Coba deh lihat kamarmu. Kalau kamu perhatikan dengan baik, bukan barang-barang berukuran besar lho yang membuat kamarmu penuh dan berantakan. Justru barang-barang kecil seperti alat tulis, aksesoris, dan kabel-kabel yang membuat kamarmu terlihat penuh. Barang-barang ini berserakan di seluruh penjuru kamar karena tidak tertata dengan baik.

Menata barang-barang kecil itu tidak susah, kok. Kamu hanya perlu sedikit kreativitas dan niat untuk memulainya. Sebagai permulaan, nih Hipwee kasih beberapa tips untuk membenahi barang-barang kecilmu itu!

1. Capek Jepit Rambutmu Hilang? Coba Deh Simpan Mereka dalam Wadah Kecil dari Permen Bekas…

Advertisement

Jepit kecil berwarna hitam ini memang akan selalu jadi penyelamatmu saat sedang bad hair day. Nggak heran kalau kamu punya banyak persediaan benda satu ini di rumah. Sayangnya, jepit kecil ini seringkali hilang tidak tahu ke mana dan tanpa sadar membuat persediaanmu cepat habis.

Nah supaya nggak hilang-hilangan lagi, tata jepit kesayanganmu ini di dalam sebuah wadah kecil. Tidak perlu membeli, kamu bisa menggunakan wadah permen bekas atau wadah obat yang tidak lagi terpakai. Simpan dengan baik di meja riasmu dan jangan lupa untuk selalu mengembalikan kembali jepit yang sudah dipakai.

2. Jarum Pentulmu Pun Tak Akan Terlantar dan Menusukmu Tiba-Tiba, Kalau Kamu Punya Bantalannya!

Tusukkan di bantalan

Tusukkan di bantalan via pumice-says.blogspot.com

Buat kamu yang berhijab, jarum pentul mungkin sudah seperti sahabat. Kalau tidak ada benda kecil ini, bisa-bisa hijabmu akan miring ke kanan-kiri dan tidak terpasang dengan baik. Pokoknya, jangan sampai jarum pentul ini hilang deh.

Advertisement

Karena ukurannya yang kecil, jarum pentul akan lebih baik jika disimpan dengan cara ditusukkan pada bantalan kecil. Nah, bantalan kecil ini bisa kamu buat sendiri dari spons cuci piring yang dibungkus rapi dengan kain perca atau kertas kado. Tusukkan jarum-jarum pentulmu ke bantalan tersebut dan letakkan di meja riasmu. Dengan begitu, kamu nggak perlu repot-repot lagi menebak-nebak berapa jumlah jarum pentul yang tersisa dan di mana letak mereka berada. Semua sudah terpampang rapi di meja riasmu.

3. Kalungmu Bisa Jadi Penghias Kamar yang Cantik

Gunakan gantungan baju

Gunakan gantungan baju via sunnyandturquoise.blogspot.com

Kalung sepertinya memang bisa dianggap sebagai aksesoris wajib bagi kaum cewek. Dengan mengenakan kalung, penampilanmu yang tadinya sederhana saja bisa berubah menjadi satu tingkat lebih modis dalam sekejap. Selain itu, kalung juga dapat memperindah pakaian polosmu yang tanpa corak.

Tapi, menyimpan kalung tidak bisa sembarangan. Kalau hanya asal taruh saja, kalungmu akan saling berkait seperti benang kusut dan akhirnya rusak. Untuk itu, coba untuk menata kalungmu dengan menggantungnya. Kamu bisa memanfaatkan paku yang kamu tanamkan ke dinding sebagai gantungan atau bahkan menggunakan gantungan baju yang tidak sedang dipakai. Selain memudahkanmu untuk mencari kalung yang tepat, penataan seperti ini juga dapat memperindah kamarmu.

4. Simpan Antingmu di Tatakan Es Batu yang Tak Terpakai…

Manfaatkan cetakan es batu di rumahmu

Manfaatkan cetakan es batu di rumahmu via www.wikihow.com

Menyimpan berbagai jenis anting dalam 1 tempat yang sama dapat memperbesar potensi untuk tertukar atau bahkan membuat kamu tidak sadar jika antingmu hilang. Nggak mau ‘kan kalau anting kesayanganmu hilang?

Untuk mengatasinya, kamu bisa menata anting-anting cantikmu ini ke dalam cetakan es batu yang tidak terpakai. Tatalah sesuai dengan pasangannya dan kemudian letakkan di atas meja atau di dalam laci meja rias supaya lebih rapi. Pokoknya, antingmu tidak akan hilang dan tertukar lagi setelah ini. Oh iya, cetakan es batu ini juga bisa digunakan untuk menata cincin dan bros kesayanganmu, lho.

5. Renteng Penitimu jadi Satu dengan Ikat Rambut

Susun di ikat rambut atau tali

Susun di ikat rambut atau tali via vemale.com

Kalau jepit rambut adalah penyelamat rambutmu, penitilah yang menjadi pahlawan untuk pakaianmu. Saat kancing bajumu lepas atau ritsluitingmu tiba-tiba rusak, benda kecil ini pasti yang akan pertama kali kamu cari. Karena ukurannya kecil, seringkali peniti ini terselip dan tidak terlihat keberadaannya. Untuk menghindari benda kecil ini terselip, tatalah peniti ke dalam 1 kotak obat kecil supaya mudah dibawa ke mana-mana. Kalau untuk di rumah, kamu bisa menyusunnya di 1 buah ikat rambut dan menggantungnya di dinding. Akan kasat mata dan mudah dijangkau.

6. Karet Rambut Juga Mesti Kamu Satukan…

Rapikan dengan bantuan pengait ini

Rapikan dengan bantuan pengait ini via www.glamour.com

Tidak hanya bobby pin dan peniti saja yang mudah hilang, karet rambut juga sering dipertanyakan keberadaannya setelah selesai digunakan. Biasanya sih, karet rambutmu ini hilang karena tidak tertata dengan baik atau kamu menaruhnya sembarangan. Kalau begini terus, lama-lama persediaan karet rambutmu akan habis deh. Males banget ‘kan kalau harus terus-terusan beli karet rambut?

Untuk itu, cobalah untuk menata karet-karet rambutmu pada sebuah pengait. Tidak susah kok untuk mencarinya. Pengait ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasar swalayan besar atau di toko perlengkapan kemah. Kamu bisa meletakkannya di atas meja atau gantungkan saja pada paku. Tapi ingat ya untuk selalu mengembalikan karetmu ke tempatnya.

7. Manfaatkan Mug atau Gelas Untuk Menata Alat Tulis

Cangkir untuk alat tulismu

Cangkir untuk alat tulismu via lead-green-life.blogspot.com

Alat tulis merupakan barang-barang yang paling sering berserakan dan tidak tertata dengan baik. Bahkan nggak jarang di antara pulpen dan spidol yang ada di atas meja, hanya sedikit yang ditemukan masih bisa digunakan. Akhirnya, alat tulis ini hanya sekedar memenuhi meja belajar dan membuatnya terlihat berantakan.

Buatlah mejamu terlihat lebih rapi dengan menata alat-alat tulis ini. Nggak repot sama sekali, kok. Sudah banyak sekali wadah alat tulis yang dijual di toko buku kecil maupun besar. Tapi kalau ingin sedikit berbeda, kamu bisa memanfaatkan cangkir-cangkir lucu atau kaleng bekas yang telah dibungkus kertas kado sebagai wadah untuk alat tulismu. Dengan menatanya, meja belajarmu pasti terlihat lebih rapi dan cantik.

8. Jangan Telantarkan Penyelamat Akhir Bulanmu Ini

Kumpulkan dalam toples

Kumpulkan dalam toples via www.amazingviewscabinrentals.com

Jangan meremehkan uang koin! Ukuran dan nominalnya memang kecil tapi kalau tidak ada uang koin ini, jumlah uangmu bisa jadi tidak akan genap. Kamu tidak bisa membayar parkir karena uangmu hanya 900 rupiah atau terpaksa harus ‘memecah’ uang 50.000 mu karena jumlah uang recehmu kurang untuk membayar segelas es teh manis. Tapi sayangnya, uang koin ini seringkali tercecer di seluruh penjuru kamarmu. Bahkan terkadang ikut tercuci karena masih ada di dalam saku.

Supaya uang koinmu tidak semakin tercecer ke mana-mana, kumpulkan mereka di dalam sebuah toples kaca. Toples ini bisa kamu hias dengan tulisan atau gambar supaya semakin cantik. Dengan menaruhnya di toples, kamu bisa mengambil uang koin ini dengan mudah ketika diperlukan. Namun jika ingin dijadikan tabungan, kamu bisa mengumpulkannya dalam sebuah celengan. Lumayan ‘kan untuk makan akhir bulan?

9. Simpan Kantong Plastikmu di Dalam Kotak Tisu

Manfaatkan kotak tisu

Manfaatkan kotak tisu via tellerallaboutit.wordpress.com

Kantong plastik yang kamu dapat habis belanja jangan segera kamu buang. Sewaktu-waktu, kantong plastik ini pasti akan berguna untukmu; bisa untuk wadah sampah, membawa barang belanjaan, atau membungkus barang untuk dibawa berpergian. Simpan kantong-kantong tersebut dalam wadah tisu yang ada di rumah. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah mengambilnya saat diperlukan. Jangan lupa untuk merapikan kantong plastik tersebut saat sebelum disimpan supaya terlihat rapi dan tidak kusut.

10. Untuk Charger dan Kabel-Kabel Lainnya, Pakai Saja Gantungan Kerudung…

Pakai gantungan kerudung

Pakai gantungan kerudung via thesweetspotblog.com

Coba deh hitung ada berapa jenis charger dan kabel yang kamu miliki. Mulai dari charger HP, laptop, kabel HDMI, earphone, hingga charger HP kamu yang lainnya. Kalau charger dan kabel ini kamu biarkan saja di meja, pasti akan membuatnya terlihat berantakan. Belum lagi kalau kamu biarkan tergeletak di lantai, mungkin sewaktu-waktu kamu bisa terjatuh karena tersandungnya.

Tatalah charger dan kabel yang kamu miliki itu dalam tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan kerudung. Biasanya, tempat kerudung ini berbahan bening dan dapat digantung, sehingga tidak memakan banyak tempat dan mudah ditemukan. Kamu juga bisa memberi label penjelasan mengenai charger atau kabel apa yang ada dalam kantung tersebut supaya tidak bingung dan tertukar.

11. Boks Warna-Warni yang Apik Bisa Merapikan Surat dan Dokumen Pentingmu

Pisahkan dokumen sesuai jenisnya

Pisahkan dokumen sesuai jenisnya via pinterest.com

Makalah, fotokopian materi kuliah, sertifikat, hingga hard copy revisi skripsimu adalah dokumen-dokumen penting yang harus dijaga dengan baik. Bentuknya memang hanya sekadar tumpukan kertas HVS saja tapi kalau hilang atau tercampur dengan dokumen lain, bisa-bisa kamu merana.

Untuk itu, kamu perlu mengorganisir dokumen dan surat-surat penting ini dengan baik. Caranya, manfaatkan saja boks buku yang banyak dijual di toko alat tulis. Kelompokkan surat dan dokumen tersebut sesuai dengan jenis dan isinya, kemudian satukan dalam boks yang sama — makalah pada boks makalah, sertifikat pada boks sertifikat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mencari dokumen yang diperlukan.

12. Warnai Juga Kamarmu dengan Buku-Buku!

Gradasi warna memperindah kamarmu

Gradasi warna memperindah kamarmu via flickr.com

Menata buku bisa kamu lakukan dalam dua cara, sesuai warna atau genre dari buku tersebut. Keduanya menguntungkan, kok. Jika menata sesuai warna, kamu tidak hanya mendapatkan buku-buku yang rapi tetapi juga ruangan yang semakin manis dengan gradasi warna yang diberikan. Nah kalau kamu menatanya sesuai dengan genre, kamu bisa dengan mudah menemukan buku yang kamu cari dan ingin untuk dibaca. Misalnya kamu ingin membaca buku Harry Potter, datangi saja rak bagian fantasi dan ketemu deh bukunya!

Setelah tahu cara-cara menata ini, semoga tidak ada lagi barang-barangmu yang berserakan. Selamat berbenah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya