Begini Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci yang Sering Macet

Cara memperbaki pengering mesin cuci

Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci memang menghemat wkatu dan tenaga. Belum lagi mesin cuci telah dilengkapi alat pengering. Karena sering digunakan, mesin cuci tentu nggak bisa lepas dari kata ‘kemacetan’ atau kerusakan’. Tak terkecuali pada bagian pengeringnya.

Advertisement

Mesin cuci dan pengering mesin cuci yang dianggap rusak, macet, ataupun nggak menyala biasanya langsung dibawa ke tempat servis. Namun kamu bisa memperbaikinya sendiri selama kerusakannya nggak parah. Dari mulai pengering mesin cuci tidak berputar, mendengung, sampai berputar tapi tidak kering. Berikut cara memperbaiki pengering mesin cuci berdasarkan kerusakannya.

1. Pastikan nggak ada aliran listrik dan mesin cuci dalam keadaan mati. Periksa kabel dan tombolnya juga

Ilustrasi mesin cuci/Credit: Unsplash @Sebastian Hermann

Sebelum mempraktikkan cara memperbaiki pengering mesin cuci yang goyang, tidak berputar, atau berputar pelan, matikan lebih dulu mesin cuci. Pastikan nggak ada kontak listrik yang masuk ke mesin cuci. Periksa juga kabel atau tombol mesin cuci.

2. Rebahkan mesin cuci dan mulai bongkar bagian luar pengering. Kamu bisa melakukan hal ini sambil membersihkan mesin

Mesin cuci/Credit: Deposit Photos @monkeybusiness

Setelah mesin cuci dipastikan mati dan nggak ada kontak pada listrik, rebahkan mesin cuci dan mulai memeriksanya. Bongkar bagian luar dan lihat isi atau komponen yang ada dalam mesin cuci atau pengeringnya. Agar lebih maksimal, kamu bisa sekalian membersihkan bagian luar dan dalam mesin cucimembersihkan bagian luar dan dalam mesin cuci mengingat mesin cuci adalah barang yang selalu dipakai dan jarang dibersihkan.

Advertisement

3. Kenali dulu penyebab kerusakan pada pengering mesin cuci. Apakah ada kabel putus atau karena tali rem pengering yang bermasalah

Ilustrasi memeriksa kerusakan mesin cuci/Credit: Deposit Photos @AndreyPopov

Setelah membongkar bagian luar mesin cuci, kamu akan melihat komponen-komponen yang berada di dalamnya. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengenai bagian-bagian yang bermasalah. Nantinya kamu bisa dengan mudah mempraktikkan cara memperbaiki pengering mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung yang tidak berputar.

Ada beberapa kerusakan yang perlu kamu ketahui dari mesin cuci. Pertama adalah kapasitor mesin cuci yang rusak. Jika hal ini terjadi, maka kamu harus menggantinya dengan kapasitor yang baru. Namun khusus untuk pengering, masalah yang biasa terjadi adalah tali rem pengering yang putus.

4. Jika ada masalah pada tali rem, kamu tinggal menarik bagian tersebut yang ada dalam kawat sling rem dan putar dengan tangan. Jika lancar, pengering akan kembali normal

Advertisement

Ilustrasi membenarkan mesin cuci/Credit: Deposit Photos @photography33

Cara untuk memperbaiki pengering mesin cuci yang rusak karena tali rem itu nggak sulit kok. Kamu hanya tinggal menarik bagian kawat sling rem sehingga sehingga membuatnya terbuka. Jika si kawat sudah terbuka, coba untuk putar menggunakan tangan. Jika bisa berputar dengan lancar, maka pengering akan langsung berjalan seperti biasa.

Namun, sebelum melakukan hal ini kamu harus memastikan kalau nggak ada kabel mesin pengering yang putus. Jika dilihat ada yang putus karena gigitan tikus, maka kamu harus menyambungkan kembali kabel tersebut. Caranya cukup mudah, kamu tinggal talikan kabel ataupun sambungkan dengan menggunakan solder.

5. Jika pengering mendengung saja dan nggak berfungsi, kemungkinan masalahnya ada pada kabel power maupun dinamo dan motor drain. Untuk pencegahan, ganti semua komponen tersebut dengan yang baru

Ilustrasi merekatkan komponen baru/Credit: Deposit Photos @AndreyPopov

Terkadang ada pengering yang hanya mendengung saja tapi nggak berfungsi dengan baik. Biasanya hal ini disebabkan oleh tali rem yang terputus. Selain itu, kalau pengering dan mesin cuci mandeg, maka kemungkinan hal ini disebabkan oleh motor drain atau dinamo yang rusak dan sudah mulai melemah.

Jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus mengganti setiap komponen dengan yang baru dan pasangkan kembali ke tempatnya semula. Jika semua langkah sudah dijalankan, pengering mesin cuci pasti akan berfungsi kembali seperti baru.

Nah, itu dia beberapa cara untuk memperbaiki pengering mesin cuci yang rusak, mendengung, atau mandeg. Gimana, lebih PD untuk praktik langsung, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE