Bersih-bersih Sambut Ramadan Pakai Produk yang Halal, Biar Ibadah Makin Berkah

Sahaja Produk Pembersih Halal

Tahun ini merupakan tahun kedua puasa Ramadhan dilakukan dengan suasana yang berbeda dan terbatas. Dan tahun lalu merupakan tahun terberat bagi umat muslim, karena ibadah Ramadhan harus dilakukan di rumah saja. Bahkan lebaran dan silaturahmi ke kerabat pun nggak ada. Nah tapi kini kita wajib sedikit lega. Soalnya masjid sudah mulai dibuka dan kegiatan peribadatan boleh diselenggarakan. Ya walaupun masih sangat terbatas dan ketat, setidaknya ibadah tahun ini bisa dilakukan di masjid. Hal ini nggak terlepas berkat ketertiban semua masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

By the way, demi bisa ibadah dengan nyaman, kita perlu ikutan menjaga protokol kesehatan dan kebersihan selama era new normal. Misalnya nih dengan ikutan Gerakan Masjid Bersih yang diinisiasi oleh Sahaja. Sahaja sebagai brand Home Care dan Personal Care Muslim pertama di Unilever, ikut mendukung kegiatan ibadah sesuai protokol kesehatan new normal.

(dok. Sahaja)

Tapi tanggung jawab menciptakan kegiatan ibadah yang kondusif selama pandemi ini bukan cuma tugas Sahaja, tapi kamu juga! Dan nggak cuma masjid saja, kita harus mulai menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri dari rumah. Jadi kalau dari rumah sudah bersih, Insya Allah sampai masjid kita bisa sama-sama menjaga kebersihan dan beribadah dengan tenang. Nah biar ibadah Ramadhan makin lancar, ada beberapa tips bersih-bersih yang bisa kamu lakukan mulai dari diri, rumah, dan masjid.

Selalu cuci tangan dan mandi setelah bepergian

Wajib mandi sepulang bepergian (foto: iStockphoto)

menggunakan masker selama bepergian. Selain menggunakan masker, kamu juga nggak boleh lupa untuk mandi sehabis keluar rumah. Soalnya kamu nggak pernah tahu, ada bakteri dan virus apa saja yang menempel selama berada di luar. Tapi sebelum mandi, cuci tangan jadi kegiatan pertama yang harus dilakukan. Biar makin bersih jangan lupa gunakan Sahaja Antibacterial Handwash ya, biar bakteri di tangan nggak terbawa ketika menyentuh benda di rumah.

Mencuci alat ibadah secara rutin

Ilustrasi mencuci alat ibadah (Photo by LumenSt)

Dalam sehari kita melakukan ibadah shalat minimal lima kali, ini belum termasuk ibadah sunnah. Kebayang kan kalau pakai baju saja harus ganti dua kali sehari, maka begitu pula dengan peralatan ibadah seperti sarung, sajadah, maupun mukena. Era new normal juga bikin kita makin waspada dan melakukan segala usaha pencegahan agar terhindar dari penularan. Makanya mencuci alat ibadah juga jadi prioritas. Usahakan untuk mencuci alat ibadah minimal seminggu sekali dengan Sahaja Detergen yang tidak hanya halal, teteapi juga efektif menghilangkan noda. Kemudian bisa dilanjutkan dengan menggunakan Sahaja Pelembut & Pewangi Konsentrat, biar shalat dan berdoa makin khusyuk karena kita yakin akan kebersihan alat ibadah kita. Selain alat ibadah, pastikan untuk selalu mencuci baju setelah keluar rumah. Selain halal, Sahaja juga berkomitmen untuk membantu kaum dhuafa dengan menyisihkan 2,5% dari penjualan.

Pastikan rumah bersih dan higienis sebelum ditinggal bepergian

(foto: iStockphoto)

Mandi sudah, nyuci sudah, nah berarti sekarang saatnya membersihkan rumah. Ingat, sebelum kamu membentangkan sajadah, wajib buat membersihkan lantai supaya kesucian tetap terjaga. Banyak produk pembersih lantai yang bisa kamu gunakan, Sahaja pembersih lantai yang terjamin kehalalan produknya. Jadi dijamin lantai bersih dan bisa digunakan untuk beribadah atau berkegiatan sehari-hari. Agar makin higienis kamu juga bisa menggunakan Sahaja Cairan Pencuci Piring yang memudahkan kamu membersihkan alat makan dari lemak-lemak membandel setelah berbuka dan sahur.

Membawa alat ibadah pribadi

Membawa peralatan pribadi (foto: nzfhatipoglu / iStockphoto)

Kalau semua sudah bersih mulai dari diri dan rumah, artinya kamu siap untuk ibadah ke masjid. Apalagi jika muazin sudah mengumandangkan azan maka kamu bisa segera bergegas. Eits tapi jangan lupa bawa alat ibadah pribadi ya, karena di masa new normal kamu harus selalu berhati-hati dengan barang dan fasilitas umum. Hal ini bukan cuma buat menjaga kamu tapi juga keselamatan orang lain.

Rasulullah ﷺ pernah bersabda:

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ

Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membahayakan orang lain (HR. Malik no. 1435).

Selain membawa alat ibadah pribadi, nggak ada salahnya buat bawa spray higienis untuk double protection. Karena waspada itu nggak lebay di masa ini. Spray higienis bisa kamu semprotkan ke alat ibadah atau ke lantai sebelum sajadah dibentangkan. Nah untuk produk  spray higienis, pastikan kamu memilih yang pasti kehalalannya. Seperti Sahaja Spray Higienis yang diproduksi khusus dan terjamin kehalalannya.

Itu dia beberapa tips bersih-bersih yang bisa mulai kamu lakukan sebagai bentuk perlindungan diri ketika beribadah. Untuk mendukung gaya ibadah di tengah pandemi ini, Sahaja punya produk yang cocok untuk menjaga kebersihan baik dari diri sendiri, rumah, hingga masjid. Dan semua produk Sahaja dibuat dan dijamin kehalalannya. Jadi kamu nggak perlu khawatir dengan komposisi bahannya.

Kamu bisa memiliki semua produk Sahaja melalui marketplace kesayangan kamu. Oh ya Sahaja juga menyediakan paket Paket Sahaja Masjid Bersih untuk kamu yang ingin turut serta menyumbangkan paket kebersihan untuk masjid-masjid yang digunakan untuk ibadah selama Ramadhan. Nggak perlu keluar rumah untuk melakukan kebaikan, tinggal buka saja aplikasi Shopee kamu di sini, maka kamu sudah menjaga kebersihan untuk dirimu sekaligus orang lain melalui Gerakan Masjid Bersih Sahaja. Untuk berbuat kebaikan nggak perlu harus donasi sana-sini, cukup kumpulin niat baik dengan #nawaitusahaja.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

I know I glow up