5 Cara Memasang Gorden yang Benar dan Mudah Sesuai Jenis Tirainya

Gorden hampir tidak pernah absen dari ornamen dekorasi. Pemilihan model, jenis kain, dan penempatannya sangat menentukan suasana yang ingin dibangun dari sebuah ruangan.

Advertisement

Lalu, bagaimana cara memasang gorden? Perlu kamu ketahui bahwa pemasangan gorden selalu disesuaikan dengan jenis tirai yang akan dipakai. Yuk, langsung cermati langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Cara memasang gorden model biasa

Cara memasang gorden

Cara memasang gorden biasa | Photo by Rob Wingate on Unsplash

Gorden model biasa adalah jenis tirai yang paling sederhana dan mudah dipasang. Tidak memiliki banyak lapisan dan cukup menyesuaikan dengan ukuran kerangka bagian atas jendela dan jenis penyangga gantungan gorden. Yuk, simak urutan pemasangan gorden model biasa berikut ini.

  • Ukur kerangka atas jendelamu yang akan digantungkan gorden. Tandai kedua ujungnya untuk memudahkan pemasangan penyangga.
  • Sesuaikan jenis penyangga gorden yang ingin kamu gunakan. Apabila ingin menggunakan cincin gorden, kamu cukup membeli penyangga berbentuk batang biasa. Kamu hanya perlu memasukkan cincin ke setiap ujung gorden dan mengaitkannya pada batang tersebut.
  • Ada juga jenis penyangga gorden jenis batang rel yang memiliki semacam lintasan untuk menarik kain gorden agar bisa tertutup dan terbuka. Kamu cukup memasangkan pengait pada rel ke setiap lubang di kain gorden.
Advertisement

2. Cara memasang gorden berponi

Cara memasang gorden berponi

Cara memasang gorden berponi | Photo by Mitchell Luo on Unsplash

Kamu butuh dua buah penyangga untuk memasang gorden berponi. Satu penyangga untuk gorden utama dan satu lagi untuk poninya. Penyangga pertama ditempatkan di belakang penyangga kedua. Urutan pemasangannya bisa dimulai dari gorden utama lalu diikuti poni gorden sebagai penutup. Caranya sama saja dengan memasang gorden model biasa sebelumnya.

Namun, ada alternatif lain kalau kamu ingin tetap menggunakan satu penyangga. Pasang penyangga rel khusus yang dapat menampung dua rel atau lebih dalam satu penyangga. Pasang gorden utama di rel pertama dan gantungkan di bagian belakang penyangga, paling dekat dengan kerangka jendela. Lalu, rel kedua untuk poni gorden, tempatkan di depan gorden utama.

3. Cara memasang gorden kupu-kupu

Cara memasang gorden kupu-kupu

Cara memasang gorden kupu-kupu | Credit by Pinterest

Sebelum memutuskan memakai gorden model ini, pastikan kerangka jendelamu cenderung tinggi dan sempit ya. Setelah itu barulah sediakan dua penyangga untuk bagian atas dan bawah kerangka. Kaitkan rel atau cincin pada kain gorden ke penyangga yang sudah dipasang. Atur kain gorden agar lebih rapi dan lipatannya tersebar rata. Terakhir, Ikat bagian tengah gorden dengan ornamen seperti tali, sabuk gorden, dan pita.

Advertisement

4. Cara memasang gorden roller blind

Cara memasang gorden roller blind

Cara memasang gorden roller blind | Photo by Ilya Ilford on Unsplash

Gorden model roller blind hadir dengan tampilan lebih minimalis. Biasanya banyak ditemui di perkantoran dan rumah-rumah bergaya modern. Lekat dengan kesan simpel, cara memasang gorden roller blind pun sangat mudah. Saat ini sudah banyak yang menjual satu paket gorden roller blind dan kamu hanya perlu memasangkan penyangga ke roller blind dan menempatkannya di jendela yang diinginkan.

Kemudian, pastikan remote control sudah aktif untuk menutup dan membuka gorden nantinya. Apabila kamu ingin cara yang manual, gorden jenis ini juga memiliki rantai yang bisa kamu tarik saat ingin menurup dan membuka gorden.

5. Cara memasang gorden tanpa penyangga rel

Cara memasang gorden tanpa penyangga

Cara memasang gorden tanpa penyangga | Photo by Eduard Militaru on Unsplash

Sebagian besar gorden memang dipasang menggunakan penyangga rel. Namun, bagi kamu yang ingin memasang gorden tanpa pengeboran tembok, tentu tidak bisa menerapkan deretan cara di atas. Solusinya, ganti penyangga rel gorden dengan alternatif bahan lain seperti kawat, tali, kayu pohon, besi atau pipa bekas.

Bahan-bahan tersebut cukup kuat untuk menopang gorden yang kainnya cenderung ringan. Siapkan paku atau ornamen lainnya di kedua sisi jendela. Kamu perlu memperhatikan pemasangannya agar benar-benar kencang dan kuat.

Nah, itulah beberapa cara memasang gorden berdasarkan jenis tirai yang kamu inginkan. Selamat menyesuaikan dengan dekorasi ruangan dan model gorden yang sudah kamu pilih, ya~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE