Menstrusi merupakan siklus bulanan yang dialami hampir seluruh perempuan. Sayangnya, kondisi ini sering membuat sebagian orang tidak nyaman atau bahkan sampai malas untuk beraktivitas. Bagaimana tidak, menstruasi memang terkadang bisa membuat perut sakit dan nyeri sampai melilit. Belum lagi jika sedang ‘deras’, kamu akan merasa cemas dan khawatir kalau-kalau darah menstruasimu tembus ke celana.

Selain rasa sakit yang menyebalkan, banyak mitos seputar menstruasi yang saat ini beredar di masyarakat. Salah satunya ialah pantangan untuk berenang saat menstruasi. Sebenarnya, boleh nggak sih perempuan berenang saat menstruasi? Hipwee Tips akan memberikan ulasannya untukmu. Yuk, disimak!

Dalam ilmu kedokteran, sebenarnya nggak ada alasan yang menyebutkan bahwa seseorang nggak diperbolehkan berenang saat menstruasi

Boleh nggak sih berenang saat haid? via lifestyle.kompas.com

Advertisement

Dilansir dari laman Kompas, dokter spesialis kandungan dan kebidanan, Benny Johan Marpaung menuturkan sebenarnya nggak ada larangan jika ingin berenang selama menstruasi. Hanya saja, sebagian masyakarat mungkin merasa khawatir terhadap kebersihan kolam renang. Hal ini wajar, mengingat banyak orang yang keluar masuk masuk kolam renang tanpa kita tahu bagaimana kebersihan tubuhnya.

Saat berenang, darah menstruasimu justru bisa berhenti sementara lo. Semua itu karena tekanan air dan gaya gravitasi berlawanan yang ada di kolam renang

Tekanan darah menstruasi via www.popbela.com

Dokter kandungan Dr. Hasan Abdessamad dalam laman The Asian Parent, menjelaskan bahwa darah menstruasi justru akan seakan-akan berhenti mengalir saat kamu berenang. Bukannya berhenti sama sekali, tekanan air yang ada di kolam akan menahan aliran darah mens supaya tidak mengucur keluar sementara. Apalagi kalau kamu berenang dengan gaya dada atau secara terlentang, darah menstruasi bisa sama sekali tidak keluar karena kamu melawan gaya gravitasi.

Tapi ya hati-hati begitu keluar dari kolam renang dan berdiri, darah haid akan mengucur kembali seperti biasa.

Nah tapi jangan pakai pembalut, saat berenang kamu dianjurkan untuk memakai tampon, menstrual cup, atau sea sponge tampons

Tampon untuk berenang via abcnews.go.com

Advertisement

Mungkin inilah faktor yang menyebabkan berenang saat haid itu seakan-akan punya reputasi terlarang di Indonesia. Karena sebagian besar atau mungkin hampir semua perempuan Indonesia lebih memilih pembalut atau pads, berenang pada saat menstruasi itu memang terkesan mustahil. Pasalnya, pembalut yang cuma ditempelkan di underwear hampir pasti akan merembes jika terendam air kolam.

Produk feminin yang cocok untuk berenang adalah produk-produk yang dimasukkan langsung seperti tampon atau menstrual cup sehingga tidak menimbulkan rembesan dan kebocoran di kolam renang. Itu pun tetap harus hati-hati dan harus siap membawa ganti ekstra. Tapi karena memakai tampon atau menstrual cup masih tergolong tabu di Indonesia, mungkin cara ini tetap tidak bisa jadi pilihan.

Salah satu merek terkenal period panties, tapi tetap saja tidak bisa dipakai berenang  via www.bustle.com

Nah saat ini juga mulai banyak dikembangkan period panties atau celana dalam khusus yang diklaim bisa anti bocor. Tetapi itu pun belum ada yang bisa ‘diajak’ berenang. Semoga ke depannya, ada ya inovasi yang lebih cocok untuk perempuan Indonesia biar bisa tetap berenang saat haid sekalipun~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya