Jeruk, adalah salah satu varian buah yang mudah ditemukan dimana-mana dan hampir nggak musiman. Saking banyaknya, macam-macam jeruk dan keberadaannya yang “merajalela” di pasaran, hampir beberapa orang merasa bosan dan malas memakannya. Padahal buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C terbanyak diantara buah lainnya.

Terus gimana ya supaya kamu nggak bosan dan ‘eneg’ melihat jeruk sehingga makin semangat memakannya? Simak dulu aneka olahan lezat dari jeruk berikut ini!

1. Makan jeruk lepas sih sudah biasa, biar tampilannya lebih menarik coba kamu bikin Sate Jeruk Saus Karamel!

Sate Jeruk Saus Karamel via ketahui.com

Cara baru makan jeruk ini terbilang unik, kamu bisa mengolah jeruk menjadi sate!

Kamu pun cukup menyiapkan jeruk, gula pasir dan tusuk bambu.

Cara membuatnya:

  1. Kupas terlebih dahulu buah jeruk yang telah disiapkan.
  2. Tusuk buah jeruk yang telah dikupas degan menggunakan tusuk bambu.
  3. Sangrai gula putih, beri sedikit air dan aduk hingga menjadi karamel.
  4. Oleskan karamel yang telah dibuat ke seluruh buah jeruk yang telah ditusuk.
  5. Tunggu beberapa saat hingga karamel mengeras.
Advertisement

Olahan ini cocok buat jeruk yang rasanya asam, daripada dibuang sayang, lebih baik dibikin kreasi biar tertarik untuk dimakan, ‘kan?

2. Jeruk sunkist beserta kulit-kulitnya pun bisa kamu kreasikan. Jadi es krim jeruk, misalnya

Es krim jeruk via dishmaps.com

Bagi kamu pecinta es krim, pasti pengen ngerasain semua rasa es krim, ya ‘kan? Coba deh, kamu bikin es krim olahan sendiri, pasti seru dan lebih menyenangkan. Kayak es krim jeruk yang satu ini.

Bahan-bahannya:

  • 4 buah jeruk sunkist
  • 200 gram es krim vanila
  • 125 ml sari buah jeruk
  • 1-2 sdm rum

Cara membuatnya mudah, nih:

  1. Pisahkan buah jeruk dari kulitnya dan potong sesuai selera. Sisihkan.
  2. Campur es krim vanila, sari buah jeruk dan rum, lalu masukkan potongan daging jeruk. Aduk hingga merata dengan perlahan. Kemudian bekukan kedalam freezer.
  3. Hidangkan segera dan es krim siap dimakan.

Biar lebih lucu, hidangkan es krim di atas kulit buah jeruk yang masih utuh. Kira-kira rela makan nggak ya kalau bentuknya lucu gini?

3. Dengan jeruk, kamu bisa bikin desert enak, lho. Yang ini namanya orange creme brulee!

Orange Creme Brulee via cityfoodsters.com

Creme brulee biasanya hanya bercitarasa susu creamy dengan aroma karamel di permukaannya. Coba saja tambahkan air jeruk dan kulit jeruk untuk adonan custard, rasanya bakal lebih segar.

Bahan-bahannya:

  • 5 butir kuning telur
  • 30 gram gula pasir
  • 300 ml krim kental
  • 3 sendok makan sirup jeruk konsentrat
  • 8 buah jeruk mandarin

Cara membuatnya cukup mudah:

  1. Kocok kuning telur dan gula sampai gula larut.
  2. Campur krim kental dan sirup jeruk, aduk rata. Tuang ke dalam kocokan telur, aduk rata.
  3. Tuang ke dalam pinggan tahan panas sambil disaring, letakkan dalam loyang yang diberi sedikit air.
  4. Oven dengan api bawah suhu 140 derajat Celcius 60 menit sampai matang.
  5. Tabur gula pasir, semprotkan api dengan blow torch  sampai kecokelatan. Hias dengan jeruk mandarin.

Bagi kamu yang belum tahu blow torch, ini adalah sebuah alat berupa tabung gas kecil yang dilengkapi penyemprot api. Biasanya digunakan untuk membuat efek terbakar pada masakan sehingga menjadi agak kecokelatan. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko elektronik kok.

