7 Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang Tanpa Catokan atau ke Salon

Cara meluruskan rambut

Tak bisa dimungkiri, ada beberapa orang yang bosan dengan tampilan rambutnya dan ingin mencari sesuatu yang berbeda. Jalan pintas seperti perawatan instan di salon pun jadi pilihan banyak orang untuk mendapat gaya rambut yang mereka inginkan. Namun, di balik cepatnya hasil yang diperoleh, justru cara tersebut berisiko merusak rambut karena penggunaan bahan kimia dan suhu yang tinggi, lo.

Advertisement

Pemakaian catokan ataupun curling iron secara rutin pun tak baik untuk kesehatan rambut tanpa dibarengi dengan pemakaian vitamin. Oleh karena itu, supaya rambut tetap terjaga tetapi tetap tampil gaya, berikut ini ada cara meluruskan rambut sendiri di rumah yang minim risiko, justru membuat tampilannya terlihat berkilau karena sehat. Yuk, langsung saja simak!

1. Cara meluruskan rambut yang kembang bisa menggunakan pembungkus rambut yang didiamkan semalaman, begini lo, caranya

Cara meluruskan rambut sendiri

Cara meluruskan rambut dengan pembungkus kepala | Credit: Shopee

Menggunakan kain turban atau satin bisa digunakan sebagai cara meluruskan rambut keriting tanpa rebonding. Ada pula yang membutuhkan penjepit rambut panjang sebagai alternatifnya. Cara meluruskan rambut tanpa catok ini dinilai efektif tanpa merusak kelembapan alami pada rambut. Berikut tahapannya:

  1. Rapikan rambut dengan sisir yang bergigi jarang agar tak menimbulkan tarikan yang terlalu kuat.
  2. Bagi rambut jadi beberapa bagian. Putar salah satu bagian berlawanan dengan arah jatuhnya rambut. Jika rambut kamu panjang bisa memutarnya menutupi seluruh area kepala.
  3. Setelah itu dijepit dan pastikan tak bergeser, lakukan langkah ini hingga semua bagian pada rambut habis.
  4. Bungkus kepala dengan kain turban atau satin dan diamkan semalaman.
Advertisement

2. Gunakan scrunchie sebagai cara meluruskan rambut yang bergelombang. Diamkan prosesnya selama beberapa menit supaya lebih rapi dan tampak lurus

Cara meluruskan rambut yang bergelombang

Cara meluruskan rambut dengan scrunchie | Credit: https://www.allthingshair.com/

Cara meluruskan rambut rebonding bisa menggunakan scrunchie. Kamu tak perlu khawatir harus terkena suhu panas catokan atau bahan kimia lainnya. Pilihlah bahan scrunchie yang menggunakan kain satin supaya lebih ‘ramah’ di batang rambut. Memang bukan cara meluruskan rambut secara alami, tetapi bisa bertahan beberapa jam sebelum kembali ke bentuk asli.

Cukup ikat kendur rambutmu yang sudah dikeramas bersih menggunakan empat atau lima buah scrunchie. Diamkan kurang lebih selama satu jam, maka rambut keritingmu akan terlihat lebi rapi dan tak begitu mengembang.

3. Cara meluruskan rambut secara alami dan permanen sehatnya bisa gunakan campuran tepung beras dan telur

Advertisement
Cara meluruskan rambut secara alami dan permanen

Masker tepung besar dan telur | Credit: Shawn-Olivier Boivin Blanchard

Tepung beras dan telur bisa dijadikan cara meluruskan rambut keriting secara alami. Campuran ini bisa melembutkan batang rambut sehingga teksturnya pun lebih rileks dan mudah untuk ditata.

Untuk pemakaian, pertama kamu bisa siapkan satu buah butir telur ayam pisahkan bagian kuning dan putihnya. Masukkan bagian putih ke dalam wadah, kocok hingga berbusa lalu campurkan 5 sendok makan tepung beras perlahan-lahan sampai berbentuk pasta kental. Aplikasikan pada rambut hingga ke ujungnya dan diamkan hingga 60 menit sampai campuran mengering, kemudian bilas.

4. Keringkan rambut menggunakan udara dingin bisa dicoba untuk meluruskan rambut, memakai hair dryer justru membuat rambut jadi mengembang, lo

Cara meluruskan rambut tanpa catok

Kurangi penggunaan hair dryer | Credit: Arun Sharma

Daripada menggunakan hair dryer, cukup keringkan rambut menggunakan udara dingin. Gunakan kipas atau alat pengering tanpa panas, kemudian pastikan kamu mengeringkan dari akar sampai ujung rambut. Cara membuat rambut lurus ini tak membutuhkan waktu lama, tetapi kamu pun perlu mengoleskan serum pelurus atau pelembap semprot sesudahnya. Jika alat pengering rambut sudah terbukti merusak batang rambut, penggunaan udara dingin ini lebih cenderung meminimalisir, menurut jurnal Annals of Dermatology.

5. Cara meluruskan rambut lelaki bisa pakai hair mousse, pijat ke seluruh rambut yang basah dan fokus pada bagian akarnya

Cara meluruskan rambut secara alami pria

Hair mousse untuk perawatan rambut pria | Credit: Allthingshair.com

Hair mousse bisa dipakai sebagai cara meluruskan rambut alami pria, penggunaannya pun mudah. Pertama, mencuci rambut dengan sampo kemudian diamkan hingga setengah kering. Ambil hair mousse seukuran gumpalan telur dan pijat ke seluruh bagian rambut. Bukan hanya membuat rambut menjadi lurus dan tertata, pemakaian hair mousse juga menambah volume pada rambutmu, lo. Jangan lupa gunakan sikat bulat atau sisir rambut ke bagian atas setelah kering.

6. Cara meluruskan rambut dengan bedak bayi cukup sederhana, kamu bisa gunakan seperti masker sebelum dibilas dengan air

Cara meluruskan rambut dengan bedak bayi

Meluruskan rambut dengan bedak bayi | Credit: Erick Larregui / Unsplash

Bukan hanya sebagai perawatan untuk anak kecil, bedak bayi juga berguna untuk alternatif pengganti catokan bagi rambut. Cara menggunakan bedak bayi, tambahkan sedikit air sebelum teksturnya berubah menjadi masker. Kemudian oleskan secara merata ke semua helai rambut. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan sampo sampai bersih. Hasilnya rambut akan terlihat lebih lurus dan halus. Untuk memaksimalkan bisa tambahkan conditioner khusus rambut lurus.

7. Banyak cara alami yang bisa memberikan efek lurus dan halus pada rambut. Kamu bisa mulai dengan gunakan minyak esensial atau masker rambut dari bahan alami

Cara meluruskan rambut menggunakan minyak zaitun

Perawatan rambut secara alami | Credit: Icons8 Team via unsplash.com

Beberapa perawatan alami juga mudah dilakukan di rumah. Mulai dari memakai lidah buaya sebagai masker rambut, semprotan susu, minyak zaitun hingga cuka sari apel. Hasil terbaik bisa terlihat jika dilakukan secara rutin. Cara ini memang tak memberikan efek permanen, tetapi justru rambut bisa sehat dan halus jika dilakukan secara rutin. Kamu juga perlu hindari kesalahan kecil seperti mengucir rambut dalam jangka waktu yang lama, ya.

Itulah deretan cara meluruskan rambut yang mengembang tanpa perlu catokan atau bahan kimia. Namun, kamu pun perlu menyesuaikan perawatan dengan kondisi rambutmu supaya hasilnya maksimal. Jadi, daripada gunakan alat yang berisiko merusak rambut, cara mudah di atas bisa langsung dipraktikkan. Semoga membantu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE