Hasrat yang dimiliki ketika sehabis membeli sepatu baru biasanya menggebu-gebu untuk memakainya nih. Kamu jadi bersemangat banget untuk pergi-pergi ke luar walaupun hanya sebentar aja. Sayangnya, sepatu barumu ini seringkali nggak bisa diajak bersahabat. Kakimu pun lecet, bahkan terluka karena memaksa menggunakannya.

“Eeiitss, fungsinya sepatu bukannya memang untuk dipakai berjalan ya?”

Advertisement

Iya dan itu hal yang wajar. Sepatu memang berfungsi sebagai alas kaki untuk berpergian, tapi sepatu yang sehabis dibeli ini biasanya malah melukai kakimu. Kamu pun menjadi nggak nyaman dan malas menggunakannya.

“Kalau begitu percuma dong beli sepatu baru?”

Tenang, selama kamu menerapkan 8 cara ini dijamin kakimu nggak akan lecet atau terluka lagi saat memakainya. Langsung aja yuk simak yang udah Hipwee siapkan ini.

1. Baru beli sepatu memang selalu ngga sabar untuk segera memakainya. Karena belum terbiasa, sebaiknya sering dicoba dipakai sesekali agar lama-lama terasa nyaman.

biasakan kakimu dengan sepatu baru dengan memakainya di rumah

biasakan kakimu dengan sepatu baru dengan memakainya di rumah via www.everydayhealth.com

Advertisement

Sebelum menggunakannya untuk sehari penuh atau dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa kok mengakrabkan diri dengan sepatu baru berjalan-jalan di sekitar rumah. Nggak perlu lama-lama, cukup 10 hingga 15 menit aja kok. Kamu juga dapat melakukannya di dalam rumah nih, misalnya aja sambil bersih-bersih dan memasak.

Dengan rajin berlatih, kakimu akan terbiasa dengan bahan sepatu baru tersebut. Demikian pula dengan sepatu baru, bentuknya akan menyamakan dengan panjang dan lebar kakimu saat dipakai berjalan.

Berteman dengan sepatu baru memang perlu waktu, jadi harap bersabar ya!

2. Saat bekerja, kamu juga bisa berlatih dengan sepatu barumu. Gunakan saat kamu berada di area kantor. Saat berangkat dan pulang gunakan saja sepatu lama :D.

yah ketahuan deh di bawah meja kerja ada apa ;D

yah ketahuan deh di bawah meja kerja ada apa ;D via www.dailytelegraph.com.au

“Cieee pakai sepatu baru nih!”

“Gak kok. Ini sepatu lama, yang sepatu baru gue taruh di kantor.”

Yang membeli sepatu dengan tujuannya untuk digunakan bekerja, bisa nih membiasakannya dengan menggunakan di kantor. Kamu bisa memakainya bergantian dengan sepatu lama. Misalnya selama di perjalanan yang digunakan yaitu sepatu lama, sedangkan saat berada di kantor ya memakai sepatu baru. Lambat laun, kaki dan sepatu barumu dapat bersahabat baik kok.

3. Semprotkan antiperspirant ke kakimu. Kaki yang berkeringat akan lebih mudah lecet karena sepatu baru.

kakimu akan terhindar dari lecet

kakimu akan terhindar dari lecet via health.detik.com

Gesekan yang diterjadi antara kaki dan sepatu baru dapat menyembabkan lecet. Hal ini karena bahan sepatu baru yang masih kaku dan belum lentur sehingga akan melukai kaki. Oleh karena itu, kamu bisa mencegahnya dengan menyemprotkan antiperspirant ke kaki dan tunggu hingga kering. Setelahnya kamu bisa menggunakan sepatu baru.

Oh iya, antiperspirant juga mengurangi bau kaki lho. jadi, nggak hanya terhindar dari lecet aja, tapi juga aroma kakimu nggak akan membuat orang di sekitar tutup hidung. Hehe..