Nah, Creme Brulee ini biasa disajikan sebagai di restoran-restoran terkenal. Keahlian memasakmu akan naik tingkat kalau kamu bisa membuatnya, lho. Selamat mencoba, ya!

4. Puding Jeruk, olahan praktis ini nggak akan pernah bikin kamu bosan dan pasti ketagihan

Puding Jeruk! via resepcaramasak.com

Kreasi yang bisa kamu buat dengan buah jeruk yang pertama adalah puding jeruk. Proses pembuatannya nggak ribet dan makan waktu, kok. Gini nih…

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 350 gram jeruk mandarin
  • 6 sdm sari jeruk bubuk
  • 200 gram gula pasir
  • 5 butir putih telur, kosok lepas
  • 750 ml susu cair
  • 2 bungkus agar-agar bubuk putih

Cara membuatnya:

  1. Rebus sari jeruk bubuk, gula, agar-agar, dan susu secara bersamaan. Setelah mendidih kemudian angkat dan tuang ke dalam wadah, tunggu hingga uap panasnya menghilang.
  2. Masukkan kocokan putih telur lalu aduk dengan menggunakan mixer.
  3. Tambahkan jeruk mandarin ke dalam adonan puding, aduk rata.
  4. Siapkan cetakan, tuang adonan lalu simpan dalam lemari es hingga dingin dan kaku.

Setelah dingin, kamu bisa menambahkan jeruk yang sudah dikupas sebagai hiasan. Mudah, bukan?

5. Bosan dengan selai cokelat? Kamu bisa bikin Marmalade Jeruk selai dengan rasa manis plus semburat aroma segar

Orange Marmalade via foreignfeasts.com

Kelihatannya marmalade mirip selai. Bedanya, marmalade terbuat dari sari dan kulit buah jeruk. Jadi saat dimakan ada kombinasi rasa manis, agak asam, dan sedikit pahit dengan tekstur kulit jeruk yang kenyal. Kamu bisa kok bikin sendiri di rumah. Ikuti cara-caranya, ya!

Bahan yang diperlukan:
  • 4 buah sunskist ukuran sedang
  • 2 buah jeruk lemon
  • 500 gram gula pasir
  • 1 liter air

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih jeruk mandarin dan jeruk lemon, keringkan.
  2. Belah jeruk melintang menjadi dua bagian sehingga tampak bagian bijinya, keluarkan biji-biji tersebut dengan menggunakan tusuk gigi biar nggak banyak jus jeruk yang terbuang.
  3. Masak irisan jeruk dan air di dalam panci (kalau bisa yang anti lengket) dengan api besar selama 10 menit, lalu kecilkan api hingga muncul letupan kecil, masak lagi hingga kulit jeruk terasa empuk.
  4. Masukkan gula pasir, besarkan api kompor dan masak hingga mendidih dan gula larut, aduk rata. Terus masak hingga rebusan jeruk menjadi mengental, terlihat jernih dan mengkilap.

Kamu bisa menyimpan marmalade di dalam kulkas. Marmalade siap kamu santap untuk olesan roti sebagai pengganti selai.

6. Nggak cuma apel yang bisa dibikin pie, jeruk juga dong. Pie Jeruk Vanila ini layak kamu coba!

Pie Jeruk Vanila via foreignfeasts.com

Manfaatkan stok jeruk yang tersisa di kulkas kamu untuk membuat pie. Meski proses membuatnya melalui beberapa langkah, tapi nggak susah kok!

Bahan kulit pai:

  • 125 gram margarin
  • 50 gram gula halus
  • 1 butir telur
  • 200 gram tepung terigu
  • 10 gram susu bubuk
  • 1/4 sendok teh baking powder

Bahan fla:

  • 250 ml susu cair
  • 50 ml gula pasir
  • 3 butir kuning telur
  • 20 gram tepung custard
  • 1 sendok teh pasta jeruk
  • jeruk mandarin secukupnya, potong-potong

Bahan hiasan:

  • 50 gram krim bubuk dan 100 ml air es, dikocok sampai creamy
  • 1 kaleng jeruk mandarin, ditiriskan
  • 1 sdm selai jeruk dimasak bersama 1 sdm air hingga larut

Cara membuat Pie Jeruk Vanila:

  1. Untuk kulit, campur margarin, gula tepung, sari jeruk instan, telur, tepung terigu, susu bubuk dan baking powder. Aduk hingga berbutir. Gumpalkan. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit.
  2. Giling adonan pie setebal 1/2 cm. Masukkan dalam cetakan pie. Tusuk-tusuk.
  3. Oven kulit pie dengan api bawah suhu 170 derajat Celcius 10 menit hingga 1/2 matang. Sisihkan.
  4. Untuk fla, campur tepung custard dengan sebagian susu, aduk hingga rata.
  5. Tambahkan kuning telur, aduk hingga tercampur rata.
  6. Didihkan susu dan gula pasir, masukkan campuran tepung custard tadi, aduk cepat, didihkan kembali.
  7. Masukkan potongan jeruk mandarin, aduk hingga rata. Masukkan pasta jeruk, aduk hingga rata. Matikan api, angkat dan dinginkan.
  8. Tuang di atas kulit pie lalu dinginkan. Hias dengan semprotan krim dan jeruk mandarin. Oleskan selai jeruk.

Yakin nggak tertarik untuk mencoba?

7. Orange Mousse bisa kamu buat sendiri di rumah. Tanpa ke restoran, kamu bisa mengolahnya dengan mudah

Orange Mousse via 3.bp.blogspot.com

Mousse adalah jenis dessert yang mirip dengan puding. Bedanya, mousse dibuat dengan adonan putih telur dan susu yang dikocok. Teksturnya juga berlubang dan rasanya lembut. Ini resep membuat Orange Mousse yang praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 4 butir kuning telur
  • 200 gram gula pasir
  • 15 gram bubuk gelatin
  • 500 ml krim
  • 50 ml jus jeruk
  • 1 buah kulit jeruk sunkist, parut

Cara membuatnya:

  1.  Kocok kuning telur dan gula pasir, masak hingga mendidih dan sedikit mengental. Angkat, biarkan sejenak.
  2. Rendam bubuk gelatin dengan air panas hingga meleleh, setelah itu campur dengan adonan kuning telur.
  3. Masukkan jus jeruk dan kulit jeruk sunkist parut, aduk perlahan hingga merata.
  4. Kocok krim hingga mengembang, campur dengan adonan jeruk, aduk perlahan.
  5. Tuangkan ke dalam gelas dan dinginkan.

Nah, kamu bisa menghiasnya sesuai selera dan sajikan dalam keadaan dingin.

8. Karena kulit jeruk sayang untuk dibuang, baiknya kamu manfaatkan dan buat olahan manisan

Manisan Kulit Jeruk via jejaring.net

Nggak hanya buahnya saja yang dapat dinikmati, kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan menjadi olahan manisan. Rasanya segar dan nggak pahit. Jeruk yang biasa digunakan adalah kulit jeruk mandarin dan kulit jeruk bali, atau jeruk yang memiliki kulit cenderung tebal.

Kamu hanya perlu menyiapkan kulit jeruk mandarin, air dan gula pasir.

Cara mengolahnya:

  1. Jeruk mandarin dipotong menjadi 4 bagian. Kupas kulitnya dan pisahkan dari buah jeruk.
  2. Potong memanjang korek api, cuci sebentar.
  3. Tambahkan air hingga kulit terendam dan rebus jeruk dalam air mendidih. Setelah kurang lebih 15 menit, angkat dan tiriskan kulit, buang air rebusannya.
  4. Setelah itu campur air dan gula dengan perbandingan 3:1 dan rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk dan rebus dengan api kecil hingga 30-45 menit atau sampai kulit lunak namun jangan sampai hancur.
  5. Setelah ditiriskan dari air gula, gulung kulit jeruk ke dalam gula pasir dan pisahkan di suatu wadah atau nampah.
  6. Biarkan hingga benar-benar kering atau paling tidak semalam di udara terbuka.

Jadi deh manisan kulit jeruk buatanmu. Jangan lupa simpan di wadah tertutup ya, biar nggak dikerubuti semut.

Dengan macam-macam kreasi olahan jeruk ini, yakin deh, kamu nggak akan bosan atau malas lagi makan jeruk. Happy cooking, ya!