4 Solusi Modal Bisnis yang Bisa Kamu Coba. Jangan Biarkan Mimpimu Terhalang Dana

Mencari modal bisnis

Banyak dari kita yang ingin memulai bisnis sejak lama tetapi belum kunjung terwujud. Alasannya bisa karena berbagai hal. Mulai dari target pasar yang belum pasti, ide bisnis yang belum matang, hingga tantangan dari segi modal atau pendanaan bisnis. Khususnya perkara modal, adalah tantangan yang paling sering dijumpai oleh pebisnis, baik yang pemula ataupun yang sudah menjalani usaha selama bertahun-tahun.

Advertisement

Untukmu yang sedang berpikir untuk memulai bisnis, ataupun yang sedang puyeng mencari dana agar bisnis yang sudah ada bisa berkembang, tak perlu bingung. Inilah beberapa cara untuk mendapatkan modal bisnis yang bisa kamu coba.

1. Yang paling mudah memang membongkar tabungan

Membuka tabungan (Damir Spanic/Unsplash) via unsplash.com

Ini bisa menjadi salah satu jalan bagi kamu yang baru mulai mengawali bisnis kecil-kecilan. Selain tidak membutuhkan pihak ketiga, uang yang kamu gunakan untuk berbisnis hanya antara kamu dengan dirimu sendiri. Syaratnya hanya satu: punya tabungan. Namun, tentunya kita tahu bahwa menabung bukan hal yang mudah dilakukan. Meski begitu, asalkan tekadmu bulat, pasti bisa kok menyimpan uang untuk kepentingan ataupun rencana bisnismu di masa depan. Sembari menunggu tabungan cukup, kamu bisa mematangkan rencana bisnismu juga.

2. Mengikuti kompetisi 

Ikut kompetisi bisnis (Matheus Bertelli/Pexels) via www.pexels.com

Di zaman yang modern ini, banyak sekali lembaga, perusahaan, pemerintah yang kerap menyelenggarakan kompetisi bagi insan kreatif muda terutama di bidang bisnis. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mencari modal bisnis yang sedang kamu kembangkan. Caranya tentu dengan selalu membuka diri atas informasi. Update terus pengetahuanmu tentang ajang-ajang seperti ini dan jangan ragu untuk mencoba. Selain dapat menambah pengalaman, kamu juga bisa mendapat sokongan modal untuk bisnis yang kamu rencanakan.

3. Mengambil pinjaman bank

Ambil pinjaman Bank (Andrea Piacquadio/Pexels) via www.pexels.com

Pinjaman Bank masih sering jadi pilihan banyak pengusaha untuk mendapatkan pendanaan bisnis. Meski begitu, pinjaman bank kerap dinilai memiliki proses yang rumit. Belum lagi resiko yang tinggi juga harus kamu pikirkan. Namun, rumit bukan berarti nggak bisa, lho. Selama kamu punya perencanaan bisnis yang matang dan proyeksi masa depan yang mumpuni, serta merasa mampu untuk menanggung risiko-risikonya, langkah yang satu ini dapat kamu coba. Toh, setiap pilihan pasti ada risikonya, bukan?

4. Mencari dana melalui Equity Crowdfunding

Mencari modal dari investor (Markus Winkler/Unsplash) via unsplash.com

Istilah equity crowdfunding mungkin masih cukup asing bagimu. Mudahnya, equity crowdfunding adalah wadah bagi para investor untuk dapat menanam saham secara patungan untuk sebuah bisnis yang dibuka oleh penyelenggara seperti Bizhare. Sementara itu, kamu sebagai pelaku bisnis, bisa mendapatkan pendanaan melalui equity crowdfunding dengan proses yang mudah serta skema pembagian saham yang tepat dan memberi kenyamanan bagi pemilik bisnis maupun para investor. Equity Crowdfunding merupakan jawaban bagi tantangan para pelaku bisnis dalam memperluas bisnis.

Nah, bagaimana? Selalu ada jalan menuju Roma, bukan? Jadi, untuk kamu yang ingin memulai bisnis jangan ragu untuk mengambil langkah pertama memajukan #UKMDariDanUntukIndonesia karena semua dapat terwujud jika #KitaMulaiBersama.

xx
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Equity Crowdfunding Pertama & Terbesar di Indonesia - Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

CLOSE