Cara Membuat Keripik Pisang yang Garing Aneka Rasa. Praktis dan Hemat!

Ada caranya agar hasil jadinya bisa kuning mengilat~

Tak bisa dimungkiri, buah pisang cukup populer di Indonesia karena selain familier, ekonomis, dan rasanya yang lezat, buah ini memiliki kandungan baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Pisang memiliki kandungan vitamin A tinggi, juga kaya akan magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis pisang yang dapat dikonsumsi. Nggak hanya bisa dimakan begitu saja, pisang bisa banget lo dijadikan olahan lain, salah satunya adalah camilan keripik pisang.

Advertisement

Camilan keripik pisang bisa banget diolah menjadi berbagai jenis rasa, mulai dari yang asin hingga manis. Nggak usah buru-buru beli, nyatanya keripik pisang ini mudah banget untuk kamu bikin sendiri di rumah. Bahan membuat keripik pisang juga nggak susah buat ditemukan. Pastinya keripik pisang homemade ini lebih sehat, karena kamu bisa memilih sendiri bahan berkualitas dalam proses pembuatannya. Berikut ini cara membuat keripik pisang yang dijamin renyah dan menggoyang lidah.

1. Untuk yang pertama, pastinya siapkan bahan utama, yakni pisangnya

cara membuat keripik pisang

Pisang kepok mentah / Credit: Alamtani.com

Pertama, cara membuat keripik pisang manis, asin, maupun gurih adalah memilih pisang yang tepat, berbagai resep kebanyakan menggunakan pisang dengan jenis kepok atau ambon. Namun sebenarnya, kamu bebas menggunakan pisang apa saja, hanya pastikan pisang masih hijau atau masih mentah. Pisang yang mentah memiliki tekstur yang keras dan air yang sedikit hingga cocok untuk digoreng hingga kering.

2. Selanjutnya, bahan yang tak kalah penting adalah kapur sirih. Air kapur sirih membantu dalam membuat tekstur makanan menjadi lebih garing dan renyah. Seperti halnya keripik pisang

cara membuat keripik pisang

Bubuk kapur sirih / Cerdit: Fimela

Perbandingannya satu sendok teh bubuk kapur sirih dicampur dengan 1 liter air bersih. Larutan itu untuk merendam 10 biji pisang berukuran sedang yang telah diiris. kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Pisang nantinya akan direndam selama satu jam.

Advertisement

Nikmati artikel menarik seputar menu makanan: Kumpulan Resep Makanan Lezat di Anime Studio Ghibli. Nggak Ngiler Lagi Nih!

3. Persiapkan bahan dan alat lainnya seperti air sebanyak satu liter atau sesuai kebutuhan. Minyak goreng, garam dan juga bumbu aneka rasa yang nantinya akan ditaburkan

cara membuat keripik pisang

Persiapan alat dan bahan/ Credit: Photo by RODNAE Productions from Pexels

Jangan lupa pisau, kompor, alat penggorengan, serta baskom untuk merendam pisang.

4. Kupas pisang lalu iris tipis-tipis, kalau terlalu tebal, pisang akan menjadi tidak crispy dan malah menjadi alot. Kamu bisa potong baik secara vertikal maupun horizontal menggunakan alat atau pisau biasa

cara membuat keripik pisang

Pengiris pisang / Credit: Tokopedia

5. Usai mengiris pisang, rendam dalam satu liter larutan air kapur sirih. Satu jam terlewat, maka tiriskan pisang dan baluri dengan secukupnya garam agar menambah gurih rasa pisang

cara membuat keripik pisang

Rendam dengan air kapur sirih / Credit: Idntimes

Bagi yang ingin memasak resep keripik pisang manis karamel, maka tidak perlu menggunakan garam. Sebagai gantinya, gunakan air perasan jeruk nipis agar rasanya bisa lebih sesuai dengan karamel.

6. Panaskan kompor dengan wajan di atasnya, beri minyak goreng secukupnya. Untuk cara membuat keripik pisang renyah, maka cukup gunakan api sedang. Masak pisang rendaman garam tadi di minyak panas hingga kecokelatan, lalu angkat

cara membuat keripik pisang

Menggoreng keripik pisang / Credit: 99.co

Advertisement

5. Usai digoreng, kamu bisa membuat keripik pisang dengan kreasi varian rasa sesukamu

Keripik pisang aneka rasa

Keripik pisang aneka rasa / Credit: Magfood

Walaupun pisang dikenal dengan rasanya yang manis, keripik pisang bisa banget diolah menjadi aneka rasa, sebagaimana berikut ini:

  • Cara Membuat Keripik Pisang cokelat 

Kamu bisa tambahkan cokelat bubuk dengan gula halus pada keripik pisang tadi, agar tidak melulu terasa pahit. Takaran bisa menyesuaikan selera.

  • Cara Membuat Keripik Pisang gurih dan asin

Bagi kamu yang senang yang gurih-gurih asin, maka kamu bisa buat keripik pisang dengan campuran bumbu penyedap rasa. Bisa pula campurkan bumbu-bumbu yang dijual di pasaran, seperti ketika akan membuat keripik pisang rasa balado, maka campurkanlah bumbu rasa balado. Nah, supaya warnanya kuning mengilat, kamu bisa tambahkan dengan mentega di akhir proses pembuatannya.

  • Cara Membuat Keripik Pisang gula merah 

Pembuatan keripik pisang ini yakni membalurinya dengan karamel gula merah yang sebenarnya juga bisa menggunakan gula putih biasa. Campur gula pasir sebanyak 200 gram dengan air 100 ml, untuk gula merah bisa menyesuaikan. Tambahkan sedikit minyak, masak di wajan sampai sedikit mengering. Masukkan pisang, aduk rata.

Keripik pisang sendiri merupakan camilan yang cukup digemari di Indonesia. Diketahui, keripik pisang berasal dari daerah Lampung. Bukan hal aneh karena Lampung yang terkenal sebagai daerah penghasil pisang yang cukup besar di Indonesia. Keripik pisang di Lampung memiliki banyak varian rasa original, cokelat, susu, keju, pedas, dan sebagainya.

Nah, itu tadi cara dan beberapa variasi cara membuat keripik pisang aneka rasa. Gimana, sudah tertarik belum untuk membuat kudapan ini di rumah?

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE