Kulit pisang mengandung serat, antioksidan, dan kaya akan potassium.

Kalau boleh tahu nih, kalau abis makan pisang, kulitnya biasanya kamu apain tuh? Dibuang ke tempat sampah? Atau dibuang sembarangan? Waduh, bahaya nih bisa bikin kepeleset!

Tapi, kamu tahu nggak sih kalau ternyata kulit pisang punya manfaat yang nggak kalah bergunanya dengan buah pisang itu sendiri? Yup, kulit pisang sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal, lho. Dari mulai kecantikan hingga untuk menyemir sepatu kulit. Nggak percaya? Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Daripada bleaching gigi yang menghabiskan uang hingga jutaan, lebih baik putihkan gigimu secara alami dengan kulit pisang

bleaching gigi via wikihow.com

Pengen punya gigi seputih artis terkenal? Bleaching gigi mungkin bisa jadi solusi buat mereka yang punya uang. Tapi, apa kabarnya buat kamu anak kost-an? Boro-boro buat mutihin gigi, dompet saja masih sering cekak di akhir bulan. Daripada hanya sekadar angan, memutihkan gigi ternyata bisa dengan cara alami yang murah meriah, yakni dengan kulit pisang!

Advertisement

Caranya ambil beberapa bagian kulit pisang, lalu gosokkan (bagian dalamnya) dengan lembut pada gigimu selama beberapa menit. Bilas deh setelahnya. Rutinkan kebiasaan ini 1-2 kali sehari untuk gigi yang lebih putih. Duh, senyum seharian juga bakal betah nih 🙂

2. Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya dalam kulit pisang nyatanya ampuh menghilangkan jerawat. Kamu wajib coba!

Say good bye to jerawat! via metagirly.com

Boleh aja menghilangkan jerawat dengan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia, tapi bukankah yang alami jauh lebih baik? Nah, ternyata kulit pisang pun bisa kamu andalkan untuk mengusir si jerawat yang menyebalkan! Begini caranya…

Gosok bagian wajah yang berjerawat dengan beberapa beberapa bagian kulit pisang (bagian dalamnya). Pastikan kamu menggosoknya dengan lembut selama beberapa menit. Bilas hingga bersih dan lakukan hal tersebut 3 kali sehari.

3. Tak ada mentimun, kulit pisang pun bisa menghilangkan mata bengkak. Nangis semalaman jadi nggak kelihatan deh ~

Biar nggak mata panda lagi nih. via myilifestyle.com

Setelah dimakan buahnya, kamu bisa kok memanfaatkan kulitnya untuk mengompres mata bengkakmu. Caranya dengan mengambil beberapa potongan kulit pisang (bagian dalamnya) untuk kemudian kamu taruh di kedua matamu. Dijamin deh, matamu bakal kembali segar lagi. Bye-bye mata bengkak!

Source by https://www.youtube.com/watch?v=swAMdwmpG6w

4. Kulit pisang juga mampu mencerahkan kulit. Daripada menggunakan produk pencerah yang berbahan kimia, baiknya pakai kulit pisang aja!

mencerahkan wajah via khoobsurati.com

Gosokkan kulit pisang (bagian dalamnya) secara lembut pada kulitmu selama beberapa menit. Diamkan sejenak. Lalu bilas hingga bersih. Kulit cerah yang alami pun bakal kamu dapatkan, jika rajin melakoninya.

5. Percaya atau nggak, kulit pisang bisa bikin kamu awet muda. Mari #MenolakTua!

bikin awet muda via naturalremedyideas.com

Gosokkan dengan lembut bagian dalam kulit pisang (yang sudah dipotong-potong lebih dulu) pada bagian wajah yang memiliki kerutan. Diamkan kulit pisang tersebut pada wajah selama 30 menit, kemudian bilas deh.

FYI, beberapa orang bahkan sengaja mendiamkan kulit pisang pisang pada wajah mereka (dijadikan sebagai masker) semalaman. Untuk kemudian dibilas keesokan harinya. Cobain deh, biar kamu percaya betapa ajaibnya kulit pisang!

6. Kulit pisang bisa meredakan psoriasis, penyakit kulit yang ditandai dengan sisik berwarna keperakan dan berubah kemerahan dan perih jika digaruk

Meredakan psoriasis. via www.shimply.com

Psoriasis-mu bisa mereda dengan cara menggosokkan bagian kulit yang terkena dengan bagian dalam kulit pisang. Gosokkan secara perlahan. Memang, awalnya kulitmu akan berubah menjadi kemerahan, tetapi kemudian kemerahan tersebut akan reda dan hilang dengan sendirinya.

7. Biar tanaman tomat di pekarangan rumahmu lebih subur, coba deh letakkan kulit pisang di sekitarnya

Caranya adalah, dengan meletakkan kulit pisang yang sudah kamu potong beberapa bagian, di sekitar tanaman tomat yang kamu punya. Maka tanaman tomatmu bakal menyerap nutrisi yang terkandung dalam kulit pisang tersebut sepanjang musim. Kalau tanaman tomatmu subur, buahnya pun bakal melimpah!

8. Kalau lagi keabisan semir sepatu, kulit pisang bisa kamu andalkan untuk bisa bikin sepatu kulitmu kembali kinclong!

Bisa buat semir sepatu juga nih. via tamanh.net

Gosok sepatu kulitmu dengan bagian dalam kulit pisang. Setelah itu dilanjutkan dengan menyemir sepatumu dengan lap halus. Selanjutnya basahi kulit pisang tadi dengan air untuk kemudian digosokkan pada sepatumu, tujuannya supaya sepatumu bisa kembali kinclong bak baru beli. Berani nyoba?

Gimana? Setelah tahu manfaat kulit pisang seperti di atas, kamu nggak bakal tega ‘kan buat membuangnya sembarangan? Apalagi sampe bikin kepeleset orang. Duh, jangan lagi ya. Selamat mencoba!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!