Mungkin kamu gampang sekali sakit-sakitan. Dari mulai pilek, batuk sampai sering pusing tanpa sebab. Sebenarnya, ini adalah sinyal bahwa tubuhmu sedang ‘diserang’ virus atau penyakit tertentu, lho. Apalagi jika daya tahan tubuhmu lemah, hingga berbagai macam gangguan mudah datang. Jika sudah begini, kamu perlu istirahat cukup dan melakukan detoksifikasi atau pembuangan racun!

Cara melakukan detoksifikasi sebenarnya nggak ribet, salah satunya dengan meminum salah satu dari 7 minuman yang akan Hipwee Tips ulas sekarang. Minuman-minuman ini mungkin terlihat sederhana padahal manfaatnya istimewa!

1. Minuman detoks terbaik yang cara bikinnya paling gampang: lemon panas di pagi hari

air lemon via parsleyhealth.com

Air perasan lemon di pagi hari akan membantumu mencegah dehidrasi dan sekaligus membuang racun di tubuh yang ada pada hari sebelumnya. Lemon hangat juga bisa membuat nafasmu jauh lebih segar, membersihkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencerahkan kulit, mengurangi berat badan, bahkan meningkatkan mood. Lengkap  banget!

Cukup peras setengah buah lemon segar ke dalam dua cangkir air hangat. Jadi deh!

2. Nggak cuma kaya akan vitamin, paduan jus mangga dan nanas juga mampu membuang racun dalam tubuh serta menangkal radikal bebas

Advertisement

Jus mangga campur nanas via theboredmind.com

Dua buah ini dikenal sebagai sumber vitamin yang mumpuni. Selain vitamin, keduanya juga kaya akan mineral dan nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh. Mangga dan nanas juga bisa membuang racun yang telah terkumpul dalam sistem pencernaan serta menangkal radikal bebas. Langsung di jus bareng aja dengan porsi sesuai selera.

3. Segarnya jus semangka ternyata setara dengan manfaatnya untuk menghilangkan racun-racun di tubuh yang berbahaya

Jus semangka via nymag.com

Buah favorit di musim kemarau ini ternyata mampu menyingkirkan racun dan organisme berbahaya yang ada di dalam tubuhmu lho, guys!

Hasilnya akan makin sempurna kalau kamu mencampur beberapa potong semangka, dua mentimun, 2-3 lembar daun mint, serta air dingin untuk membuat jus.

Rasanya nggak usah ditanya lagi sih, super enak dan menyegarkan!

4. Sebagai teh nomor satu di dunia, teh hijau jadi bahan utama untuk urusan menghilangkan racun di dalam tubuh

Idealnya, jus teh hijau ini kamu campur dengan buah jeruk karena manfaatnya akan berlipat ganda. Teh hijau sudah lama dikenal sebagai minuman detoks atau minuman yang dapat menghilangkan racun di dalam tubuh. Kandungan potasium dan seratnya mampu mempercepat metabolisme di dalam tubuh. Jus ini sangat baik terutama untuk kamu yang selama ini sering mengonsumsi alkohol.

5. Jus pepaya dengan kandungan antioksidannya juga nggak bisa diremehkan, apalagi kalau sudah dicampur dengan wortel dan jeruk

Jus pepaya, wortel, dan jeruk via letsjuice.org

Tiga bahan ini merupakan bahan pencahar alami yang digunakan untuk membersihkan usus dan ampuh mengatasi gangguan pencernaan.

Cukup diblender sampai halus dan tambahkan madu agar makin nyata manfaatnya. Lebih bagus juga kalau airnya kamu menggunakan air kelapa. Jus ini akan jadi yang paling sempurna untuk dihidangkan bersama menu sarapan.

6. Jus bengkoang punya kandungan inulin, detoks alami yang juga punya segudang manfaat lain

jus bengkuang via kaltim.tribunnews.com

Kandungan inulin pada bengkoang memiliki banyak sekali manfaat. Selain untu menghilangkan racun dalam tubuh, jus bengkoang juga bisa menurunkan kadar kolesterol, membantu pertumbuhan bakteri baik, menjaga kesehatan tulang, mengatasi penyakit ginjal dan masih banyak manfaat lainnya. Ibarat sekali mendayung banyak pulau terlampaui.

Untuk mendapatkan manfaat lebih, campur jus bengkoang dengan mentimun, alpukat, selada, apel, dan daun ketumbar. Makin jos!

7. Meski agak asing, jus kubis ternyata bisa meredakan penyakit maagh karena kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya

Kubis juga bisa dijus ternyata via holdingherown.com

Berbagai macam nutrisi yang dikandung oleh kubis menjadikannya memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa diantaranya adalah untuk mengatasi maag, mencegah kanker dan katarak, melindungi kulit, memperkuat sistem imun, dan meningkatkan fungsi kerja otak. Jus kubis juga dikenal sebagai bahan pendetoks alami yang mampu menghilangkan racun dalam tubuh.

Akan makin lezat kalau kamu mencampurkan mentimun, seledri, apel dan lemon ke dalam jus kubismu. Biar rasanya sedikit bervariasi dan kamu nggak ragu lagi untuk meminumnya!

Demi kesehatan tubuhmu yang kadang rentan terhadap penyakit-penyakit, mengonsumsi salah satu dari jus ini bisa menjadi solusi jitu. Yuk, coba!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!