Cara Mudah Bikin Lilin Aromaterapi di Rumah, Bisa Jadi Senjata Ampuh untuk Relaksasi di Masa Pandemi

Cara membuat lilin aromaterapi

Buat SoHip yang ingin memiliki ruangan yang lebih harum dan menenangkan, kamu bisa mencoba untuk menyalakan lilin aromaterapi di ruangan tersebut. Lilin ini selain wangi juga bisa memberikan kesan nyaman pada sebuah ruangan dan suasana, apalagi jika ruangan tersebut adalah tempat kamu beristirahat. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, menyalakan lilin harum di kamar atau ruang keluarga bisa jadi senjata ampuh untuk rileksasi.

Advertisement

Daripada beli mahal-mahal di toko atau spa, yuk belajar cara membuat lilin aromaterapi sendiri di rumah! Asalkan tahu langkah dan bahan-bahannya, prosesnya sebenarnya cukup mudah kok. Nggak percaya?! Baca deh ulasan Hipwee Tips ini sampai selesai~

Pertama-tama siapkan bahan yang akan kita gunakan untuk membuat lilin aromaterapi! Meskipun bahannya lumayan banyak tapi mudah didapatkan kok!

Kalau mau agak-agak repot, SoHip bisa membeli lilin lebah yang berbentuk balok, lalu memarutnya sebelum dilelehkan | Credit: Sigmund via unsplash.com

Untuk membuat lilin aromaterapi sendiri di rumah, ada beberapa alat dan bahan yang kamu perlukan. Bahan paling utama tentunya adalah lilin, SoHip bisa menggunakan lilin putih yang biasa digunakan saat mati lampu dan banyak dijual di toko-toko atau membeli lilin lebah yang bisa dibeli secara online dalam bentuk bubuk. Selain itu kamu juga perlu menyiapkan minyak esensial atau minyak aromaterapi. Minyak berguna untuk memberikan wangi atau aroma bagiĀ  lilin aromaterapi.

Selanjutnya tentunya kamu akan butuh sumbu, wadah untuk menuangkan lilin, pewarna makanan (jika kamu ingin membuat lilin aromaterapi warna-warni), sumpit, serta selotip. Kenapa ada sumpit? Nanti akan terjawab kok, hehehe. Jika SoHip nggak mau repot mencari satu persatu bahan yang dibutuhkan, kamu juga bisa membelinya dalam sebuah paket di toko-toko online kesukaan kamu!

Advertisement

Langkah selanjutnya setelah semua bahan siap adalah memanaskan panci dan air untuk melelehkan lilin yang akan menjadi bahan dasar lilin aromaterapi

Dilelehkan dengan teknik double boiler, wadah didihkan di atas rebusan air | Photo by Fi Bell via unsplash.com

Untuk melelehkan lilin yang menjadi bahan dasar, SoHip perlu memanaskan panci yang diisi air, airnya nggak usah banyak-banyak, cukup seperempat isi panci aja, setelah itu letakkan mangkuk di atas panci tersebut. Uap air akan memanaskan mangkuk, sehingga hal tersebut akan membuat lilin meleleh tapi nggak gosong.

Jika kamu perhatikan, cara melelehkan lilin yang menjadi bahan dasar ini prinsipnya sama dengan cara melelehkan coklat agar tidak menggumpal lho SoHip! Jika lilin sudah menjadi cair, saatnya memasukkan bahan tambahan.

Karena proses ini menggunakan api serta kompor, pastikan untuk selalu waspada dan tetap awas untuk menjaga kemanan kamu ya!

Advertisement

Setelah lilin mencair, kecilkan sedikit api, sekarang saatnya kita meracik aroma dan warna lilin aromaterapi ini!

Harumnya bisa berasal dari berbagai sumber, salah satu yang paling efektif: essential oil | Photo by Kelly Sikkema via unsplash.com

Setelah lilin meleleh, kecilkan api sedikit, setelah itu tuang lah beberapa tetes minyak esensial yang harumnya sesuai selera kamu! Kamu bisa memilih banyak variasi, mulai dari green tea, coklat, vanilla, citrus, hingga lavender, bahkan aroma kopi! Tuang 1 sendok makan minyak esensial jika kamu ingin harum/bau yang kuat dan kurangi takarannya jika kamu ingin bau yang lebih soft.

Jika ingin bereksperimen, kamu juga bisa menambahkan pewarna makanan di adonan cair tersebut untuk memberikan warna pada lilin aromaterapi ini nantinya. Jika semuanya sudah dimasukkan, aduk hingga merata dan matikan api.

Sambil menunggu lilin aromaterapi kamu agak dingin, saatnya menyiapkan wadah dan sumbu yang akan digunakan!

SelainĀ  menggunakan sumpit, kamu juga bisa menggunakan penjepit pakaian untuk menahan sumbu agar tidak jatuh | Credit: Fi Bell via unsplash.com

Nah sekarang saatnya kita menyiapkan wadah untuk lilin aromaterapi. SoHip bisa menggunakan wadah apa saja, mulai dari mangkuk, gelas besar, hingga toples. Hanya saja pastikan bahwa wadah tersebut tahan panas dan sudah dicuci bersih untuk menghindari kontaminasi aroma. Jika wadahnya udah siap, sekarang saatnya menaruh sumbu untuk lilin aromaterapi home made kamu!

Kamu bisa menggunakan sumbu yang sudah tersedia jika menggunakan lilin putih biasa, tetapi jika nggak ada kamu bisa menggunakan sumbu lilin katun yang banyak dijual di toko online. Potong lilin agak panjang, lalu rekatkan bagian bawah lilin ke wadah menggunakan selotip untuk menjaga agar sumbu tidak mengapung. Setelah itu taruh sumpit secara melintang di bibir wadah dan tempelkan ujung sumbu lainnya agak sumbu tetap diam.

Setelah persiapan wadah dan sumbu selesai, kamu tinggal menuang cairan lilin ke dalam wadah tersebut dan menugggunya menjadi keras sebelum bisa digunakan. Tadaaa! SoHip telah berhasil membuat lilin aromaterapi sendiri di rumah

Selain harum dan mudah dalam pembuatannya, lilin aromaterapi sebenarnya juga punya beberapa manfaat lain!

Selain digunakan sebagai pewangi, lilin aromaterapi juga dapat digunakan sebagai pemanis ruangan | Credit: Rebecca Peterson-Hall via unsplash.com

Selain digunakan sebagai pewangi ruangan, lilin aromaterapi juga memiliki beberapa manfaat. Wangi lilin ini bisa membuat orang yang menghirupnya menjadi lebih rileks dan tenang, apalagi jika ditambah dengan suasana ruangan yang temaram serta sunyi. Cara ini bisa kamu jadikan sebuah alternatif untuk menghilangkan stres atau mempermudah kamu untuk tidur.

Bukan cuma itu aja, khusus untuk lilin aromaterapi beraroma lavender, wangi dari lilin ini bisa mengusir nyamuk lho! Kamu tinggal menempatkan lilin aromaterapi lavender ini di sudut-sudut ruangan atau di sekitaran tempat orang berkumpul jika mengadakan acara di luar ruangan.

Nah itulah SoHip cara membuat lilin aromaterapi yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara untuk mengharumkan ruangan. Selain itu lilin aromaterapi ini juga bisa menjadi sebuah pajangan lucu dan unik yang bisa kamu taruh di meja kerja atau meja belajar! Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE