3 Cara Membuat Magnet dengan Mudah & Praktis

Magnet merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya magnet banyak ditemukan pada perangkat elektronik, salah satunya speaker. Gaya magnet pada suatu benda juga banyak digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hati misalnya menempelkan jarum, paku, dan benda serupa lainnya.

Advertisement

Magnet terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan sifatnya, yakni magnet permanen dan magnet sementara. Magnet permanen biasanya digunakan pada perangkat elektronik dan hanya dibuat oleh pabrik dengan bahan dasar pasir besi.

Sementara magnet sementara bisa dibuat sendiri, lo. Ada tiga cara dalam membuat magnet, yaitu dengan cara digosok, induksi, dan aliran arus listrik atau elektromagnetik.

Berikut pejelasan tiga cara membuat membuat magnet sederhana dan praktis.

Advertisement

1. Menggosok magnet permanen pada benda feromagnetik

Menggosok | Credit by Max Pixel

Cara membuat magnet buatan dengan digosok adalah cara paling mudah yang bisa kamu coba. Di sini, kamu hanya butuh magnet permanen dan benda yang bersifat feromagnetik atau benda yang memiliki momen magnetik sehingga bisa ditarik oleh magnet. Contoh benda feromagnetik adalah besi kobalt, nikel, dan baja.

Berikut cara membuat magnet sederhana dengan cara digosok:

Advertisement
  • Siapkan magnet permanen dan benda feromagnetik (misalnya paku)
  • Gosokkan magnet pada paku secara searah
  • Semakin lama dan kencang menggosoknya, maka paku jadi cepat menjadi magnet
  • Dekatkan paku pada benda feromagnetik lain, jika bisa menempel berarti paku sudah berhasil menjadi magnet

Cara membuat magnet dengan menggosok seperti ini terjadi karena medan magnet permanen akan menyelaraskan momen magnet dalam bahan feromagnetik, sehingga menjadi terkumpul kutub-kutub yang berlawanan. Hal ini membuat benda feromagnetik ikut menjadi magnet, tapi bersifat sementara. Jika gaya magnet sudah berkurang, maka harus digosok lagi.

2. Induksi magnet permanen atau mendekatkan tanpa menyentuh

Induksi | Credit by Max Pixel

Cara membuat magnet induksi cukup mudah dicoba, tapi memerlukan waktu yang lebih lama daripada cara sebelumnya. Induksi ini maksudnya memicu medan magnet dengan cara mendekatkan magnet permanen dengan benda feromagnetik. Berikut langkah dalam membuat magnet dengan cara induksi:

  • Siapkan magnet permanen dan benda feromagnetik (misalnya besi)
  • Dekatkan magnet dengan besi, ingat hanya didekatkan jangan sampai menempel
  • Gaya magnet yang timbul akan menyelaraskan momen medan magnet pada baja, sehingga baja ikut menjadi magnet

Cara membuat magnet induksi tergantung dengan gaya magnetik pada magnet permanen. Semakin besar gaya, maka semakin cepat membuat benda feromagnetik menjadi magnet. Cara ini bersifat sementara, hingga gaya magnet yang terinduksi pada besi memudar, maka harus diinduksi lagi.

3. Menggunakan arus listrik untuk induksi elektromagnetik

Induksi elektromagnetik | Credit by Gina Clifford on Commons Wikimedia

Cara membuat magnet elektromagnetik cukup cepat dan mudah, tapi perlu beberapa peralatan yang lebih banyak daripada cara lainnya. Induksi elektromagnetik menggunakan aliran arus listrik yang membuat benda feromagnetik menjadi magnet. Berikut langkah dalam induksi elektromagnetik yang sederhana:

Bahan-bahan:

  • Baterai
  • Paku baja
  • Selotip
  • Kawat

Cara membuat magnet dengan arus listrik:

  • Lilitkan kawat pada paku baja secara melingkar
  • Hubungkan kawat ke ujung-ujung baterai, kemudian tutup menggunakan selotip hingga kencang
  • Arus listrik secara otomatis akan menyelaraskan momen magnet pada paku, sehingga paku berubah menjadi magnet

Cara ini menggunakan kaidah prinsip bahwa listrik mampu menghasilkan magnet dan magnet mampu menghasilkan listrik. Namun, cara ini hanya bersifat sementara, ketika arus listrik di lepas maka sifat magnet pada paku baja akan hilang.

Nah, itulah tiga cara membuat magnet sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Cara membuat magnet di atas cukup mudah, kan? Magnet sementara ini bisa digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari, misalnya mengumpulkan dan merekatkan jarum, paku, baut atau benda-benda feromagnetik lainnya. Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

Loading...