Cara Expert Seduh Kopi Instan di Rumah, Biar Serasa Ngopi Buatan Barista

Tips Menyeduh Kopi Instan

Bagi pecinta kopi, menyeruput kopi seduhan barista di kafe adalah suatu kenikmatan tersendiri. Karena pastinya seorang barista menyeduh kopi dengan teknik tertentu, sehingga rasa kopinya pun bisa nendang dan pas.

Sayangnya, nggak setiap saat kita bisa pergi ke kafe untuk merasakan kopi buatan barista. Apa lagi di masa pandemi seperti ini di mana ngopi yang paling aman adalah di rumah saja. Nah, sebenarnya kamu bisa juga, lho, membuat kopi instan di rumah dengan rasa yang seenak buatan barista. Caranya bagaimana? Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menyeduh kopi instan, biar hasilnya sebelas-dua belas dengan buatan barista.

1. Jangan air keran, gunakan air mineral yang direbus hingga mendidih

Gunakan air mineral yang mendidih | ArLawKa AungTun/iSTockphoto via www.hipwee.com

Rasa kopi buatanmu sangat dipengaruhi dengan air yang kamu gunakan. Karena itu, hindari memakai air keran. Apa lagi jika air keran di rumah memiliki rasa, seperti yang sering terjadi di kota-kota besar. Bisa-bisa rasa kopimu jadi tercemar. Agar nggak cita rasa kopimu nggak rusak, gunakan air mineral yang direbus hingga mendidih, ya.

2. Tambahkan air dingin satu sendok makan sebelum menuang air mendidih

gunakan air dingin terlebih dahulu | Olga Evtushkova / iStockphoto via www.hipwee.com

Trik yang satu ini berasal dari Jepang, lho. Saat menyeduh kopi instan, jangan langsung menyeduhnya dengan air panas. Pertama-tama, gunakan satu sendok makan air dingin untuk mencairkan bubuk kopi di cangkirmu. Setelah mencair, baru tuangkan air mendidih dan aduk hingga melebur sepenuhnya. Teknik ini dipercaya bisa mengeluarkan aroma kopi dan membuatnya terasa lebih lembut.

3. Takaran air harus pas

Takaran kopi dan air harus pas | Wachiwit / iStockphoto via www.hipwee.com

Menyeduh kopi instan yang pas memang nggak bisa dilepaskan dari perkara air. Satu sachet kopi instan dibuat untuk takaran air tertentu. Jika kamu menggunakan terlalu banyak air, kopimu pun akan encer dan rasanya kurang nendang. Kecuali jika kamu memiliki selera tertentu, gunakan takaran air yang pas saat menyeduh kopi instan. Agar tidak terlalu kental ataupun terlalu encer.

4. Pilih kopi instan yang berkualitas

Pilih kopi yang berkualitas | Roberto Cervantes/Pexels via www.hipwee.com

Yang paling penting tentu memilih kopi instan yang berkualitas. Percuma saja menggunakan air yang bagus dan memakai takaran yang benar, jika dari sananya rasa kopi instan yang kamu pilih memang kurang nendang. Nah, kopi instan yang berkualitas bisa dilihat dari beberapa hal, seperti jenis biji kopi yang digunakan, proses pembuatannya, hingga kandungan-kandungan lain di dalamnya. Salah satu contohnya adalah Barista Special Blend by Top Coffee. Produk terbaru dari Top Coffee ini menawarkan kopi gula instan dengan rasa yang klasik seperti racikan barista. 

Barista Special Blend by Top Coffee terbuat dari perpaduan kopi robusta dan arabika premium yang diolah dengan cara modern. Nggak heran jika rasa yang dihasilkan pun berkualitas tinggi. Selain itu, Barista Special Blend by Top Coffee hanya menggunakan kopi dan gula asli, lho. Alias tanpa pemanis buatan. Dengan Barista Special Blend by Top Coffee, secangkir kopi hitam buatanmu akan terasa nendang dan senikmat buatan barista. Cobain, deh!

5. Jika kamu pecinta es kopi, maka gunakan es batu yang terbuat dari kopi pula

Hindari menggunakan es batu biasa | jcomp / Freepik.com via www.hipwee.com

Meski kopi instan umumnya dibuat untuk minuman panas, tetapi kamu juga bisa membuat es kopi yang sedap dari kopi instan. Tinggal menambahkan es batu saja pada segelas kopi instan yang sudah diseduh. Eits, ada tapinya, nih. Supaya rasa es kopimu tetap mantap, gunakan es batu yang terbuat dari kopi juga, ya.

Jadi, kamu bisa menyeduh kopi instan untuk dibuat es batu. Next, saat es batu kopi sudah siap, kamu tinggal memasukkan es batu tersebut di secangkir kopi yang sudah kamu seduh. Pasti beda, deh, rasanya dengan es kopi yang kamu buat dengan es batu biasa.

Nah, ada kabar baik nih buat kamu para pecinta kopi. Hipwee percaya bahwa selalu ada cerita di balik secangkir kopi. Karena itu, buatmu yang kangen jalan-jalan berburu kopi, Hipwee dan Barista Special Blend by Top Coffee ingin mengajakmu jalan-jalan virtual ke Kota Lama Semarang, nih. Lumayan ‘kan buat pengobat rindu, sembari nambahin list destinasi yang ingin benar-benar kamu kunjungi saat situasi sudah memungkinkan lagi. Apalagi dalam virtual trip ini kamu bakal ditemani Barista Special Blend by Top Coffee. Kapan lagi coba bisa “ngetrip” ditemani kopi instan kesayangan?

Hmm, kira-kira di Kota Tua Semarang nanti bakal ke mana aja, ya? Apakah akan bersantai di Taman Srigunting? Atau mungkin mengunjungi Gereja Blenduk yang estetik? Atau malah menyusuri museum-museum di sekitar Kota Lama? Jawabannya cuma bisa kamu dapatkan di Virtual Trip Bersama Barista Special Blend by Top Coffee ke Kota Lama Semarang tanggal 25 September 2021 pukul 15.00 WIB. Kamu bisa mengikuti virtual trip ini melalui zoom webinar dan channel YouTube serta Live Facebook Hipwee. Yuk, daftar dulu melalui bit.ly/topcoffeetrip.

Jangan lupa siapkan secangkir Barista Special Blend by Top Coffee untuk teman ‘jalan-jalan’. Sampai ketemu virtual di Semarang!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi