Ada yang suka makan seblak? Makanan sederhana  khas Bandung ini, mulai banyak disukai dan dicari-cari oleh para pecinta kuliner. Tidak hanya di kota asalnya saja, saat ini seblak sudah banyak digemari  di kota-kota besar di Indonesia seperti Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Malang, Bali serta banyak di daerah lainnya.

Akan tetapi banyak orang beranggapan bahwa seblak hanya merupakan kerupuk kuning yang dimasak dengan cita rasa pedas. Padahal, awalnya seblak itu nama bumbu yang terbuat dari kencur atau cikur dalam bahasa Sunda. Namun sesuai perkembangan, saat ini seblak sudah mulai hadir dengan bermacam varian dan cita rasa yang berbeda-beda seperti seblak rendang, seblak ceker, seblak macaroni, seblak bakso, sebalak ceker dan seblak-seblak lainnya.

Tidak susah kok membuat seblak. Cukup siapkan saja kerupuk aci, kerupuk udang dan tumisan bumbu-bumbu pedas, serta tambahkan aneka-aneka toping lainya, dan seblak varian kamu siap disantap. Nah, bagi kamu yang ingin mencicipi seblak dengan berbagai varian rasa yang terkenal dan digemari saat ini.  Berikut 6 resep seblak yang bisa kamu coba.

1. Seblak ceker jeletet, level super pedas yang bisa bikin perut kamu meler

pedes level dewa

pedes level dewa via pinterest.com

Resep varian pertama yang bisa kamu coba adalah seblak ceker jeletet. Berbeda dengan seblak biasanya yang cuma kolaborasi kerupuk dan bumbu pedas saja.  Tidak ada salahnya kamu coba tambahakan rebusan ceker jeletet kedalam adonan bumbu seblakmu. Penikmat ceker pastinya harus coba seblak ceker ini, lho. Dijamin bakal nagih untuk membuatnya lagi.

Advertisement

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat seblak ceker jeletet ini: 5 buah ceker ayam, 3 buah sayap ayam, 5 Biji tahu, 5 biji bakso dan sediakan makaroni secukupnya. Untuk bumbu-bumbunya sediakan  kencur, 3 bawang putih, 20 buah cabe rawit dan 10 buah cabe merah ( Untuk level pedasnya bisa disesaikan dengan keiningan anda), gula dan garam secukupnya, 1 batang daun bawang, 400 ml air dan minyak goreng.

Untuk info lebih lengkapnya silahkan coba disini

P.S: Level pedasnya bisa menyesuaikan dengan selera dan ketangguhan lidah kamu ya, biasanya semakin pedas seblak yang kamu bikin semakin

2. Seblak bakso kuah rendang, dijamin bisa bikin lidah kamu bergoyang

rancak bana

rancak bana via sajiansedap.com

Ingin merasakan kelezatan seblak dengan sensasi rasa yang lain? Kira-kira pernah bayangin gak kalau seblak ditambah dengan rasa redang yang sudah terkenal enaknya itu. Kira-kira seperti apa ya rasanya? Yuk kita buat sekarang.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan diantaranya, kerupuk oranye, bakso yang sudah dipotong-potong, taoge secukupnya, garam, gula pasir, merica masing-maisng cukup setengah sendok teh saja, 500 ml air, Bawang goreng, minyak secukupya, bumbu bawang dan cabai yang yang sudah dihaluskan dan jangan lupa siapakan bumbu rendang yang sudah siap pakai.

Untuk panduan lebih lengkapnya, silahkan klil saja disini.

Selamat menikmati, jangan lupa dibagi-bagi dan buatin untuk tetangga sebelah juga ya.

3.  Seblak makaroni sosis, makanan sederhana bisa disantap kapan aja

Resep selanjutnya adalah seblak makaroni sosis. Ini mungkin keliatan sederhana saja, tidak ada yang spesial. Cuma ada makaroni dan tambahan sosis. Tapi buat kamu pemula dan baru pertama kali membuat seblak. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba resep berikut ini.

Yang harus kamu siapkan :

  • Kerupuk warna warni
  • Makaroni (boleh jenis kerang, pipe atau spiral)
  • 2 kotak sosis rasa ayam atau sapi sesuai selera
  • 1 siung awang putih , cabai rawit dan daun bawang diiris tipis
  • 1 butir telor, garam dan  lada bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa kalau butuh, dan 700 ml air.

 Angkat dan sajikan selagi hangat, dan seblak sosis ini bisa kamu makan sebagai camilan ataupun dimakan bersama nasi. Lebih enak lagi ditambah dengan saos sambal padang. Mantap banget deh pokoknya.

Untuk pembuatan lebih lengkapnya, silakan klik disini

4. Seblak basah khas Bandung, cara buatnya mudah kok. Dijamin bikin kamu ketagihan

enak parah

enak parah via berrykitchen.com

Saat ini banyak sekali dari pedagang kuliner yang menjual seblak basah khas Bandung. Tapi, hati-hati kalau ingin membelinya bisa jadi rasa tidak sesuai dengan lidah. Jika rasanya susah menemukan seblak yang sesuai lidah kamu serta tidak mungkin kamu pergi ka Bandung untuk mencicipinya. Gampang, kamu  bisa membuatnya sendiri dirumah kok. Ini resep langsung dari penjual seblak Bandung, lho. Cara membuatnya sangat mudah dan “yummy” pasti enak dan bikin ketagihan. Baiklah, ini resepnya.

  • Kerupuk kanji atau kerupuk bawang
  • 1 butir telor ayam, sosis bisa diganti bakso atau sesuai selera kamu
  • Daun bawang, bawang merah dan bawang putih
  • 1 butir kemiri ( boleh ada ata tidak),
  • 1 sachet bubuk kencur, cabe rawit, garam dan gula secukupnya,
  • Kecap manis, bubuk kaldu untuk penyedap rasa, dan bawang goreng.

Cara pembuatannya hampir sama dengan pembuatan seblak seperti biasanya. tapi pastikan semua adonana ditumis dan airnya jangan sampai kurang ya. Untuk cara pembuatanya lebih lengkap, silahkan kepoin aja disini

Kalau kamu sudah selesai membuatnya, silahkan di bandingin dengan seblak yang kamu beli diwarung biasanya. Gimana? lebih enak yang kamu bikin sendiri kan

5. Seblak fusili daging asap. Siap-siap menyantap berbagai campuran adonan dengan rasa yang sedap

Seblak tidak hanya bisa dikolaborasikan dengan makanan khas Indonesia saja. Menggabungkan seblak dengan makanan luar negeri kayaknya harus kamu coba deh . Paduan makanan seblak dengan spageti, pasta, bowties atau fettucini. Rasanya akan menciptakan berbagai varian rasa yang unik dengan bentuk yang sangat menarik. Kali ini kita akan membuat Seblak dengan tambahan fusili daging asap. Penasaran seperti apa resepnya.

Yang harus kamu siapkan :

  • 1 bungkus mie ayam bawang  dan 1 butir telur
  • 1 lembar smoked beef yang sudah siap saji
  • 200 gr fusili, 250 gr kol
  • 3 siung bawang merah,bawang putih dan  kencur
  •  garam, cabe rawit, kecap secukupnya.

Rebuslah fusili lebih kurang selama 3 menit dan pastikan daging asapnya diiris tipis ya. Nah, buat cara lebih lengkapnya bisa kamu klik saja disini . Selamat mencoba dan selamat menikmati ya. Cobalah kolaborasikan dengan masakan lain, mana tau kamu bisa menemukan rsesep sendiri.

6. Seblok alias seblak cilok, kolaborasi makanan sunda yang sangat menggoda

seblok ( seblak cilok)

seblok ( seblak cilok) via yantibonti.blogspot.co.id

Dalam istilah bahasa sunda cilok itu adalah singkatan dari Aci dicolok. Biasanya cilok ini dinikmati sebagai cemilan  dan jadi makanan andalan dalam kehidupan sehari-hari.  Namun, gimana rasanya kalau makanan cilok diberi bumbu seblak? Cilok yang rasanya kenyal diolah jadi seblak menghasilkan rasa yang sedap mantap. Masih belum terbayang? Yukk.. langsung aja agar kamu bisa merasakan kelezatannya ikuti saja resepnya di bawah ini berikut bahan-bahan yang di butuhkannya.

  • 2 genggam kerupuk mentah (rendam air sampai lunak)
  • 1 butir telur, kocok
  • 2 buah bawang putih,4 bh bawang merah
  • 10 buah cabe rawit (atau sesuai selera)
  • 3 cm kencur dan 300 ml air
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 mangkuk cilok
  • Secukupnya sayuran (misal sawi dll sesuai selera) bubuk kaldu
  • Secukupnya garam,  gulpas, minyak utk menumis
  • dan  bawang goreng

Untuk pembuatanya sendiri dibutuhkan waktu lebih kurang sekitar 25 menit untuk proses siap saji. Oh iya, jangan terlalu pelit untuk menambahkan bumbunya ya. Kalau sekiranya rasanya masih kurang, jangan sungkan-sungkan untuk menambah perasa lainnya. Untuk cara lebih lengkapnya. silhakan langsung saja kesini

Dari 6 resep seblak tadi mana yang paling bikin kamu ngiler dan ingin segera mencobanya? Yuk segera dibuat dan ceritakan hasil akhirnya ke Hipwee lewat kolom komentar ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya