Aduk-aduk biar tepung nggak menggumpal ketika digoreng. Kalau garam bisa menambah rasa, maizena ampuh buat bikin teksturnya jadi lebih renyah.

5. Agar nggak mudah gosong, keringkan dulu bawangnya, ya!

dikeringkan via www.seriouseats.com

Taruh bawang yang sudah diberi garam dan tepung tadi pada wadah. Ratakan dan diamkan hingga satu atau dua jam. Trik ini dilakukan supaya kadar air di bawang berkurang jadi kalau digoreng nanti nggak gampang gosong.

6. Goreng bawang di atas minyak panas, tapi gunakan api kecil saja

goreng di api kecil via www.flickr.com

Api yang terlalu besar bisa membuat bawang mudah gosong. Nah, biar matangnya merata bawang perlu diaduk-aduk, tapi jangan keseringan juga, ya! Penting nih, jangan tunggu sampai cokelat dulu baru diangkat, sebab setelah diserok bawang goreng masih akan terus melakukan proses pematangan hingga mulai dingin.

7. Tiriskan bawang goreng dengan benar kemudian simpan di wadah kedap udara

simpan di stoples via www.malaysianchinesekitchen.com

Jangan langsung ditaruh di kertas minyak, tiriskan dulu pada serokan. Setelah benar-benar hilang minyaknya, kamu bisa menaruhnya pada stoples yang bertutup. Kalau mau lebih awet, kamu bisa menyimpan bawang goreng di dalam kulkas. Tapi pastikan sudah tertutup dengan rapat, ya!

Sebenarnya, kamu bisa menggoreng bawang dalam jumlah banyak sekaligus. Kalau ada stok kan kamu bisa menaburkannya pada makanan kapan saja. Selain lebih praktis, kamu juga jadi hemat tenaga.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE