Beberapa dari kamu mungkin kerap mengalami hal ini. Pulang ke rumah atau kostan yang sepi setelah sibuk beraktivitas seharian, baik di kampus maupun kantor. Pernah kebayang gak bagaimana rasanya disambut oleh teman yang selalu setia menunggumu, menghangatkan hatimu yang lelah setelah seharian berjibaku dengan rutinitas?

Yup, hewan peliharaan terbukti mampu meningkatkan kualitas hidup pemiliknya, lho. Berbagai penelitian menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki hewan peliharaan lebih sehat, baik fisik dan psikis-nya. Rasa senang yang ditimbulkan karena memiliki hewan peliharaan terbukti mampu menurunkan tingkat stress dan depresi, mengontrol tekanan darah dan kolesterol, serta meningkatkan kemampuan sosialisasi.

Advertisement

“Tapi aku ‘kan sibuk banget. Gimana caranya bisa punya hewan peliharaan? Kasihan kalau dia malah nggak keurus.”

Rutinitas harian yang padat mungkin memang tidak memungkinkanmu punya hewan peliharaan konvensional yang butuh perawatan dan perhatian ekstra. Tapi jangan sedih dulu, ada kok ragam hewan peliharaan yang cocok dengan kondisimu. Siapa saja mereka?

1. Buat kamu yang terbiasa beraktivitas di luar rumah seharian, memelihara ikan-ikan kecil warna-warni adalah pilihan

awesome-cute-beautiful-lionhead-goldfish-animal-pet-free

Mulut mungilnya yang megap-megap seolah mengajak kamu bicara via wallpapers55.com

Ikan air tawar berwarna-warni nan imut dengan mulut mereka yang selalu bergerak-gerak seolah sedang bicara memang terlihat lucu. Mereka bisa menjadi pilihan pertama jika kamu ingin memelihara hewan tapi punya kesibukan yang luar biasa.

Advertisement

Salah satu pilihan ikan air tawar terpopuler adalah ikan mas yang tergolong kuat dan mudah dipelihara. Untuk merawatnya kamu hanya perlu memberinya makan sekali atau dua kali dalam sehari. Dan kamu bisa membersihkan akuarium sedikitnya seminggu sekali untuk menjaga kesehatan tempat tinggal hewan kesayanganmu ini.

2. Sekilas reptil memang tampak tak bersahabat, tapi jika dipelihara mereka bisa jadi teman yang hangat

Baby-nice-iguana-face

Manja dan lucu, tapi nggak banyak nuntut, reptil adalah peliharaan yang unik via fuzfeed.com

Mungkin beberapa dari kamu bakal bergidik membayangkan hewan melata berdarah dingin yang bersisik dijadikan peliharaan. Tetapi tidak sedikit juga kok yang merasa menemukan sosok teman dalam diri binatang-binatang reptil jinak. Ular, iguana, kadal, bunglon dan teman-temannya cukup populer sebagai peliharaan yang mudah untuk dirawat.

Cari tahu terlebih dahulu tentang sifat dan karakteristik reptil yang kamu pilih. Misalnya, apakah mereka hanya memakan makanan hidup? Atau, sebesar apa mereka bisa tumbuh agar kamu bisa menentukan ukuran kandangnya? Nah, jika kamu sudah memahami hal-hal tersebut, kamu tak perlu ragu untuk memilih mereka sebagai hewan peliharaan.

3. Kura-kura punya gerak tubuh yang lembut dan tatapan mata yang teduh, kehadiran mereka di kamarmu ampuh menghalau rasa jenuh

Turtle Wallpaper Turtle Eating Strawberry

Gerakannya yang lambat dan perangainya yang lembut membuat kura-kura pantas disayangi via findwallpaper.info

Gerakannya yang pelan dan lemah lembut bisa bikin kamu jatuh hati sama hewan yang satu ini. Yup, kura-kura memang punya daya tarik tersendiri bagi para pecinta hewan peliharaan. Lantaran umur mereka yang bisa mencapai 30-40 tahun, kura-kura pun juga bisa jadi hewan peliharaan yang setia menemanimu sampai tua nanti. Mereka tergolong sebagai hewan yang mudah dirawat dan diberi makan. Sehingga dapat menjadi pilihan buat kamu yang mendambakan peliharaan namun sering digempur kesibukan.

4. Rumahmu tak lagi sepi jika ada burung parkit atau cockatiel yang selalu setia menemani

Green-Parakeet-Wallpaper

Warna-warni dan kicauan burung-burung mungil dapat menghiburmu via www.sampaikini.com

Burung-burung mungil seperti parkit dan cockatiel adalah teman ideal bagimu yang ingin peliharaan lucu tapi tidak susah dirawat. Warna-warni bulu mereka yang elok serta kicauannya yang merdu bisa membantumu merasa rileks setelah melalui segudang rutinitas harian.

Perawatan mereka pun tergolong enteng, karena kamu hanya perlu menjaga kebersihan sangkar dan menjaga mereka agar tidak kekurangan makanan dan minuman. Perlakukan mereka dengan lembut karena burung-burung manis ini boleh dibilang sedikit ringkih.

5. Bagi kamu penyuka hewan-hewan imut, bisa kok memilih binatang pengerat seperti seperti hamster atau marmut

6955365-sweet-guinea-pig

cute cute cute, hamster, marmut dkk emang super cute! via www.sampaikini.com

Pengerat-pengerat mungil nan lucu seperti hamster, marmut, gerbil atau tikus kecil memang cukup populer dikalangan para penyuka hewan peliharaan. Bagaimana tidak, selain tampilan mereka yang imut, polah tingkah mereka di dalam kandang pun tak kalah lucu jika diperhatikan.

Tak perlu ragu untuk memelihara keluarga pengerat ini, karena informasi dan pernak-pernik tentang mereka banyak tersedia di toko-toko khusus hewan peliharaan. Jangan lupa untuk disiplin dalam mengganti alas untuk kotoran mereka supaya hewan kesayanganmu ini terhindar dari penyakit. Soal makan dan minuman mereka pun sudah pasti harus diperhatikan juga.

6. Jangan takut tertusuk duri, karena landak mini sudah pasti bisa membuatmu jatuh hati

cute-hedgehog-wallpapers-3

landak si bola berduri dengan wajah unyu juga hyper cute! via mobilite.mobi

Landak mungkin terlihat mengancam dengan duri-duri mereka yang nampak tajam. Namun sebenarnya mereka adalah hewan berperangai manis yang mungkin cocok dengan kebutuhanmu akan peliharaan idaman. Hewan dengan wajah lucu ini dapat membentuk bola dengan tubuh mereka. Tempatkan landak dalam akuarium yang dilengkapi pernak-pernik dan alas tidur berkualitas bagus. Mandikan, rawat dan ajak mereka main ketika kamu ada waktu senggang. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya secara berkala.

Apakah kamu sudah menemukan hewan peliharaan yang cocok untukmu? Apapun pilihanmu, rawat mereka dengan penuh kasih sayang dan jangan sekali-kali ditelantarkan, ya! 🙂

Yuk intip juga gimana sih caranya si cantik Anisa Rahma ngerawat kucing kesayangannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya