Prokrastinasi atau kebiasaan menunda pekerjaan membuat sesuatu yang kita kerjakan tak kunjung selesai. Dalam aktivitas sehari-hari, seringkali kita dihadapkan pada godaan yang satu ini. Selalu ada saja yang membuatmu menunda pekerjaan. Mulai dari ajakan ngobrol dari teman, mention di twitter, atau bahkan suhu udara di dalam kantormu.

Ini saatnya kamu lawan kebiasaan prokrastinasimu. Di artikel ini Hipwee akan memberikan cara-cara jitu supaya kamu bisa fokus menyelesaikan pekerjaan. Ucapkan selamat tinggal pada predikat penunda pekerjaan tingkat dewa!

1. Jauhkan Telepon Pintar Dari Jangkauanmu

hindari telepon pintarmu! via blog.gotoohlala.com

Gangguan kecil bisa datang dari sekitarmu. Mulai dari ajakan ngobrol dengan teman kerja, godaan mengecek ponsel dan lini masa jejaring sosial, hingga musik yang justru membuyarkan konsentrasi. Tapi harus diakui, ponsel pintar-lah yang sering jadi godaan besar dalam usaha fokus di depan pekerjaan.

Singkirkan telepon genggammu sebentar saja, jangan menelpon, jangan SMS-san, jangan cek lini masa jejaring sosial yang riuh. Lakukan itu dalam waktu 1-2 jam. Camkan di otak kamu: KAMU HARUS SEGERA MENYELESAIKAN TUGAS INI!

Advertisement

Fokuskan dirimu pada tugas saat itu. Jangan pedulikan hal-hal kecil yang ada di depanmu. Intinya: FOKUS!

2. Cobalah Berjalan-Jalan Sejenak Sebelum Melakukan Pekerjaanmu

Jalan-jalan sejenak via www.chimesdesign.com

Ambil waktu sejenak di pagi hari untuk berjalan-jalan menikmati udara pagi dan rasakan sejuknya hembusan angin pagi. Saat berjalan-jalan, pandangi pepohonan di sekitarmu. Dengan cara ini, pikiran dan tubuhmu bisa ebih rileks dan siap menghadapi pekerjaan yang akan datang.

Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian di Universitas Michigan. Hasilnya, orang-orang yang melakukan jalan pagi 10 menit setiap harinya bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan lebih baik daripada yang tidak melakukannya. So, jangan malas untuk jalan kaki pagi-pagi ya, guys!

3. Temukan Satu Waktu Dalam Sehari Dimana Kamu Bisa Sangat Fokus

Temukan saat yang pas untuk fokus via blogs.smeal.psu.edu

Dalam satu hari, kamu pasti punya satu momen dimana fokus dan konsentrasimu berada dalam kondisi paling prima. Kamu mungkin tidak menyadarinya, tapi jika dimanfaatkan dengan baik waktu emas ini bisa meningkatkan produktivitasmu berlipat ganda. Kenali dan manfaatkan waktu terbaikmu ini.

Misal saja, kamu mungkin lebih fokus menyelesaikan tugasmu di jam 9 pagi-12 siang, atau ada juga jam 2 siang-5 sore, atau bahkan ada yang larut malam. Pelajari siklus tubuhmu. Dengan menemukan satu waktu yang pas, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu tanpa terganggu.

4. Berikan Penghargaan Pada Dirimu Sendiri

menghadiahi diri dengan belanja, nggak apa-apa kok via www.21stcenturynews.com.au

Setelah berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, berikanlah penghargaan pada dirimu sendiri. Kamu bisa berbelanja, main game, makan enak, atau jalan-jalan keluar kota. Upayamu untuk fokus layak dihargai, kamu pantas mendapatkan hal-hal menyenangkan setelah mampu menuntaskan kewajibanmu.

Rasa bangga dan penghargaan pada diri sendiri ini bisa membuatmu lebih bersemangat untuk melanjutkan ke to do lists selanjutnya yang sudah menanti. Jadi, gak ada ruginya ‘kan berbuat baik pada diri sendiri yang sudah bekerja keras?

5. Mulailah Duat ‘Done List

done-list via www.cleanmama.net

Kalau biasanya kamu terbiasa membuat to-do-list, saatnya kamu juga harus membuat done-list. Tulis segala kegiatan atau pekerjaan yang sudah kamu selesaikan. Pasang daftar tersebut di tempat yang mudah tersapu pandangan matamu. Cara ini bisa membuatmu mengetahui mana pekerjaan yang sudah kamu kerjakan dan apa yang harus kamu kerjakan selanjutnya.

Menciptakan done-list juga mampu jadi cara yang ampuh untuk melipatgandakan semangatmu. Daftar pekerjaan yang sudah selesai ini bisa jadi tanda bahwa kamu sudah berusaha keras untuk merampungkan berbagai kewajiban yang ada di bahumu. Akan ada rasa puas dan bangga setiap kamu melihat makin banyak tugas yang masuk ke dalam daftar ini.

6. Cek Surat Elektronikmu Cukup Satu Jam Sekali

Cek surat elektronik satu jam sekali via www.logovia.com.br

Buat kamu yang kini bekerja, menggunakan surat elektronik bisa menjadi salah satu ancaman dalam menyelesaikan pekerjaanmu. Kalau setiap menit kamu mengecek email-mu, gimana tugasmu mau selesai cepat? Yang ada justru perhatianmu akan tersedot untuk membalas berbagai e-mail yang masuk.

Lebih baik berikan batas waktu untuk mengecek surel setiap harinya. Cobalah dengan mengecek surel setiap satu jam sekali. Setelah cek, buat prioritas: mana yang harus langsung dibalas, mana yang bisa menunggu sampai pekerjaanmu selesai. Tutup tab surell di halaman komputermu dan jangan mengecek ulang sampai batas waktu yang telah kamu tetapkan sendiri.

7. Pastikan Kamu Beristirahat Dengan Cukup

Tidur cukup,bangun un jadi segar via www.nordic-comfort.co.uk

Tidur yang cukup jadi kunci produktivitasmu di hari tersebut. Jika kamu punya siklus tidur yang cukup dan teratur, maka kinerjamu akan semakin baik dan sukar untuk terganggu dengan hal-hal yang nggak penting. Badanmu menjadi lebih segar dan siap menghadapi beragam tantangan yang muncul hari itu.

Pastikan dirimu mendapatkan waktu istirahat berkualitas tiap malamnya. Jauhkan gawai, matikan lampu, dan ciptakan pengalaman tidur dalam yang benar-benar bisa mengembalikan vitalitas tubuhmu.

8. Ambil Waktu Istirahat Pendek Diantara Kesibukanmu

Buat teh atauberbincang sejenak melepas penat via timemanagementninja.com

Kesibukan yang padat dengan tugas seabrek bisa membuat otak kita lelah dan sangat berpengaruh pada kinerja tubuh kita. Ambillah istirahat sejenak 5 menit di sela-sela kegiatanmu. Ngobrol sejenak dengan rekan kerja, gerakkan tubuhmu, atau buatlah minuman yang menyegarkan otakmu.

Semua itu bisa menjadi kegiatan yang bisa kamu lakukan saat kamu beristirahat. Kalau kamu butuh memejamkan mata sejenak, itu nggak masalah kok. Ambil waktu sejenak 5-10menit untuk memejamkan mata. Karena dengan begitu, otakmu bisa menjadi lebih segar dan mengembalikan fokusmu. Kehilangan waktu beberapa belas menit untuk beristirahat akan sebanding dengan suntikan semangat yang bisa kamu dapatkan.

9.  Tantang Dirimu Dengan Tugas-Tugas yang Menguji Kemampuan

Selalu tantang dirimu via galleryhip.com

Ya, tantang dirimu sendiri untuk melakukan pekerjaan yang menurutmu adalah sebuah tantangan. Kamu gak bisa desain drafis dan dapat tugas membuat konsep iklan perusahaan? Ambil saja tantangan tersebut, kerja keras, dan buktikan kalau kamu memang bisa melampaui batas kemampuanmu sendiri.

Dengan menantang dirimu untuk melakukan suatu pekerjaan, maka dirimu bisa semakin termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Semangatmu semakin menggebu-gebu apabila kamu sadar bahwa kamu bisa menyelesaikan pekerjaan menantang itu tepat waktu. Kalau sudah begini, tak ada lagi kesempatan untuk menunda ‘kan?

10. Bersikap Lembutlah Pada Dirimu Sendiri

Cintai dirimu sendiri dan jangan terlalu keras pada diri sendiri via emilysquotes.com

Kunci melawan prokrastinasi adalah dengan mengetahui kerja ritme tubuh dan otak diri sendiri. Banyak orang yang memaksa diri untuk bekerja, bekerja dan bekerja. Alhasil, tubuh dan otak menjadi panas dan kamu justru kelelahan. Semakin kamu memaksa dirimu untuk fokus pada satu kegiatan, maka niat prokrastinasi akan semakin kuat.

Ingatlah: tubuh dan otakmu butuh pendinginan sejenak. Seperti mesin yang digunakan secara terus menerus, maka mesin itu akan panas dan bisa rusak. Tubuh dan otak pun juga seperti itu. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, sebaliknya kenali lebih dalam ritme kinerja tubuh dan otakmu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan cara terbaik untuk melawan kebiasaan menunda pekerjaanmu.

Gimana, guys? Masih mau menunda pekerjaan? Saatnya kamu lawan segala bentuk PROKRASTINASI! Bikin hidupmu lebih berarti ya!