4. Jangan lupa untuk gunakan kaos kaki ya agar sepatu baru yang masih kaku bisa lentur dan nyaman dikenakan.

jangan lupakan kaos kaki ya

jangan lupakan kaos kaki ya via www.bintang.com

Bagimu yang nggak terbiasa memakai kaos kaki, mungkin akan terasa aneh saat memakainya. Tapi, nggak ada salahnya kalau kaos kaki digunakan saat kamu ingin membiasakan kakimu dengan sepatu barumu. Dengan memakai kaos kaki, kakimu terhindar dari lecet dan bentuk sepatu juga akan mengembang mengikuti ukuran kakimu yang bertembah sedikit karena memakai kaos kaki.

5. Ketika ingin membeli sebaiknya lakukan pada sore hari. Karena pada waktu tersebut, ukuran kaki telah mengembang karena padatnya aktivitas seharian.

beli sepatunya pas sore hari aja

beli sepatunya pas sore hari aja via www.standard.co.uk

Kamu yang seringnya berbelanja sepatu di siang hari, mulai sekarang coba diubah yuk! Karena waktu yang pas membeli sepatu saat sore hari lho. Hal ini disebabkan pada sore hari kaki telah mengembang karena aktivitas seharian yang dilakukan.

6. Jangan beli sepatu yang kesempitan atau kegedean. Kadang kita nekat beli sepatu yang ukurannya gak pas karena tampilannya lucu, padahal ini bisa bikin kakimu lecet parah.

sepatu yang sempit akan membuat lecet pada kakimu

sepatu yang sempit akan membuat lecet pada kakimu via surabaya.tribunnews.com

Hal satu ini biasanya terjadi sama para cewek nih. Karena model sepatu yang lucu atau indah saat digunakan di kaki, membuatmu tergiur untuk membelinya. Padahal ukurannya belum tentu pas lho. Bisa aja terlalu kecil atau terlalu besar, sehingga membuatmu saat memakainya menjadi nggak nyaman. Coba yuk membeli dengan ukuran yang sesuai.

7. Untuk menghindari lecet, kamu bisa beli sepatu dengan ujung yang terbuka aja. Model peep toe gitu misalnya.

model peep toe seperti ini akan memberikan ruang bernapas untuk kakimu

model peep toe seperti ini akan memberikan ruang bernapas untuk kakimu via www.yournextshoes.com

Buat kamu yang cewek, ada baiknya pilih sepatu dengan model peep toe. Dengan bagian depannya yang memiliki lubang kecil berbentuk bulat ini akan memperlihatkan jari kaki. Tanpa disadari, bukan hanya mempermanis kakimu aja, tapi juga memberikan ruang bernapas pada kaki.

8. Saat sedang santai, nggak ada salahnya kamu coba lepaskan sepatu baru selama beberapa menit. Dengan begitu, kamu memberikan waktu bagi kaki untuk bernapas.

berikan beberapa menit untuk kakimu bernapas ya

berikan beberapa menit untuk kakimu bernapas ya via www.mensxp.com

“Eh bentar lagi bos lewat tuh! Buruan gih pakai sepatu.”

“Iya-iya bentar. Abis gak enak banget kaki gue kalau seharian penuh pakai sepatu.”

Dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, usahakan selalu ada waktu beberapa menit untuk melepas sepatu ya. Hal ini perlu dilakukan agar kakimu terhindar dari lecet dan berkeringat berlebih. Dengan melepasnya, sirkulasi udara pada kaki akan berganti dengan baik. Kamu pun akan terasa nyaman saat memakainya.

Kalau habis membeli barang baru maunya memang langsung dipakai. Sayangnya, keinginan satu ini harus kamu tahan sesudah membeli sepatu baru. Untuk memakai sepatu baru ini, kamu perlu berlatih beberapa kali agar kakimu terbiasa memakainya. Jadi, nggak ada lecet dan luka pada kaki deh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya