Bedanya Mata Panda dan Kantong Mata, Serupa Tapi Tak Sama

Ih, kantong mataku kelihatan banget! Pasti gara-gara kurang tidur akhir-akhir ini, nih.

Advertisement

Hayo, siapa yang pernah bilang atau dengar orang bilang begitu? Lingkaran hitam dan kantong mata sering banget dianggapsama, sampai-sampai orang menggunakan kedua istilah ini secara bergantian. Padahal, sebenarnya mereka berbeda, loh! Terus, gimana caranya kita membedakan mereka?

Ada salah satu cara yang gampang banget. Kamu bisa coba cubit pelan kulit di bawah matamu. Kalau warna gelapnya hilang, kemungkinan itu cuma kantong mata atau penipisan kulit dan bukan lingkaran hitam atau pigmentasi.

Tentang mata panda

Mata biru

Lingkaran hitam di area mata yang menggangu | Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels via www.pexels.com

Mengutip majalah Elle, ciri mata panda adalah munculnya lingkaran hitam/gelap di bawah dan di sekitar area mata yang disebabkan oleh genetika dan warna kulit. Lingkaran hitam ini umumnya mempunya tone biru dan ungu. Warna tersebut berasal dari pembuluh darah di bawah kulit yang tipis.

Advertisement

Seperti yang sudah kita ketahui, lingkaran hitam ini bisa kelihatan lebih gelap saat seseorang kurang tidur. Itu terjadi akibat penumpukan cairan yang menyebabkan darah terkumpul di pembuluh darah superfisial. Untuk mencegah mata panda, kamu bisa menghindari pola hidup yang kurang sehat.

Selain itu, untuk mengurangi lingkaran hitam, coba untuk memakai produk yang mengandung vitamin C. Kandungan dalam vitamin C sangat ampuh dalam membantu meratakan warna kulit dan meringankan lingkaran hitam mata.

Tentang kantong mata

kantong mata

Munculnya kantong mata sebagai tanda penuaan | Foto oleh Anna Shvets dari Pexels via www.pexels.com

Advertisement

Kantong mata lebih terlihat seperti bengkak di area bawah mata. Pada dasarnya, ini cuma kulit yang membengkak sehingga terlihat seperti sebuah kantong. Kantong mata bisa bersifat genetik atau merupakan tanda normal dari proses penuaan. Ini disebabkan adanya cairan di rongga mata, di mana lemak di lapisan belakang mata turun.

Sederhananya, kantong mata adalah campuran dari kulit yang kendur, kurangnya kolagen, dan gravitasi yang membuat lemak jadi turun. Ini semua pada akhirnya bisa membengkakkan area tersebut. Untuk menghilangkan kantong mata, beberapa orang melakukan filler untuk mengangkat kulit dan menghaluskan teksturnya.

Kamu juga bisa melakukan perawatan lain yang menghasilkan kolagen dan elastin, supaya kulit di area matamu jadi lebih kencang. Masker mata dapat menghaluskan permukaan kulit untuk sementara, tapi, untuk hasil jangka panjang, cobalah pakai serum kolagen.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE