Cara Daftar PayPal untuk Pribadi dan Bisnis. Lengkap dan Mudah!

Transaksi secara internasional kini kerap dibutuhkan untuk berbelanja, berbisnis, atau bahkan berinvestasi. Namun, transaksi online banking kebanyakan hanya terbatas pada satu negara saja. Hal itu menjadi alasan banyak orang menggunakan PayPal untuk melakukan transaksi lintas negara. PayPal merupakan salah satu platform pembayaran secara daring yang bisa digunakan di seluruh dunia.

Advertisement

Layaknya rekening bank, PayPal bisa menerima dan mengirim uang dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit. Selain itu, kamu juga bisa mencairkan uang yang ada di PayPal ke rekening bank milikmu. Perusahaan yang berpusat di California, Amerika Serikat ini juga menjamin transaksinya memiliki keamanan tingkat tinggi.

Transaksi keuangan Paypal sebelumnya menggunakan cek atau wesel pos, tetapi kini mereka menggunakan email pengguna untuk bertransaksi. Fitur transaksi mereka bisa dikatakan cukup aman karena telah digunakan oleh berbagai kalangan. Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan platform ini untuk memudahkan transaksi internasional, Berikut cara daftar PayPal di Indonesia yang bisa kamu ikuti. Simak, yuk!

Syarat mendaftar PayPal

cara daftar paypal

syarat daftar PayPal

Sebagai calon pengguna baru PayPal, kamu perlu mempersiapkan beberapa syarat untuk melakukan pendaftaran. Pertama, pastikan kamu sudah berusia di atas 18 tahun saat akan membuat akun Paypal. Setelah itu, cara daftar PayPal juga dengan email dan nomor ponsel yang masih aktif. Jangan lupa juga untuk menyiapkan nomor rekening kartu debit atau kartu kredit milikmu.

Advertisement

Cara daftar PayPal untuk pribadi

cara daftar paypal

daftar PayPal untuk pribadi | Photo by nappy from Pexels

PayPal memiliki dua jenis rekening yang ditawarkan, yakni rekening personal dan rekening bisnis. Akun PayPal pribadi digunakan untuk menerima pembayaran atau mengirim uang ke berbagai negara, misalnya berbelanja di e-commerce. Ada banyak toko daring yang bisa digunakan untuk berbelanja lintas negara, seperti Amazon, Alibaba, AliExpress, dan eBay.

Fitur rekening personal PayPal ini bisa memudahkan kamu mengakses belanja daring ke penjual di seluruh dunia tanpa dikenakan biaya tambahan saat pembayaran. Selain itu, kamu juga bisa mengirim dan menerima pembayaran lintas negara cukup dengan sekali klik. Berikut cara mendaftar PayPal pribadi di tahun 2022 ini.

  1. Buka laman resmi PayPal.
  2. Klik menu “Daftar” yang ada di bagian kanan atas.
  3. Pilih “Rekening Pribadi”, lalu klik berikutnya.
  4. Isi informasi data pribadi di kolom yang tersedia, lalu klik “Setuju dan Buat Rekening”.
  5. Lakukan konfirmasi dengan memasukkan kode verifikasi, klik “Lanjutkan” dan klik “Masuk Rekening Saya”.
  6. Tunggu verifikasi alamat email dan nomor ponsel, lalu login PayPal dengan memasukkan email dan password yang sudah terdaftar.
  7. Akun PayPal pribadi berhasil dibuat.
Advertisement

Cara daftar PayPal untuk bisnis

cara daftar paypal

PayPal bisnis | Photo by nappy from Pexels

Bagi kamu pebisnis yang memerlukan pembayaran efektif lintas negara, kamu bisa memanfaatkan platform PayPal. Dengan akun bisnis PayPal, kamu bisa memantau aktivitas bisnis dan mengidentifikasi para pelanggan. Akun ini juga bisa diakses lebih dari 200 akun karyawan.

Fitur yang diberikan di rekening PayPal bisnis di antaranya bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan di seluruh dunia, mengelola pembayaran dengan mudah, hingga memberikan sistem perlindungan dari aksi penipuan selama 24 jam. Cara daftar PayPal bisnis adalah sebagai berikut.

  1. Buka laman resmi PayPal.
  2. Klik menu “Daftar” yang ada di bagian kanan atas.
  3. Pilih “Rekening Bisnis”, lalu klik berikutnya.
  4. Pilih “Status Pemilik Rekening”, lalu klik berikutnya.
  5. Tambahkan nomor telpon seluler yang aktif, klik berikutnya.
  6. Isi data diri.
  7. Klik “Buat Rekening”.
  8. Tunggu verifikasi alamat email atau nomor telepon.
  9. Akun PayPal bisnis berhasil dibuat.

Aktivasi akun PayPal dengan atau tanpa kartu kredit

cara daftar paypal

aktivasi akun PayPal | Photo by Pixabay via Pexels

Setelah mendaftar akun PayPal, kamu perlu melakukan aktivasi agar bisa digunakan untuk mengirim dan menerima uang. Cara daftar dan aktivasi PayPal ini bisa dilakukan dengan atau tanpa kartu kredit. Namun, jika menggunakan kartu debit, pastikan kartu debit milikmu berlogo Mastercard atau Visa. Berikut cara aktivasi akun PayPalmu.

  1. Buka laman resmi PayPal.
  2. Masuk ke akun PayPal milikmu dengan memilih menu “Masuk”.
  3. Di halaman “Summary“, pilih halaman “Wallet” yang ada di atas halaman.
  4. Klik “Link a debit or credit card“.
  5. Untuk melakukan aktivasi akun, kamu memerlukan kartu debit atau kredit dengan saldo minimal 1,95 USD (sekitar Rp 30.000).
  6. PayPal secara otomatis akan memotong saldo kartumu sebesar nominal yang kamu tulis.
  7. Masukkan informasi kartu, berupa nomor kartu, tipe kartu, serta card verification value (CVV) yang ada di kartu debit atau kreditmu.
  8. Setelah selesai, klik “Link Card“.
  9. Tunggu 2-3 hari, setelah itu akun PayPal-mu siap digunakan.

Demikian cara daftar PayPal pribadi maupun bisnis yang bisa kamu lakukan secara mudah, termasuk di HP androidmu. Cara mengaktivasi PayPal ini pun bisa dengan  dengan rekening bank yang telah kamu miliki. Dengan begitu, kamu pun bisa melakukan transaksi pembayaran secara daring antarnegara dengan mudah dan cepat sesuai dengan kepentingan masing-masing pengguna.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE