6 Cara Pakai Body Lotion yang Bikin Manfaatnya Jadi Percuma. Kulitmu Tetap Kusam-kusam Aja

Body lotion

Cantik itu butuh usaha, begitu pun dengan kulit badan. Untuk mendapatkan kulit yang mulus berseri, kamu wajib mengaplikasikan body lotion terbaik setiap hari. Hal ini mesti dilakukan, karena setiap 28 hari sekali kulit akan mengalami peremajaan dengan regenerasi dan pengelupasan. Oleh karenanya, kamu butuh memakai best body lotion agar kelembapan kulit tubuh tetap terjaga.

Advertisement

Sayangnya, belum banyak orang yang tahu bagaimana cara mengaplikasikan body lotion yang benar. Termasuk juga pada body lotion whitening ataupun body lotion pemutih paling ampuh yang kamu punya. Padahal pemakaian yang keliru dapat membuat kandungan dalam body lotion tak bekerja maksimal, sekalipun harga body lotion-nya lumayan mahal. Berikut kesalahan paling sering yang dilakukan saat mengaplikasikan body lotion. Ya, wajar kalau hasilnya nggak kelihatan~

1. Menggunakan varian body lotion yang keliru atau nggak sesuai dengan jenis kulitmu

body lotion sesuai jenis kulit | credit: KINN Living via unsplash.com

Masing-masing kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. Jika kulitmu kering, pilihlah body lotion untuk kulit kering yang dapat melembapkan. Tapi kalau kulitmu cukup sensitif apalagi memiliki kelainan akibat alergi, baiknya konsultasikan dengan dokter dulu sebelum memilih body lotion-nya.

Selain itu, hindari body lotion dengan kandungan Butylated hydroxyanisol, DMD hydantoin, Diethyl phthalate, Retinyl palmitate, dan Triethanolamine karena justru bisa menimbulkan iritasi dan menyebabkan masalah kulit lainnya. Umumnya, kandungan tersebut kerap ditemukan dalam body lotion pemutih permanen merek abal-abal.

Advertisement

2. Body lotion nggak langsung diaplikasikan begitu selesai mandi. Keburu kulitnya kering dan nggak lembap lagi

pakai setelah mandi | credit: Cosmopolitan via www.cosmo.ph

Mengutip laman Hello Sehat, setelah mandi merupakan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan body lotion. Pasalnya, saat itu kulit tubuh sedang lembap-lembapnya, sehingga kandungan dalam body lotion pemutih atau varian lainnya bisa terserap dengan baik. Di luar waktu tersebut, kamu juga boleh menggunakan body lotion sesaat sebelum tidur serta setelah mencukur atau cuci tangan. Sebab, ketiga aktivitas tersebut dapat mengurangi kelembapan kulit sehingga perlu diolesi body lotion.

3. Beberapa orang sering tak melakukan pijatan saat mengaplikasikan body lotion, padahal banyak manfaatnya

sambil dipijat | credit: freepik via www.freepik.com

Memakai body lotion dengan cara mengusap memang lebih praktis dan nggak makan waktu. Namun sayang, manfaat yang didapat jadi nggak maksimal. Makanya, lakukan pijatan tiap kali mengaplikasikan body lotion untuk remaja maupun body lotion pria. Dengan cara ini, body lotion akan terserap dengan baik dan memberikan manfaat optimal. Selain itu, sirkulasi darah jadi makin lancar dan otot-otot tubuh pun akan terasa lebih ringan. Cukup lakukan dengan gerakan memutar dari bawah ke atas. Gampang, kan?

4. Hanya mengaplikasikan body lotion di area tertentu? Pantas, kulit jadi belang dan warnanya nggak rata

nggak rata | credit: Laurence Dutton via www.gettyimages.com

Selain memicu belang, penggunaan body lotion yang tak menyeluruh juga dapat membuat sebagian kulit tubuh jadi lebih kering karena tak terhidrasi. Oleh karenanya, pakailah body lotion untuk memberi efek cerah ke seluruh bagian tubuh, kecuali kulit wajah. Untuk area yang sering terpapar panas matahari seperti tangan dan kaki, baiknya aplikasikan berulang saat kulit mulai mulai kering.

Advertisement

5. Tidak mengaplikasikan body lotion secara berulang juga merupakan satu kesalahan yang umum dilakukan

aplikasikan berulang | credit: reverehealth via reverehealth.com

Semahal apapun merk body lotion yang wanginya tahan lama, tetap mesti diaplikasikan berulang, ya! Tujuannya agar kulit tetap terhidrasi dan terhindar dari paparan sinar ultraviolet. Menurut pakar, body lotion wajib diaplikasikan setiap 6 sampai 7 jam sekali atau minimal 3 kali sehari untuk memberikan kelembapan maksimal. Terutama pada bagian tubuh yang butuh perlakuan khusus, misalnya siku tangan atau kulit yang sedang belang.

Disebutkan juga bahwa beberapa kondisi berikut mengharuskanmu untuk mengaplikasikan body lotion secara berulang. Seperti setelah mendarat dari pesawat, setelah bercukur, atau mencuci tangan. Untuk merek body lotion-nya sendiri, bisa pilih sesuai kebutuhan kulit. Mau pakai body lotion Vaselin atau pakai body lotion Scarlett yang lagi viral, atau body lotion yang bagus untuk memutihkan kulit.

 6. Sama halnya dengan skincare, penggunaan body lotion yang jarang-jarang pun dapat membuat manfaatnya tak optimal

jarang dipakai | credit: leaf.tv via www.leaf.tv

Sebagus apapun Scarlett Whitening body lotion yang saat ini viral, kalau kamu pakainya malas-malasan ya sama saja. Nggak akan berpengaruh apa-apa. Menurut penelitian yang dilakukan Kampft dan Ennen, mestinya body lotion diaplikasikan minimal satu kali sehari, terutama sesaat setelah mandi, mengutip laman Kumparan.  Tujuannya agar kulit terhidrasi dan terhindar dari kering maupun kasar.

Penggunaan rutin body lotion yang sesuai jenis kulit bahkan bisa menunda tanda penuaan lo! Apalagi kalau dipakai dua kali sehari atau digunakan berulang ketika memang dibutuhkan. Jadi, jangan malas-malasan, ya!

Walau nampak sepele, hal-hal di atas dapat mengurangi keoptimalan kinerja kandungan dalam body lotion. Pun termasuk saat kamu menggunakan body lotion untuk memutihkan. Daripada sia-sia, mending perbaiki cara mengaplikasikannya agar tak berujung mubazir, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE