Tips dan Cara Bayar Tagihan Listrik PLN, Supaya Tidak Kena Denda

Bayar tagihan listrik tepat waktu adalah suatu kewajiban bagi setiap pengguna layanan listrik di Indonesia. Jika tagihan listrik tidak dibayar tepat waktu, maka bakal ada denda. Denda yang dikenakan untuk setiap keterlambatan pembayaran bisa berbeda-beda tergantung dari besaran tagihan dan lama keterlambatan pembayaran.

Advertisement

Seperti berita yang kemarin viral terkait pelawak senior Tarzan Srimulat yang terkena denda PLN sampai 90 juta rupiah. Setelah ditelusuri, denda itu berasal dari tagihan dan dugaan pencurian listrik dari pemilik rumah Tarzan sebelumnya. Sobat Hipwee bisa baca kasus Tarzan selengkapnya di sini.

Selain harus hati-hati memeriksa tagihan dan riwayat pembayaran listrik jika membeli rumah bekas orang lain, sudah seharusnya kita membayar tagihan listrik PLN dengan tepat waktu supaya tidak kena denda. Berikut tips yang bisa SoHip gunakan:

  • Buatlah jadwal pembayaran 
Advertisement

Membuat jadwal pembayaran tagihan listrik adalah langkah yang sangat penting untuk menghindari keterlambatan pembayaran. Jadwal ini dapat membantu kamu mengingat kapan tagihan listrik jatuh tempo dan mengatur keuangan agar tidak terlalu terbebani pada akhir bulan.

  • Gunakan metode pembayaran yang tepat 

PLN menyediakan beberapa metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan dalam membayar tagihan listrik. Metode pembayaran yang tersedia antara lain melalui bank, kantor pos, minimarket, dan internet banking. Pilihlah metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.

  • Gunakan layanan auto-debit

Layanan auto-debit dapat membantu kamu membayar tagihan listrik secara otomatis setiap bulannya. Dengan mengaktifkan layanan ini, kamu tidak perlu repot-repot membayar tagihan listrik setiap bulan dan dapat menghindari keterlambatan pembayaran.

  • Lakukan pembayaran secara online

Salah satu cara yang paling mudah untuk membayar tagihan listrik adalah dengan menggunakan layanan pembayaran online. Dengan layanan ini, kamu dapat membayar tagihan listrik kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi atau website yang tersedia. Kamu juga dapat menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan listrik dan menghindari denda.

  • Cek tagihan secara berkala

Cek tagihan secara berkala dapat membantu kamu menghindari tagihan listrik yang tidak terbayar dan membantu mengatur keuangan rumah tangga dengan lebih baik. Pastikan untuk selalu memeriksa tagihan listrik setiap bulannya dan membayar tagihan tepat waktu.

Dengan menerapkan tips di atas, SoHip dapat menghindari denda keterlambatan pembayaran tagihan listrik dan mengatur keuangan rumah tangga dengan lebih baik. Selalu ingat bahwa membayar tagihan listrik tepat waktu adalah suatu kewajiban bagi setiap pengguna layanan listrik di Indonesia.

Pembayaran tagihan listrik PLN ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Berikut ini adalah beberapa cara bayar listrik PLN yang bisa SoHip lakukan:

  1. Bayar di kantor PLN terdekat

Cara yang paling tradisional dan mudah dilakukan adalah dengan membayar langsung di kantor PLN terdekat. Kamu bisa mengunjungi kantor PLN terdekat yang berada di kota atau wilayahmu dan membayar tagihan listrik secara langsung di loket pembayaran. Pastikan kamu membawa tagihan listrik terbaru agar pembayaran bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Bayar melalui internet banking

Selain cara tradisional, kamu juga bisa membayar tagihan listrik PLN melalui internet banking. Kamu bisa menggunakan fasilitas internet banking dari bank yang kamu gunakan untuk membayar tagihan listrik. Caranya cukup mudah, cukup login ke internet banking, pilih menu pembayaran, pilih pembayaran tagihan listrik PLN, masukkan nomor meteran dan jumlah tagihan yang ingin dibayarkan, dan ikuti instruksi yang ada.

  1. Bayar melalui mobile banking

Selain internet banking, kamu juga bisa membayar tagihan listrik PLN melalui mobile banking. Caranya hampir sama dengan internet banking, namun kamu bisa mengaksesnya melalui aplikasi mobile banking yang ada di smartphone kamu. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi mobile banking dari bank yang kamu gunakan, login ke aplikasi, pilih menu pembayaran, pilih pembayaran tagihan listrik PLN, masukkan nomor meteran dan jumlah tagihan yang ingin dibayarkan, dan ikuti instruksi yang ada.

  1. Bayar melalui aplikasi PLN Mobile

PLN Mobile adalah aplikasi resmi dari PLN yang bisa kamu gunakan untuk membayar tagihan listrik. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi, kamu bisa login menggunakan nomor meteran dan ID pelanggan yang tertera pada tagihan listrik. Kamu bisa membayar tagihan listrik dengan menggunakan saldo OVO atau Gopay yang kamu miliki.

Nah, itu tadi beberapa tips supaya tidak telat membayar tagihan listrik dan cara bayar tagihan listrik PLN yang bisa SoHip lakukan. Pilihlah cara yang paling mudah dan nyaman untuk kamu lakukan. Pastikan kamu selalu membayar tagihan listrik tepat waktu agar tidak terkena denda atau pemutusan aliran listrik. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE