Tepung Jagung dan Tepung Maizena, Sama-Sama dari Jagung tapi Kegunaannya Berbeda

Beda tepung jagung dan tepung maizena

Pasti kamu udah nggak asing lagi dong mendengar nama tepung jagung atau tepung maizena? Kedua tepung ini kerap dianggap sama. Bisa dipahami sih, mengingat keduanya sama-sama terbuat dari olahan jagung. Tetapi sebenarnya tepung jagung dan tepung maizena punya beberapa perbedaan lo dan orang-orang masih keliru akan keduanya.

Advertisement

Tepung maizena dan tepung jagung memiliki profil nutrisi, rasa, dan kegunaannya sendiri-sendiri. Tentunya tepung maizena dan tepung jagung juga memiliki fungsi yang berbeda dan hasil akhir yang berbeda. Kalau kamu suka masak, penting banget nih untuk bisa membedakan keduanya. Pasalnya, jika dilihat dari mata awam, tepung maizena dan tepung jagung hampir sama. Yuk kita lihat, apa aja perbedaan dari kedua tepung yang berasal dari olahan jagung ini!

Jagung menjadi bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan tepung jagung dan tepung maizena

Jagung menjadi bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan tepung jagung dan tepung maizena | Credit: Sigmund via Unsplash

Pada dasarnya, tepung jagung dan tepung maizena menggunakan bahan yang sama yaitu jagung. Cara atau proses pembuatannya sampai jadi tepung yang membedakan kedua jenis tepung ini. Tepung jagung adalah hasil penggilingan seluruh biji jagung menjadi bubuk halus, tepung jagung sendiri memiliki beberapa tingkat kehalusan yang bisa kamu temukan di pasaran, dari yang butirannya kasar hingga halus.

Sedangkan tepung maizena dibuat dengan cara membuang protein dan serat biji jagung. Proses ini menyisakan bagian tengah yang bertepung yang disebut dengan endosperma. Endosperma inilah yang kemudian digiling menjadi bubuk putih yang biasa kita sebut tepung maizena. Jika dibandingkan dengan tepung jagung, tepung maizena memiliki tekstur yang lebih halus.

Advertisement

Meski terbuat dari jagung, tetapi tepung jagung dan tepung maizena memiliki ciri dan karakteristiknya sendiri. Terutama dari warna dan rasa

Tepung jagung memiliki warna yang kekuningan, warna ini berasal dari biji jagung yang digiling | Credit: Marco Verch Professional Photographer via www.flickr.com

Tentunya tepung jagung dan tepung maizena memiliki karakteristik dan perbedaannya masing-masing. Tepung jagung biasanya berwarna kekuningan. Warna kuning yang ada pada jagung ini berasal dari warna jagung yang digunakan sebagai bahan dasar, bahkan kamu bisa mengkreasikan warna tepung ini dengan merendam jagung dalam pewarna makanan terlebih dahulu. Soal rasa, tepung jagung memiliki rasa khas manis yang terdapat dalam jagung. Tepung ini juga lebih gurih jika dibandingkan dengan tepung maizena.

Sedangkan tepung maizena memiliki warna yang lebih putih dan bersih, hal ini tentunya sangat berbeda. Warna putih hampir mirip kapur yang dimiliki oleh tepung maizena ini adalah hasil dari penggilingan endosperma biji jagung. Tepung maizena sendiri tidak memiliki rasa walaupun beberapa merek di pasaran ada yang menambahkan sedikit rasa manis dan gurih.

Tepung jagung dan tepung maizena biasanya bisa kamu temukan di dapur. Namun keduanya punya fungsi yang berbeda

Advertisement

Tepung maizena yang lebih putih dari tepung jagung dapat digunakan sebagai pengental kuah atau saus pada makanan | Credit: belchonok via depositphotos.com

Tentunya kedua tepung jagung dan tepung maizena punya kegunaannya masing-masing, kedua tepung ini nggak bisa digunakan dengan cara yang sama pada sebuah resep. Tepung jagung biasanya digunakan sebagai tambahan atau pengganti tepung terigu dalam sebuah roti, pancake, atau kue kering, serta berguna untuk memberikan rasa dan aksen jagung dalam masakan.

Sedangkan tepung maizena yang nggak memiliki rasa, kebanyakan digunakan sebagai pengental sup, semur, saus, dan kuah. Selain itu tepung maizena juga bisa digunakan sebagai bahan anti penggumpalan. Karena terbuat dari pati dan tidak mengandung protein atau lemak, maka tepung maizena nggak bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu sepenuhnya.

Tepung jagung dan tepung maizena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik buat tubuh

Nggak cuma berguna sebagai bahan masakan, tepung jagung dan tepung maizena juga punya banyak manfaat lain | Credit: Brecht Denil via Unsplash

Tepung jagung yang terbuat dari gilingan biji jagung yang utuh tentunya memiliki kandungan nutrisi yang baik. Tepung jagung memiliki kandungan seperti serat, protein, pati, serta vitamin dan mineral lain. Selain itu tepung jagung juga memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi. Kedua zat tersebut memiliki fungsi untuk mencegah katarak dan degenerasi makula yang terjadi karena usia.

Sedangkan tepung maizena yang sebelumnya sudah menghilangkan kandungan protein, sebenarnya tidak memiliki tambahan protein, serat, atau nutrisi selengkap tepung jagung. Meskipun begitu tepung maizena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah dengan nutrisi dan protein karena proses pengekstrakkan jagung menjadi endosperma.

Tepung maizena dan tepung jagung juga punya banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh

Setelah diolah jadi tepung, kandungan nutrisinya berbeda | Photo by Duncan Kidd via Unsplash

Tepung jagung dan tepung maizena termasuk dua tepung yang bebas gluten, karena itu kedua tepung ini bisa dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi terhadap gluten. Seperti sudah disebutkan di atas, karena dibuat dari gilingan jagung maka tepung jagung kaya akan protein, antioksidan, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Kandungan nutrisi yang besar pada jagung terdapat di dedak serta kulit arinya, hal ini yang membuat tepung jagung memiliki banyak nutrisi. Sedangkan tepung maizena yang menghilangkan kedua hal tersebut, kandungan vitamin dan protein lebih sedikit. Hal ini tentunya membuat manfaat yang bisa diberikan oleh tepung maizena untuk kesehatan tubuh nggak sebanyak tepung jagung.

Tepung jagung bisa digunakan oleh orang yang sedang menjalani diet bebas gluten

Tepung jagung dapat digunakan sebagai ganti tepung terigu dalam sebuah adonan | Credit: Jordane Mathieu via Unsplash

Tepung jagung sendiri sebenarnya digunakan oleh banyak produk yang memiliki label bebas gluten. Produk-produk ini biasanya berupa roti atau mi. Tepung jagung digunakan sebagai pengganti tepung gandum atau tepung terigu yang digunakan dalam mie atau roti. Produk-produk bebas gluten ini biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani diet gluten atau dengan kondisi kesehatan khusus seperti intoleransi gluten atau penyakit celiac.

Diet bebas gluten ini memiliki banyak manfat kesehatan seperti mengontrol berat badan, menghilangkan kembung, meningkatkan energi, mengurangi depresi, mengurangi nyeri sendi dan menguatkan tulang.

Tepung maizena bisa menjadi solusi buat kamu yang memiliki masalah kelebihan minyak pada wajah

Dengan mencampurkan beberapa bahan, kamu bisa menggunakan tepung maizena sebagai masker wajah yang dapat mengurangi minyak berlebih | Credit: belchonock via depositphotos.com

Sedangkan tepung maizena bisa dijadikan sebagai sebuah campuran dalam pembuatan masker wajah. Dengan menambahkan bahab-bahan seperti madu, perasan air lemon dan munyak zaitun, maka kamu bisa menggunakannya tepung maizena sebagai sebuah masker alami.

Nggak cuma itu aja, tepung maizena juga bias dijadikan sebagai bahan scrub atau lulur. Masker dan lulur tepung maizena ini bisa bangut digunakan oleh kamu-kamu yang memiliki masalah minyak berlebih pada wajah atau kulit kering.

Selain bisa digunakan sebagai sebuah bahan masakan. Ternyata tepung jagung dan tepung maizena memiliki banyak manfaat lain dan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan badan! Kalau kamu biasanya menggunakan tepung jagung dan tepung maizena ini buat apa?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE