7 Cara Ampuh Basmi Rayap yang Gerogoti Perabot Kayu di Rumah. Selamatkan Sebelum Habis Rata!

Cara membasmi rayap

Perabot bermaterial kayu memang terkenal mudah perawatannya. Sayang, material ini sering jadi incaran koloni rayap. Apalagi kalau kayu yang dipakai kualitasnya kurang bagus dan cenderung lebih berongga. Meski rayap nggak mungkin memakan habis seluruhnya, namun jika sudah berlubang, perkakas jadi lebih rentan berjamur karena bolong dan lembap.

Advertisement

Makanya, sebelum perabot terlanjur berlubang, basmi rayap dengan beberapa cara berikut. Nggak ribet dan bisa pakai beberapa bahan yang ada di rumah kok!

1. Jemur perabot yang digerogoti rayap di bawah sinar matahari langsung

jemur perabot via bacaterus.com

Rayap juga nggak suka udara hangat dan cahaya yang terang. Segera jemur perabot kayu yang dikerubuti rayap di depan rumah ketika cuaca sedang terik. Kalau malas angkat-angkat, buka jendela atau pintu di sekitar perabot supaya suhu hangat dari luar ruangan biasa masuk.

2. Nyalakan AC kemudian atur pada suhu rendah supaya rayap mati seketika. Atau, gunakan es batu

dinginkan ruangan via acwahana.com

Rayap menyukai udara lembap, tapi nggak akan betah kalau suhunya terlalu dingin. Coba nyalakan AC pada suhu rendah atau taruh balok es batu di area yang dikerubuti rayap. Setelah beberapa saat, koloni rayap akan mati seketika.

Advertisement

3. Kamu bisa membuat jebakan kardus untuk mengecoh rayap

jebakan kardus via www.wowkeren.com

Cara ini bisa dilakukan kalau kamu sudah tahu di mana rayap membuat sarangnya. Caranya, basahi kardus dengan air, taruh di area sekitar sarang rayap. Biasanya rayap akan mengerubunginya karena suka makan selulosa yang ada di dalam kardus. Kalau rayap sudah berkumpul, segera angkat kardus lalu bakar agar rayap mati. Agak sadis sih, ya~

4. Buatlah semprotan anti rayap dari air bekas cucian beras

air cucian beras via aceh.tribunnews.com

Kalau mau lebih efektif, kamu bisa mencampurkan air bekas cucian beras dengan minyak tanah. Cukup semprot cairan ini pada perabot yang dikerumuni rayap. Nggak mati memang, tapi setelah beberapa saat, rayap akan pergi kok.

5. Nggak cuma buat kumur, air garam pun bisa kamu manfaatkan untuk mengusir rayap

air garam via lifestyle.okezone.com

Sebelum menyemprot dengan air garam, taruh beberapa kapur barus di perabotan yang dikelilingi rayap. Biar lebih efektif, buat semprotan air garam yang paling asin. Makin asin, maka makin cepat pula rayap lemas dan mati.

Advertisement

6. Selain dari dua bahan di atas, kamu juga bisa membuat cairan dari rendaman tembakau dan kapur sirih

air rendaman tembakau via 8villages.com

Ambil segenggam tembakau kemudian rendam dalam air selama beberapa jam. Bisa makin manjur jika ditambahkan cairan kapur sirih. Aroma tembakau dan kapur sirih yang panas bisa bikin rayap lemas dan pergi. Lakukan beberapa kali hingga rayap benar-benar hilang.

7. Membuat ventilasi jadi lebih terbuka juga efektif untuk mengusir rayap pada perabotan

perbanyak ventilasi via klikpdpi.com

Buatlah bukaan atau ventilasi lebih banyak supaya rayap nggak menggerogoti perabot kayu di rumahmu. Perhatikan juga jarak perabot dengan dinding, soalnya kalau terlalu menempel, ini akan jadi incaran rayap.

Sebenarnya nggak cuma kayu, rayap bahkan bisa menggeroti benda lain seperti dokumen dari kertas dan bahkan uang. Untuk meminimalisir hal ini, bersihkan perabot lebih rutin. Atau, kalau perlu kamu juga bisa menjemurnya biar nggak lembap dan jadi incaran rayap.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE