5 Cara Mencuci Spons Bedak Biar Nggak Jadi Sarang Kuman. Mau Jerawatan?

Cara mencuci spons bedak

Salah satu alat makeup yang paling sering digunakan adalah spons bedak dan beauty blender. Saking seringnya digunakan, kedua benda ini justru jadi jarang dicuci. Padahal, menggunakan alat makeup yang kotor bisa menyebabkan munculnya jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya lo. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan alat makeup, terutama spons bedak dan beauty blender.

Advertisement

Harga dari spons bedak dan beauty blender mungkin tak seberapa, namun, jika kamu langsung membuangnya saat kotor, tentu sayang. Alih-alih langsung membuangnya saat sudah kotor, spons bedak tabur dan semacamnya itu bisa kita bersihkan secara berkala. Kalian bisa mencuci spons dan alat makeup lainnya setidaknya seminggu sekali jika sering digunakan. Ada 5 cara mencuci  spons dan beauty blender yang bisa SoHip ikuti berikut ini.

1. Merendam spons bedak ke dalam air hangat bisa mengeluarkan kotoran di dalamnya. Biarkan selama beberapa jam, ya!

Bersihkan kotoran dengan air hangat | Credit: Pexels

Cara membersihkan spons bedak dengan air panas adalah dengan merendamnya selama beberapa jam. Membiarkan spons direndam selama beberapa jam itu bertujuan agar seluruh kotoran dalam spons terpisah. Kalian juga bisa memadukan cara ini dengan menggunakan sabun batang.

Caranya, rendam spons makeup ke dalam mangkuk berisi air hangat, lalu teteskan sabun pembersih. Setelah beberapa jam, gosokkan spons dengan sabun batang lalu bilas dengan air mengalir. Pastikan tidak ada sisa busa dalam spons, baru kemudian dijemur hingga kering.

Advertisement

2. Cara selanjutnya yang mudah kamu terapkan adalah menggunakan sabun cair. Kalian bebas memilih jenis sabun yang akan digunakan

Gunakan sabun cair | Credit: jackmac34 via Pixabay

Cara membersihkan alat makeup lainnya adalah dengan menggunakan sabun cair. Kalian bebas memilih sabun yang akan digunakan, namun banyak yang memilih sabun bayi agar formulanya lebih lembut.

Cara mencuci spons dan beauty blender dengan sabun cair ini mula-mula basahi spons dengan air. Lalu tuangkan sabun cair secukupnya dan bersihkan sisa-sisa kotoran dengan meremas spons beberapa kali. Setelah itu, bilas dengan air mengalir. Ulangi langkah itu beberapa kali sampai spons bersih dan air bilasan tidak lagi berwarna keruh. Kalau sudah, keringkan dengan handuk bersih dan jemur sampai benar-benar kering.

3. Menggunakan minyak zaitun dan sabun cuci piring ternyata bisa juga lo

Advertisement

Gunakan minyak zaitun | Credit: Pxfuel

Cara membersihkan spons bedak agar terhindar dari bakteri salah satunya dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dikenal bisa menjadi alternatif pembersih kosmetik yang cepat dan mudah.

Caranya, kamu cukup mencampurkan 1 sendok minyak zaiun dengan 2 sendok sabun cuci piring ke dalam wadah, lalu balurkan spons makeup ke dalamnya sambil dipijat sampai bersih. Setelah itu, bilas dan keringkan spons makeup-mu. Cara membersihkan beauty blender dengan sunlight atau sabun cuci piring ini bertujuan sebagai antibakteri yang ampuh menghilangkan minyak.

4. Menggunakan sabun batangan untuk membersihkan spons dan beauty blender juga tak kalah mudah dilakukan

Gunakan sabun batang | Credit: Piqsels

Selain sabun cair, sabun batangan juga bisa digunakan untuk membersihkan spons bedakmu. Pertama-tama, metode ini dilakukan dengan cara membasahi spons dan sabun batangan. Kemudian, gosokkan spons pada sabun yang telah dibasahi sambil memijatnya agar sisa makeup keluar. Setelah bersih dari kotoran, bilas sampai bersih lalu keringkan.

5. Menggunakan microwave untuk membersihkan spons ternyata bisa lo, caranya nggak rumit kok!

Gunakan microwave | Credit: Chris Kelly via Flickr

Bukan berlebihan, cara ini sudah banyak dikenal bisa dilakukan untuk membunuh bakteri dalam spons makeup. Suhu panas dari microwave dikenal mampu membunuh bakteri yang menempel di dalamnya. Caranya, kamu perlu mengisi cangkir dengan campuran sabun dan air, lalu memanaskannya ke dalam microwave selama 60 detik. Jangan lupa untuk memastikan cangkir yang akan kamu gunakan aman untuk dimasukkan ke dalam microwave. Setelah dikeluarkan, bersihkan sponsmu dengan sabun dan air biasa dengan dipijat lembut sampai sisa kotoran keluar.

6. Metode ‘double cleansing‘ tak hanya bisa diterapkan ke wajah, cara ini juga bisa digunakan untuk membersihan spons makeup-mu

Gunakan metode double cleansing | Credit: Piqsels

Seperti halnya kulit wajah, spons dan beauty blender juga bisa menggunakan metode double cleansing untuk membersihkannya. Metode double cleansing ini adalah membersihkan dengan dua tahap, yaitu menggunakan sabun berbahan dasar minyak untuk pertama kalinya, kemudian sabun berbahan dasar air untuk kedua kalinya.

Untuk alat makeup, pertama-tama kamu bisa merendam spons ke dalam cairan pembersih, kemudian gosokkan dengan sabun batang. Lalu, bilas dengan air bersih baru kemudian dikeringkan. Cara mengeringkan spons bedak adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Ternyata, ada banyak cara untuk membersihkan spons bedak supaya tidak menjadi sarang bakteri ya, SoHip? Mulai dari cara yang mudah, sampai cara yang unik, semua bisa kita lakukan di rumah. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk tidak mencuci spons dan alat makeup lainnya, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE