7 Cara Menanam Sayuran Organik di Rumah. Bebas Kimia, Tinggal Panen Aja

Cara menanam sayuran

Bertanam kini sudah menjadi hobi yang diminati banyak orang, mulai dari menanam tanaman hias sampai menanam sayuran. Kegiatan itu jika ditekuni tak hanya memberikan kepuasan saja, tetapi juga bisa menghasilkan aneka sayuran organik yang aman dikonsumsi. Pasalnya, mencari sayuran organik di pasaran sangat sulit sehingga lebih baik jika bisa memproduksinya sendiri. Sayur organik memang banyak diminati karena tidak berbahaya dan juga lebih banyak kandungan nutrisinya.

Advertisement

Cara menanam sayuran organik memang memerlukan trik tersendiri agar bisa menghasilkan sayur yang berkualitas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sayuran yang ditanam tetap tumbuh subur di lahan yang kamu gunakan. Apa saja, ya?

1. Persiapkan tanah yang baik bisa dilakukan dengan cangkul atau traktor untuk memperbaiki kondisi fisik tanah

Persiapan lahan | Credit: Darkmoon_Art via Pixabay

Berbeda dengan cara menanam sayuran hidroponik yang hanya memerlukan air, menanam di tanah membutuhkan pengolahan tanah. Hal wajib yang perlu kamu lakukan sebelum menanam bibit adalah pengolahan tanah. Langkah ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi fisik tanah. Pengolahan tanah bisa dilakukan dengan cangkul atau traktor sesuai dengan yang seberapa luasnya lahan dan alat kamu miliki.

2. Sesuaikan iklim dengan jenis sayuran organik yang akan kamu tanam. Ada beberapa sayuran yang cocok untuk pemula

Perhatikan iklim saat menanam | Credit: Piqsels

Sayuran memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya tidak bisa sembarangan hidup di berbagai iklim.  Ada beberapa jenis sayuran yang mudah ditanam untuk kamu para pemula. Sayuran itu di antaranya tomat, bawang, selada, kangkung, cabai, kangkung, dan bayam. Cara menanam sayuran kangkung dan bayam pun tergolong mudah sehingga cocok untuk pemula.

Advertisement

3. Pilih lahan yang terkena sinar matahari dan tidak terhalang gedung ataupun pohon yang tinggi

Sinar matahari yang cukup | Credit: Pxfuel

Tanaman berupa sayuran tentu membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya. Tanaman akan tumbuh subur di tempat yang terkena sinar matahari penuh dan tidak terhalang dengan pohon atau dinding yang tinggi. Namun, setiap jenis tanaman sayuran memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda tingkat toleransinya terhadap sinar matahari. Cara ini juga penting diperhatikan saat kamu menggunakan menanam sayuran di dalam rumah juga, lo.

4. Memilih tanaman yang tepat & gunakan bibit berkualitas menjadi kunci keberhasilan menanam sayuran organik. Pastikan berkualitas dan bersertifikat

Bibit tanaman | Credit: laminaria-vest via Pixabay

Sebelum memulai menanam sayuran organik, lakukan riset untuk mengetahui jenis sayuran dan varietas apa yang mungkin tumbuh di lahan yang kamu miliki. Perhatikan pula jumlah sinar matahari dan curah hujan yang akan diterima oleh tanaman sayuran organik. Setelah itu, pastikan membeli bibit organik yang berkualitas dan sudah bersertifikat sehingga benar-benar tidak menggunakan bahan kimia.

5. Beri pupuk yang cukup pada tanaman sayuran organik, kalau bisa coba bikin sendiri agar terhindar dari bahan kimia

Pupuk untuk tanaman | Credit: Nana_Gluay via Pixabay

Rahasia cara menanam sayuran agar tumbuh subur adalah dengan pemberian pupuk. Pemberian pupuk pada sayuran organik sangat penting untuk menambah kesuburan tanah dan menjaga pertumbuhan sayuran. Pupuk yang digunakan untuk sayuran organik harus terbebas dari bahan kimia. Untuk memastikannya, kamu bisa membuat pupuk sendiri, seperti pupuk kompos dari dedaunan dan sampah rumah tangga. Pupuk ini juga bisa kamu pakai di rumah meskipun kamu menggunakan cara menanam sayuran di polybag.

Advertisement

6. Pertimbangkan untuk menanam tanaman pendamping di samping tumbuhan sayuran organik

Tanaman pendampinf | Credit: Sheila Brown via Public Domain Pictures

Untuk meningkatkan hasil produksi sayuran organik, mengombinasikan sayuran dengan tumbuhan lainnya bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa menanam bunga untuk membantu proses penyerbukan alami. Selain bisa mencegah serangga, menanam tanaman pendamping juga bisa meminimalisasi penyakit dan meningkatkan rasa sayuran.

7. Rotasikan tanaman setiap tahunnya, jangan menanam di tempat yang sama dengan jenis yang sama secara terus-menerus

Rotasi tanaman | Credit: Vmenkov (CC BY-SA 3.0) via Wikimedia

Merotasi tanaman merupakan teknik umum yang dilakukan para petani sayuran untuk mengurangi hama dan penyakit, serta menghindari kurangnya nutrisi tanah. Hindari menanam sayuran di tempat yang sama dan jenis yang sama dari tahun ke tahun. Kualitas sayuran organik jika dipaksakan ditanam di tempat yang sama secara terus menerus akan menurun.

Mudah bukan? Cara menanam sayuran ini bisa dilakukan oleh pemula yang ingin bertanam sayuran organik sendiri di rumah. Setelah semua cara ini kamu ikuti, jangan lupa lakukan perawatan secara rutin, seperti menyiram dan menyiangi rumput liar agar pertumbuhan sayuran organikmu tetap terjaga. Jika sudah saatnya panen, lakukan pemanenan sesuai dengan jenis sayurannya. Setiap sayuran mempunyai masa panen yang berbeda.  Itulah cara menanam sayuran yang bisa kamu praktikkan di pekarangan rumahmu. Cara menanam sayuran ini juga bisa kamu lakukan di lahan sempit, tak harus luas kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE