Ada banyak sekali barang bekas yang kita punya yang bisa disulap menjadi hiasan cantik atau benda multiguna. Dalam artikel ini, Hipwee akan mengulas bagaimana kamu bisa memanfaatkan botol selai bekasmu sebagai hiasan kamar. Membuatnya pun tidak sulit, karena bahan-bahan yang dibutuhkan sederhana. Pun proses pembuatannya tak lama.

Apa saja sih yang bisa kamu buat dari botol selai bekas? Mulai dari pigura foto hingga lampu tidur, yuk perhatikan artikel Hipwee berikut ini!

1. Mau kamarmu sedikit lebih hangat di musim hujan? Buat saja tempat lilin mungil. Daun atau kertas koran akan membuat cahayanya temaram.

tempat lilin

tempat lilin via whimseybox.com

Advertisement

Di musim penghujan seperti sekarang ini, pasti sering mengakibatkan pemadaman listrik secara tiba-tiba. Untuk itu, kamu bisa membuat wadah lilin yang unik dengan menggunakan toples selai bekas. Selain berguna sebagai tempat lilin, wadah ini juga bisa membawa kehangatan ala musim gugur luar negeri ke hari-harimu di negeri tropis! ;p

Membuatnya pun cukup mudah. Kamu bisa memanfaatkan koran bekas, dedaunan kering, hingga kain renda sebagai hiasan. Alat yang kamu perlukan pun hanya lem dan gunting. Sesederhana membuat kerajinan tangan level anak TK, bukan?

Yang pertama perlu kamu lakukan adalah menutupi badan toples selai dengan daun, koran, kain renda. Gunakan lem sebagai perekatnya. Kemudian, hias dengan tali rami yang dibentuk menjadi pita.

Advertisement

Langkah terakhir adalah meletakkan lilin ke dalam toples selai. Cahaya lilin yang temaram akan menerangi dedaunan atau kertas koran, dan membuat wadah lilin ini terlihat unik. Kamarmu pun akan terasa lebih nyaman dengan adanya hiasan ini.

2. Sering iri melihat vas bunga anggun di film berlatar tahun ’20 atau ’40-an? Kini kamu bisa membuatnya sendiri

vas bunga

vas bunga via www.etsy.com

Kamu pun bisa memanfaatkan gelas selai ini sebagai vas bunga. Alat yang dibutuhkan hanya cat berwarna pastel. Untuk membuat vas ini, poleslah semua bagian toples dengan cat warna pastel. Ini akan membuat gelasmu terlihat seperti hiasan rumah dari tahun ’20 atau ’40-an.

Setelah cat mengering, isi toples dengan air dan bunga-bunga segar. Pilih bunga yang feminin dan manis, seperti daisy, edelweiss, atau mawar warna pastel. Kamu juga bisa menambahkan tali rami di bagian leher toples untuk memperkuat tampilan hiasan. Langkah terakhir, jajarkan vas-vas cantik ini di jendela atau teras depan kamarmu, di tas taplak rajutan berwarna putih dan buku-buku novel klasik. :’)

3. Toples selai yang dibungkus kain felt juga bisa dijadikan wadah alat tulis. Mudah, cantik, dan bisa mengingatkanmu pada keceriaan khas anak-anak.

wadah alat tulis

wadah alat tulis via modpodgerocksblog.com

Manfaatkan juga botol selai bekas sebagai wadah alat tulis di meja belajarmu. Kamu hanya memerlukan gunting, lem, dan kain flanel felt bermotif sebagai bahan. Langkah pertama, gunting kain flanel sesuai ukuran gelas selai. Kemudian oleskan lem dan bungkus seluruh permukaan gelas selai dengan kain.

Agar wadah alat tulis ini makin cantik, kamu bisa menggunakan warna kain yang sama dengan pola berbeda. Contohnya saja untuk badan gelas kamu menggunakan kain warna pink dengan motif bunga, maka kamu bisa menggunakan kain berwarna merah jambu polos untuk membungkus leher gelas. Susun hasil karyamu di atas rak meja belajar, dan lihat sendiri betapa cerianya kamarmu sekarang!

4. Mengubah botol selai menjadi wadah lucu untuk permen atau recehan? Bisa banget!

toples lucu

toples lucu via brightnest.com

Kamu bisa memanfaatkan toples selai bekas ini sebagai toples lucu. Yang kamu butuhkan hanya lem cair anti-air, cat, kuas, dan patung hewan berukuran mini. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah oleskan lem cair di kaki patung hewan kemudian rekatkan di atas permukaan tutup selai. Selanjutnya, kamu bisa memulasnya dengan warna favoritmu dengan cat. Supaya makin terlihat cute, pulas tutup selai dengan warna yang sama dengan patung hewan yang terpasang di atasnya. Setelah selesai, segera jemur dan keringkan.

Sesaat setelah mengering, kamu sudah bisa menggunakannya sebagai toples sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa menaruh recehan, permen, crayon, maupun benda-benda kecil lainnya yang selama ini gampang tercecer. Selain bermanfaat untuk menyimpan barang-barangmu yang berukuran mini dan sering tergeletak di sembarang tempat, toples ini juga sukses berperan sebagai dekorasi kamarmu. Yayness!

5. Bosan dengan pigura di dinding yang itu-itu saja? Cetak momen-momen berhargamu dalam hidup, kemudian masukkan ke dalam botol. Voila, pigura 3D!

photo frame

photo frame via www.abeautifulmess.com

Kalau bosan dengan frame dua dimensi yang bentuknya itu-itu saja, inilah saatnya kamu menggunakan botol selai sebagai bingkai foto. Caranya? Pertama-tama cuci bersih botol selai dulu supaya permukaannya terlihat lebih bening. Kemudian, kamu bisa memasukkan foto-foto ceriamu bersama keluarga, sahabat, ataupun pacar ke dalam wadah selai ini. Susun dan letakkan dengan posisi terbalik. Sudah!

Kamu bisa menempatkannya di tempat yang gampang terlihat, seperti meja belajar atau rak. Selain unik, toples ini bisa membuat kamarmu makin terlihat berwarna dengan ragam foto yang terpajang.

6. Membuat “mesin waktu” itu bukan hal mustahil. Kamu bisa memilikinya dari sebuah botol selai kecil.

travel time capsule

travel time capsule via www.lauren-likes.com

Jika kamu hobi traveling atau berpetualang, kamu harus punya travel time capsule. Membuatnya cukup mudah: cukup masukkan benda-benda bersejarah yang akan mengingatkanmu tentang tempat-tempat yang telah kamu kunjungi. Semisal saja kamu habis pergi berlibur dari pantai, adalah ide yang cukup asyik untuk memasukkan batu pantai atau pasir pantai ke dalam toples selai ini.

Kamu juga bisa menyimpan ragam benda sejarah yang mengingatkanmu akan memori yang sudah kamu lewati. Tiket-tiket bioskop sisa kencanmu dengan pacarmu, dari mulai tiket nonton, tiket parkir, hingga photobox. Untuk sentuhan terakhir, kamu tinggal menambahkan kertas kecil bertuliskan waktu dan momen sebagai label dan mengikatkannya dengan pita di leher gelas. Nggak cuma lucu dan unik, toples inilah mesin waktu dalam hidupmu :’)

7. Toples selai mungilmu ini juga bisa kamu jadikan akuarium, lho! 

mini beach

mini beach via diyforlife.com

Kamu juga bisa membuat mini aquarium dengan menggunakan gelas selai bekas ini. Hanya perlu menyiapkan pasir pantai beserta dengan kerang dan aneka batu karang. Kamu bisa menyusunnya mulai dari pasir sebagai lapisan dasar kemudian letakkan batu karang dan kerang di atasnya. Sebagai sentuhan terakhir, kamu bisa mengisinya dengan air supaya terlihat seperti akuarium kecil. Letakkan di atas rak buku dan lihat betapa segar kamarmu dengan dekorasi kreatif ini.

8. Dengan glow stick dan glitter, kamu bisa punya lampu yang lebih cantik dari lampu kamar tidur teman-temanmu!

lampu tidur anti mainstream

lampu tidur anti mainstream via www.onewed.com

Bosan dengan lampu tidur yang biasa aja? Mungkin kamu bisa mengganti penerangan tidurmu dengan lampu buatan ini. Membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya membutuhkan light stick atau glow stick dan bubuk glitter.  Glow stick atau light stick pun bisa dibeli di toko online dengan harga yang sangat terjangkau, walaupun memang daya tahannya hanya sekitar 3 sampai 8jam. Jangan lupa juga selalu gunakan pelindung tangan setiap membuat kreasi glowing jar ini ya, karena isian dari glow stick adalah cairan kimia.

Langkah pertama, gunting ujung glow stick dan tumpahkan seluruh cairannya ke dalam toples selai. Jika kamu ingin membuat glowing jar dengan hasil berpola, kamu bisa menempatkan kain tulle ke dalam toples di langkah pertama sebelum menyiramnya dengan cairan glowing stick. Selanjutnya taburkan 1 sendok makan bubuk glitter ke dalamnya. Setelah itu, tutup toples dan kocok hingga cairan dan glitter tercampur ke segala permukaan toples. Voila! Sekarang kamu punya lampu tidur temporary yang anti mainstream untuk menemani istirahat malammu!

Jadi, kreasi toples selai yang mana yang menjadi favoritmu? Bukankah semuanya cantik-cantik? Selamat berkreasi ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya