Cara Cek Ijazah di Dikti untuk Identifikasi Keaslian atau Melamar Kerja

Disuruh cantumin nomor ijazah padahal lupa ijazahnya naroh di mana. Nah, pakai cara ini aja!

Pernah nggak sih Sobat Hipwee ragu tentang asli atau tidaknya ijazah yang sudah dimiliki? Kalau pernah, jangan bimbang dulu deh. Sekarang, kita bisa lo mengetahui cara cek ijazah yang terdaftar di Dikti. SoHip bisa melakukan cara cek ijazah di Dikti untuk melihat keabsahan dokumen kelulusan perguruan tinggi atau universitas yang dimiliki. Cara cek ijazah asli di Dikti ini hanya berlaku untuk jenjang perguruan tinggi atau universitas saja ya, SoHip. Sedangkan cara cek ijazah sma di Dikti bisa menggunakan cara lain. Begitu juga untuk ijazah SD dan SMP.

Advertisement

Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) membuat layanan untuk mengecek keabsahan ijazah. Tujuannya adalah untuk menghentikan munculnya ijazah palsu. Cara cek ijazah dilakukan untuk melihat keasliannya yang diperuntukkan dalam berbagai kepentingan, terutama ketika sedang mencari pekerjaan yang mengharuskan mencantumkan nomor ijazah asli seperti tes CPNS.

Ketahui dulu letak nomor seri ijazah

Di dalam lembar ijazah pasti terdapat nomor seri ijazah. Biasanya nomor seri ijazah bisa SoHip temukan di bagian sudut kanan atas lembar ijazah. Ada beberapa kampus yang meletakkan nomor seri ijazah pada bagian tengah lembar ijazah. Nomor ijazah biasanya berisi No/Nomor/Nomor Ijazah/Nomor Seri Ijazah.

Penulisan nomor ijazah diawali oleh kode huruf kampus kemudian angka registrasi mahasiswa. Terkadang SoHip juga akan menemukan simbol garis miring (/) atau strip (-) di antara kode huruf kampus dan kode angka registrasi. Ini penting diketahui sebagai langkah awal untuk cek nomor ijazah di dikti.

Advertisement

Cek ijazah Dikti melalui SIVIL

SIVIL

SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik | Credit: https://ijazah.kemdikbud.go.id/index.php/

Cara untuk mengecek keaslian ijazah adalah melalui SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Cara cek ijazah di Dikti online ini digunakan untuk mempermudah para pemilik ijazah agar bisa mengetahui ijazah yang dimilikinya asli atau palsu. SIVIL bisa diakses melalui alamat ijazah.kemdikbud.go.id/index.php.

Berikut merupakan cara untuk mengecek ijazah S1 yang terdaftar di Dikti:

  1. Cek ijazah Dikti dengan membuka browser di laptop atau PC.
  2. Masukkan alamat SIVIL https://ijazah.kemdikbud.go.id/index.php/ pada kolom peramban.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke halaman SIVIL, masukkan data yang dibutuhkan.
  4. Pilih perguruan tinggi dengan memasukkan nama resmi perguruan tinggi. Jangan gunakan singkatan untuk data ini.
  5. Kemudian, pilih program studi. Perhatikan baik-baik agar program studi yang kamu pilih sesuai jenjang. Misalnya, jangan pilih S3 apabila ijazah yang kamu miliki adalah S1 saja.
  6. Lalu, ketik nomor ijazah pada kolom yang disediakan. Kamu dapat memperoleh nomor ini di ijazah yang kamu miliki. Gunakan Nomor Ijazah Nasional dan buka nomor seri ijazah dari perguruan tinggi.
  7. Jawab pertanyaan angka pengaman sebagai metode konfirmasi.
  8. Langkah terakhir dari cara cek ijazah Dikti dilakukan dengan melakukan klik pada tombol ‘Verifikasi’.

Baca konten menarik seputar cara mendapat side jobCara Jadi Penulis Fiksi Wattpad yang Dibayar. Dibocorkan Ahlinya, nih~

Jangan tergiur ijazah palsu

Ilustrasi ijazah palsu

Ilustrasi ijazah palsu | Credit: viva.co.id

Ijazah didapat itu butuh perjuangan dan doa ya SoHip. Namun, bagi orang-orang yang hanya berpikir mau enaknya saja tanpa melalui proses yang panjang, ijazah palsu bisa saja menjadi solusi jitu. Padahal, sudah jelas tertuang dalam pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 69 ayat 1 yang berbunyi:

“Setiap orang yang menggunakan ijazah, sertifikat kompetensi, gelar akademik, profesi, dan/atau vokasi yang terbukti palsu dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (lima ratus juta rupiah).”

Hanya karena ingin segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, lalu dengan sadarnya menghalalkan cara untuk mempunyai ijazah dari universitas impian. Walaupun itu semua hanya mimpi yang dibungkus dengan ijazah imitasi. Duh, jangan sampai melakukan itu deh SoHip.

Itulah langkah-langkah atau cara cek ijazah asli di Dikti secara online yang bisa SoHip praktikkan. Yuk, mulai cek asli atau tidaknya ijazah yang dimiliki.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

"Jangan bosan jadi orang baik."

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE