Cara Menanam Bunga Pukul Sembilan dengan Setek. Gampang Nyebarnya!

Tanaman ini hanya mekar bunganya sekitaran jam 9 pagi. Pertumbuhannya cepet!

Bunga pukul sembilan memiliki nama ilmiah portulaca. Dalam bahasa Inggris, bunga ini disebut dengan mossrose. Namun di Indonesia lebih akrab disebut dengan bunga krokot.

Advertisement

Bukan tanpa alasan kenapa bunga ini disebut dengan bunga pukul sembilan. Karena kelopak bunganya akan bermekaran ketika matahari sudah sempurna muncul di pagi hari sekitar jam sembilan. Pada jam sembilan lah bunga ini akan menunjukkan keelokannya. Warna yang dimiliki oleh bunga pukul sembilan juga beragam mulai dari merah muda, kuning, ungu, putih, dan masih banyak lagi.

Karena pertumbuhannya yang terbilang sangat cepat, maka tanaman bunga ini sering disebut dengan tanaman liar hingga dianggap sebagai gulma. Padahal, jika sudah bermekaran, bunganya akan terlihat sangat cantik menghiasi halaman rumah.

Jika Sobat Hipwee ingin mencoba untuk menjadikan bunga pukul sembilan ini sebagai tanaman hias, ikuti tips berikut ini.

Advertisement

Cara menanam bunga pukul sembilan menggunakan teknik setek

bunga pukul sembilan

Credit: Instagram @krokot.id via www.instagram.com

Bunga pukul sembilan termasuk tanaman yang mudah untuk dibudidaya. Cukup dengan teknik setek atau memotong batang tanaman dari induknya, lalu tempatkan ke dalam pot yang sudah terisi dengan tanah yang gembur yang sudah dilengkapi dengan arang sekam. Siram dengan air dan beri pupuk organik, maka dalam waktu satu minggu daunnya akan mulai tumbuh banyak.

Satu teknik yang harus diperhatikan ketika menanam bunga pukul sembilan adalah, tempatkan tanaman di bawah sinar matahari. Tanaman bunga pukul sembilan akan rusak dan membusuk jika tidak terkena sinar matahari.

Perawatan bunga pukul sembilan

bunga pukul sembilan

Credit: Instagram @krokot.id via www.instagram.com

Advertisement

Untuk perawatannya, bunga pukul sembilan tidak terlalu sulit. Jika bunga ditanam dalam media pot kecil, maka cukup mengganti media tanam minimal 3 bulan sekali agar tanaman tetap ternutrisi. Jika ditanam dalam media yang cukup besar, cukup dipantau daun dan batangnya. Jika ada daun atau batang yang layu dan membusuk, maka harus segera dipotong.

Dalam merawat bunga pukul sembilan, yang paling penting adalah sinar matahari yang cukup agar bunga bisa tumbuh dan banyak bermekaran. Selamat menanam!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Introvert

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE