Untuk sebagian kamu, matematika dan bahasa Inggris, masih menjadi mata pelajaran yang menyebalkan. Menyebalkan lantaran terlalu sulit untuk dipahami. Ngeselin karena meski udah latihan tetap saja ada rumus dan tenses yang sulit kamu mengerti.

Padahal sebenarnya kalau kamu udah menemukan cara belajar yang asyik, menyelesaikan soal matematika dan bicara cas cis cus dalam bahasa Inggris bukan lagi sekadar angan.  Nah, karenanya Hipwee mencoba membagikan tips mengupgrade kemampuan matematika dan bahasa Inggrismu supaya beberapa tingkat lebih jago dari sebelumnya.

1. Cobalah untuk memulai mensugesti dirimu kalau matematika dan bahasa Inggris itu lebih mudah daripada melupakan mantan.

Sugesti dirimu kalau matematika dan bahasa Inggris itu gampang!

Sugesti dirimu kalau matematika dan bahasa Inggris itu gampang! via 8tracks.com

Advertisement

Segala sesuatu jika dimulai dengan sugesti yang positif, niscaya akan berjalan dengan baik. Pun dalam hal mempelajari mata pelajaran tersulit sekalipun. Yakni matematika dan bahasa Inggris, sebagai dua mata pelajaran yang masih dipandang menyeramkan bagi sebagian kamu. Selain diawali dengan niat dan doa, belajar matematika dan bahasa Inggris haruslah diawali dengan mensugesti diri bahwa kedua mata pelajaran tersebut gampang dan kamu pasti bisa menguasainya.

2. Rangkumlah rumus-rumus matematika penting dalam buku kecil yang bisa selalu kamu bawa kemana aja!

Isi buku ini dengan rumus matematika yang warna-warni ya... :)

Isi buku ini dengan rumus matematika yang warna-warni ya… 🙂 via www.pinterest.com

Ada cara yang asyik untuk membuatmu semangat merangkum rumus-rumus matematika. Caranya adalah dengan menyiapkan buku kecil yang bisa kamu bawa kemana aja. Dalam buku tersebut bisa kamu tuliskan rumus-rumus yang dasar dan utama. Supaya kamu semangat ketika membacanya, pakailah stabilo atau pulpen warna-warni ketika menuliskan rumus-rumus. Karena warna dapat membantumu dalam mengingat ketika menghapal nantinya.

3. Kamu nggak perlu menghapal semua. Cukup hapal saja rumus matematika yang dasar dan utama!

Jangan males menghafal ya!

Jangan males menghafal ya! via www.pinterest.com

Udah nggak zamannya lagi waktu luang digunakan untuk ngelamunin mantan. Karena waktumu begitu berharga, gunakanlah waktu luangmu untuk menghafal rumus matematika yang dasar dan utama. Yup, rumus-rumus yang udah kamu rangkum dalam buku catatan kecil tadi. Menghafal rumus-rumus yang dasar dan utama akan memudahkanmu ketika mengerjakannya soal matematika. Bukan tidak mungkin yang tersulit sekalipun.

4. Memperkaya vocabulary sebenarnya mudah. Cukup dengarkan lagu, stok vocab-mu bakal nambah!

Sering-sering dengar lagu dalam bahasa Inggris ya guys!

Sering-sering dengar lagu dalam bahasa Inggris ya guys! via missmillmag.com

Advertisement

Ada cara sederhana buat kamu yang ingin meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Yakni dengan sering-sering mendengar lagu berbahasa Inggris. Karena ketika mendengar lagu dalam berbahasa Inggris, kamu jadi penasaran ingin memahami maknanya. Sehingga kamu pun dengan sendirinya mencari tahu arti dari liriknya, baik via google translate atau pun kamus. Secara otomatis, kosakata bahasa Inggrismu pun bertambah.

5. Mau animasi atau film drama, tirukan cara aktornya bicara. Kemampuan speaking bisa meningkat juga

Menonton animasi favoritmu... biar lancar speakingnya.

Menonton animasi favoritmu… biar lancar speakingnya. via www.girlsaskguys.com

Eits, ada cara asyik lagi nih buat belajar bahasa Inggris. Caranya adalah dengan membiasakan diri untuk menonton film animasi. Pilih satu film animasi favoritmu yang bisa kamu putar ulang-ulang hingga kamu hapal dialognya. Ketika kamu udah menghapal setiap adegan dengan dialognya, putar film itu kembali tanpa disertai terjemahannya. Selain menambah kosakata, menonton film animasi berbahasa Inggris juga sekaligus membantumu memahami pronunciation yang baik.

6. Targetkan dirimu untuk menghafal 1 tenses sehari. Biar nggak malu-maluin amat saat menulis dalam bahasa Inggris

Hispanic girl studying at desk

Buat kamu yang ingin banget bisa jago bahasa Inggris, targetkan dirimu untuk menghafal tenses setidaknya sehari 1 tenses saja udah cukup kok. Maka bukan mustahil jika dalam waktu 2-3 minggu saja, kamu sudah bisa khatam menghafal 16 tenses! Asalkan kamu konsisten dalam mempelajarinya ya…

7. Luangkan harimu untuk mempelajari grammar, setidaknya 20-30 menit sehari cukup kok.

Pajang foto dia sebagai wallpaper di laptopmu. Biar makin semangat belajar grammarnya!

Pajang foto dia sebagai wallpaper di laptopmu. Biar makin semangat belajar grammarnya! via www.bintang.com

Ketimbang baperin mantan melulu, lebih baik meluangkan waktumu 20-30 menit sehari untuk belajar grammar. Nggak rugi kok! 😛

Semoga tips di atas bermanfaat untuk mengupgrade kemampuan matematika dan bahasa Inggrismu ya… Selamat belajar. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya