Setiap menjelang hari kemerdakaan, banyak sekali kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Mulai dari memasang bendera dan umbul-umbul di depan rumah sampai menggelar lomba dilakukan untuk memeriahkan momen 17-an. Melihat peristiwa ini, kamu bisa memanfaatkan antusias masyarakat untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Sambil menyelam minum air gitu lo!

Nah, berikut beberapa ide bisnis bermodal minim yang bisa kamu lakukan buat tambah-tambah pemasukan di hari kemerdekaan.

1. Kamu bisa berjualan piala, medali, atau piagam yang bisa dimanfaatkan untuk diberikan kepada para pemenang lomba

Advertisement

Momen 17 Agustus identik dengan lomba-lomba yang biasanya dimeriahkan oleh anak-anak hingga orang tua. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan piala. Selain piala, kamu juga bisa menjual medali atau piagam yang biasanya juga turut diberikan kepada memang lomba. Tembunglah panitia lomba sebelumnya jika kamu memang ingin menjual benda-benda ini.

2. Jika kamu punya kemampuan mendesain, cobalah untuk membuat kaus bertema kemerdekaan menjelang 17 Agustus ini

jualan kaus via daman.co.id

Nggak harus merah atau putih, kamu bisa kok membuat kaus dengan warna lain tapi masih tetap bertema kemerdekaan. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu perlu pintar-pintar memilih vendor supaya keuntungan yang didapat pun juga semakin banyak. Kamu bisa menjual kaus-kaus ini ke orang di sekitarmu atau secara daring. Jika memang ingin dipasarkan secara daring, buatlah sistem pre-order agar nggak ada kaus sisa dan kamu jadi rugi.

3. Selain usaha kaus, jika memang bisa desain, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat template yang dipasarkan secara daring

jual template via www.freepik.com

Template yang dimaksud ialah template desain ala hari kemerdekaan. Kamu bisa mengunggah template-template ini di beberapa situs desain yang saat ini ada, misalnya saja shutterstock atau freepik. Kamu akan mendapatkan bayaran dalam bentuk dolar yang dibayarkan setiap ada orang yang mengunduhnya.

4. Buatmu yang berprofesi sebagai perias, manfaatkan momen jelang 17 Agustus ini untuk meraup pundi-pundi rupiah

tukang rias via www.youtube.com

Advertisement

Kamu sering kan menyaksikan karvanal di hari kemerdekaan yang dimeriahkan oleh anak-anak dengan memakai pakaian adat dan dirias cantik? Nah, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk mengumpulkan rupiah. Target pasarnya tentu para orang tua yang punya anak kecil. Selain itu, kamu juga bisa menyedikan baju-baju adat yang nantinya bisa dipakai saat pawai oleh anak-anak. Jadi, paket lengkap gitu sekalian.

5. Kemampuan memasakmu juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis di momen hari kemerdekaan ini lo!

jual jajan via www.youtube.com

Baik peserta lomba atau panitia biasanya akan merasa kehausan atau lapar. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka lapak jajan di dekat lokasi lomba. Usahakan untuk menjual camilan berupa kue basah atau es teh yang mudah dibuat dan harganya murah. Dijamin deh, pasti jualanmu akan laku keras.

Nah, itu tadi beberapa bisnis atau usaha yang bisa kamu lakukan menjelang hari kemerdekaan. Mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi, persiapkan keperluanmu untuk berbisnis sejak sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya