“Duh, homesick. Kangen rumah. Kangen masakan Mama.” 🙁

Saat kamu mulai bosan dengan hingar bingar di perantauan, hanya ada satu hal yang kamu pingin saat itu juga. Masakan Mama. Kayaknya, satu suap dari lauk masakan Mama saja, bisa jadi obat penyembuh homesick.

Tapi, kalau kamu masih belum bisa pulang, kamu coba ciptakan obat hmesick-mu sendiri saja, guys. Walau rasanya belum seenak racikan Mama, paling nggak kamu udah bisa merasa dekat sama rumah lagi, ‘kan?

1. Buat selingan jajan sore, bikin saja semangkuk seblak hangat. Sembari ngobrol di telepon dengan Mama, biar rindu terobati

Hangat-hangat via www.suggest-keywords.com

Sore-sore, hujan. Wah, pas banget nih menenangkan hati dan perutmu dengan makanan yang hangat. Seblak basah bisa jadi alternatifmu buat menikmati sore yang sendu. Sambil dengar suara Mama di telepon, bikin suasana makin syahdu.

Bahan:

  • 150 gram kerupuk kanji oranye, direndam
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 2 sendok makan kecap manis Bango
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 300 ml air
  • 1 batang daun bawang, diiris
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 cm kencur
  • 4 buah cabai merah besar yang dibuang bijinya
  • 1 sendok teh terasi, bakar

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai harum lalu sisihkan sebentar di tepi wajan.
  • Tambahkan telur dan aduk sampai berbutir.
  • Masukkan kerupuk dan aduk rata. Campurkan kecap manis Bango, garam, merica bubuk, gula dan air.
  • Setelah itu, aduk rata sambil masukkan daun bawang dan masak hingga matang.

2. Bumbu ulegan Mama memang mantap. Apalagi buat tahu gejrot, ingat-ingat gimana beliau meracik bumbu pedasnya pas di rumah

Huh hah! via widhiaanugrah.com

Kamu yang malas masak ribet, kamu tetep bisa bahagiakan diri sendiri dengan makanan pedas. Tahu gejrot nggak ada salahnya kamu coba. Asalkan stok cabe rawitmu masih banyak di kulkas, tinggal bikin sebentaran saja!

Bahan:

  • Tahu yang sudah digoreng
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • cabai rawit sesuai selera
  • 2 sdt gula jawa
  • 5 sdm kecap manis
  • cuka sekucupnya
  • gula dan garam secukupnya
  • secukupnya air matang
  • 2 sdm air mendidih

Cara membuat:

  1. Uleklah kasar bawang putih, cabai, garam, dan gula. Diikuti dengan bawang merah di cobek.
  2. Masukkan gula jawa dan tambahkan air mendidih ya.
  3. Kemudian, tambahkan cuka, air matang, dan kecap manis Bango sesuai dengan selera.
  4. Terakhir, masukan potongan tahu dan tekan-tekan dengan ulekan. Tahu gejrot pun siap dinikmati.

3. Bahan mudah didapat dan terjangkau, bikin orek tempe sendiri saja. Sambil membayangkan Mama masak, rasanya pasti ikutan enak

Murah dan enak via www.resepseharihari.com

Lauk tempe sudah jadi sahabat paling akrab yang selalu ada menemani akhir bulan. Karena kamu tahu gimana Mamamu meracik tempe biasa jadi lauk yang enaknya di atas rata-rata. Sambil bayangin Mama masak di dapur, ampuh bikin rasa buatanmu jadi beda tipis enaknya.

Bahan:

  • 300 gram tempe yang sudah dipotong dadu dan digoreng setengah matang
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sendok makan Kecap Bango Manis Pedas Gurih
  • 2 potong lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 bungkus penyedap rasa ayam
  • 1/2 sendok teh gula
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 sendok makan minyak
  • 1 gelas (200 ml) air

Cara membuat:

  • Tumis bawang putih hingga wangi. Masukkan lengkuas, salam, masak hingga matang.
  • Masukkan tempe, air, penyedap rasa ayam, gula, garam dan kecap pedas.
  • Masak hingga bumbu meresap dan agak mengering.

4. Cocolan saus di brokoli crispy-mu siap bikin dia merem melek saking renyahnya

Nggak cuma sedap buat jadi isi sayur sop, brokoli juga nikmat dimakan sebagai cemilan. Apa;agi dicocol dengan sambal, wah bikin tiap orang yang makan merem melek saking enaknya. Bikinnya pun simpel. Kamu hanya perlu nyiapin:

  • 250 gram brokoli, sudah dicuci bersih
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus cabe

Cara membuat:

  • Haluskan bumbu seperti garam, merica dan bawang putih.
  • Masukan tepung terigu dan beras ke dalam sebuah wadah.
  • Lalu, campurkan bumbu sebelumnya dan aduk merata.
  • Ambil 1/5 bagian dari tepung dan bumbu tadi dan tambahkan sedikit air.
  • Celupkan brokoli yang telah dipotong-potong ke dalam adonan yang sudah dicampur air.
  • Lalu, gulingkan pada wadah lainnya yang berisi adonan tanpa air. Ulangi terus menerus sampai semua badan brokoli tertutup adonan.
  • Goreng brokoli di wajan dengan minyak yang sudah  dipanaskan dengan api sedang. Tiriskan saat sudah berwarna keemasan.

5. Buat nasi gorengmu makin istimewa dengan bumbu tambahan racikanmu sendiri. Makin sip ditambah telur mata sapi

Sip! Banget! via www.pepper.ph

Semalas apa pun kamu buat berlama-lama di dapur, pasti kamu pernah bikin nasi goreng sendiri. ‘Kan sayang nasimu tersisa dan tidak ada yang makan. Dimasak jadi nasi goreng, lezatnya tidak akan berkurang kok. Nah, siapkan telur juga ya untuk dibuat mata sapi, biar makin sip!

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sdt terasi
  • 4 buah cabai merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Bahan:

  • Nasi dingin 500 gram
  • Minyak goreng, 2 sdm
  • Kecap manis Bango, 2 sdm

Cara memasak:

  • Tumis bumbu halus hingga wangi. Lalu campurkan kecap manis dan aduk hingga rata.
  • Masukkan nasi dan ratakan bumbu hingga merata sempurna.
  • Tambahkan bawang goreng, telur ceplok, dan kerupuk udang sebagai teman makan.

6. Emang, bikin Ayam Kecap sederhana bisa dibilang susah. Demi mengusir homesick, buat saja seporsi!

Hitam manis! via www.royco.co.id

Nggak perlu kamu bisa bikin rawon atau soto ayam yang ribetnya bikin putus asa. Kadang, masakan yang bikin bapermu ilang karena kangen rumah adalah dengan mencicipi kuah dari ayam kecap. Susah sih memang, tapi kalau menu ini adalah satu-satu yang bisa jadi obat penghilang homesick, buat saja dengan modal nekat. Yakinlah kalo nanti hasilnya akan tetap enak!

Bahan:

  • 1/2 ekor ayam yang dipotong 6 bagian. Tambahkan 1/2 sendok teh garam dan 2 sendok makan air jeruk nipis.
  • 4 siung bawang putih yang sudah dimemarkan
  • 1/2 ruas jari jahe yang dimemarkan
  • 1/2 butir bawang bombai
  • 2 tangkai daun bawang
  • 5 sendok makan Kecap Bango Manis Pedas Gurih
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah tomat, potong panjang
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • 1 sendok makan margarin, untuk menumis

Cara memasak:

  • Goreng ayam dalam minyak panas hingga matang, tapi tidak kering. Lalu tiriskan.
  • Panaskan margarin, tumis jahe dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan bawang bombai, tumis hingga layu.
  • Masukkan ayam, lalu tambahkan Kecap Bango Manis Pedas Gurih, air, garam, lada, tumis hingga matang. Masukkan tomat dan daun bawang, aduk sebentar, angkat.

Kamu tinggal menyajikannya di mangkuk, lalu menyantapnya di ruang makan bersama cowokmu dan calon mertuamu. Hmmm, terasa makin lezat ya makananmu! Terlebih lagi kalau kecap yang kamu pilih punya rasa yang pas dan menyatu sempurna dengan bumbunya. Kecap Bango sudah teruji kualitasnya yang berasal dari biji kacang hitam terbaik. Siapa saja yang memakan santanpanmu yang sudah tercampur sempurna dengan Kecap Bango, pasti dibuat ketagihan.

Dengan menambahkan beberapa sendok teh kecap, rasa yang ingin kamu tojolkan dari masakanmu bisa terasa saat dicap di lidahmu. Kecap Bango dengan varian Manis Pedas untukmu yang doyan dengan sensasi cabai, atau yang sekadar Bango kecap manis, bisa bikin cita rasa masakanmu makin terasa. Bisa jadi ramuan mujarab buat menaklukkan hati cowokmu!

Setelah dipikir-pikir, memasak buat dia itu gampang ya! Nah, apa kamu masih mau berpangku tangan tanpa ada usaha buat mengambil hatinya dan orangtuanya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya