Cewek mana yang tak suka berbelanja? Dari mulai membeli makanan, barang-barang perawatan tubuh, kosmetik, hingga pakaian, semua menjadi kegiatan berbelanja yang asik dan menyenangkan. Tapi di saat bersamaan, berbelanja sering dipandang sebagai kegiatan yang buruk dan buang-buang uang. Cewek yang suka berbelanja juga bisa dianggap boros dan tidak pandai mengatur pengeluaran. Padahal sebenarnya, berbelanja bukan kegiatan yang buruk kok!

Coba kalian bayangkan. Kalau tidak berbelanja, kebutuhan sehari-hari kita tidak akan terpenuhi ‘kan? Nah pada dasarnya, berbelanja adalah kegiatan yang wajar dan normal. Hanya saja, diperlukan beberapa trik supaya kegiatan berbelanjamu tetap terkontrol pengeluarannya. Apa saja triknya?

1. Pergilah berbelanja ke toko yang spesifik

Ke warung saja cukup via rosellaportfolio.blogspot.com

Kalau kamu ingin membeli pulpen, belilah langsung di warung atau tempat fotokopi terdekat dari rumahmu. Walaupun mungkin hanya ada 1 jenis pulpen saja, ini akan membuatmu lebih hemat. Beda halnya ketika kamu pergi ke toko buku besar. Kamu akan mendapat banyak godaan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Mungkin niatmu hanya ingin membeli pulpen, tapi nantinya kamu pulang dengan sebuah kantong belanjaan yang besar. Tidak jadi hemat, deh.

2. Jangan lupa untuk selalu membuat daftar belanjaanmu

Buat daftar belanjaan via mariaabee.wordpress.com

Advertisement

Jika ingin berbelanja dengan hemat, membuat daftar barang yang akan dibeli merupakan sebuah keharusan. Mengapa? Karena ini akan mencegahmu untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Kamu akan terpaku pada daftar yang sudah kamu buat dan tidak terpikirkan untuk berkeliling mencari barang lain yang tidak ada di dalam daftar.

3. Anggarkan uangmu secara ideal

Anggarkan belanjaanmu via hipwee.com

Kalau kamu sudah mendaftar barang yang akan kamu beli, jangan lupa untuk juga menganggarkan uangmu untuk berbelanja secara ideal. Jika kamu belum mengetahui berapa harga pastinya, kamu bisa memperkirakan kisaran harga barang tersebut. Setelah selesai membuat anggaran belanja, bawa uang secukupnya saja. Tidak masalah jika kamu ingin melebihkan, siapa tahu harganya ada yang naik. Tapi jangan terlalu banyak, sekitar 50 ribu rupiah saja cukup. Kalau kamu membawa uang terbatas, dijamin deh kamu tidak akan lapar mata melihat baju bagus atau makanan enak.

4. Jangan pergi belanja saat kamu lapar

Kalau lapar, kamu akan terpicu untuk jajan via nydailynews.com

Pergi berbelanja saat kamu lapar hanya akan menambah pengeluaranmu saja. Tahu ‘kan kalau harga makanan di pusat berbelanjaan itu lebih mahal? Belum lagi keinginanmu untuk membeli camilan akan semakin besar saja saat kamu lapar. Terbayang deh pengeluaranmu akan semakin membengkak. Jadi, pastikan perutmu sudah terisi dengan cukup ya sebelum kamu berbelanja.

5. Manfaatkan diskon di akhir musim

Tunggu hingga akhir musim via www.hotgurgaon.com

Hampir seluruh toko pakaian punya agenda rutin untuk mengadakan diskon besar-besaran setiap tahunnya, yang paling sering adalah diskon akhir musim. Biasanya diskon ini diadakan untuk menghabiskan koleksi pakaian musim tersebut sebelum akhirnya diganti dengan koleksi pakaian terbaru musim selanjutnya. Dalam satu tahun, agenda diskon ini bisa diadakan hingga 3 kali. Diskon yang diberikan pun cukup lumayan, bisa mencapai 70%. Jadi, jangan terburu-buru untuk membeli pakaian. Tunggu hingga musim berganti dan manfaatkan momen diskon akhir musim ini untuk membeli pakaian yang selama ini kamu idam-idamkan.

6. Berbelanjalah secara grosir

Belanja di pusat grosir via plus.google.com

Dibanding membeli secara satuan, akan lebih hemat jika kamu belanja secara grosir. Ini berlaku tidak hanya untuk makanan, tetapi juga pakaian dan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Potongan harganya lumayan lho, bisa sampai 50% per satuannya.

Namun, seringnya kamu tidak membutuhkan barang tersebut dalam jumlah yang banyak. Daripada menjadi boros, lebih baik ajak teman-temanmu untuk berbelanja grosir bersama. Tidak cuma kamu saja deh yang bisa hemat, teman-temanmu juga.

7. Manfaatkan toko-toko yang memiliki promo diskon sepanjang tahun

Setiap hari ada promo via mengers.wordpress.com

Tahu tidak kalau ada toko yang memiliki promo diskon setiap hari sepanjang tahun? Diskonnya tidak begitu besar, tapi cukup variatif dan menguntungkan kok untuk memenuhi kebutuhanmu. Pasar swalayan, misalnya. Setiap hari, selalu saja ada barang di pasar swalayan yang diberi label ‘Promo Hari Ini’. Harganya pun turun cukup lumayan, sekitar 30%. Nah, promo ini harus kamu manfaatkan untuk membeli barang kebutuhanmu dengan harga yang terjangkau dan yang penting adalah sepanjang tahun!

8. Pertimbangkan ukuran barang yang akan kamu beli

Beli ukuran besar lebih hemat via mengers.wordpress.com

Saat membeli sampo, sabun cair, atau losion, kita sering kali memilih yang berukuran sedang karena harga yang tercantum terlihat lebih murah. Padahal sebenarnya, ukuran yang paling besar lah yang lebih menguntungkan untuk kita. Harganya lebih murah dibandingkan jika kita membeli 2 ukuran sedang. Selain itu, pemakaiannya pun bisa untuk jangka waktu yang lama. Sangat menghemat anggaran belanjaanmu bulan depan.

9. Jangan sia-siakan voucher dan kupon diskonmu!

Manfaatkan kupon diskon via debrianruhut.blogspot.com

Biasanya kalau berbelanja dalam jumlah yang banyak, kita sering diberikan voucher diskon sebagai tanda terima kasih toko. Simpan dan ingat baik-baik sampai kapan masa berlaku voucher itu karena akan cukup menghemat pengeluaranmu dalam berbelanja di kemudian hari.

Selain itu, sekarang juga sudah ada berbagai situs yang menyediakan tawaran kupon diskon, dari mulai untuk makan, berbelanja daring, hingga perawatan di salon. Kamu hanya perlu membeli kupon dengan setengah harga normal dan langsung segera menikmati fasilitas dari kupon diskon tersebut.

10. Tidak perlu ragu membeli barang produksi mandiri toko

Kualitasnya nggak kalah kok via veronicalucia.wordpress.com

Saat di pasar swalayan, pasti kalian sering melihat barang yang diproduksi secara mandiri oleh pasar swalayan tersebut. Namun, harganya yang terlampau murah juga membuatmu meragukan kualitasnya. Padahal, justru barang-barang produksi mandiri tersebut dapat membuatmu hemat, lho. Tidak perlu ragu dengan kualitasnya karena rata-rata sama bagus dengan barang bermerek lainnya. Produsennya pun juga banyak yang sama dengan produsen barang bermerek. Lalu mengapa bisa lebih murah? Ini karena pasar swalayan memiliki merek dagangnya sendiri, tidak membeli merek dagang terkenal. Jadi, jangan ragu lagi, ya!

11. Berbelanjalah pada hari-hari tertentu untuk mendapat diskon spesial

Manfaatkan hari penting negara via diskonbuzz.com

Ingat tidak momen pemilihan umum Juli kemarin? Hanya dengan menunjukkan jari kelingkingmu yang bertinta, kamu bisa mendapatkan banyak promo menarik. Nah, manfaatkan hari-hari penting seperti ini untuk berbelanja dengan hemat. Tanggal yang paling sering menjadi momen promo adalah tanggal 17 Agustus, yang mana merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, hari ulang tahun daerah juga menjadi hari favorit untuk melakukan promo.

Itulah 11 tips dan trik dari Hipwee untuk berbelanja dengan hemat tapi tetap mendapat barang yang berkualitas. Selamat mencoba!