Masa-masa kuliah adalah waktu paling tepat untuk menjelajah dan mencoba. Rasanya sayang kalau waktumu gak dimanfaatkan buat mencari sebanyak-banyaknya pengalaman. Termasuk dalam hal mendapatkan penghasilan sendiri. Selain bisa mengisi rekening tabunganmu, dari situ kamu juga bisa belajar mandiri. Malu juga ‘kan kalau cuma bisa menengadahkan tangan ke orang tua?

Mungkin kamu bertanya: gimana caranya bisa mencari uang selagi berstatus mahasiswa? Nah, untuk menumpas rasa penasaranmu, cek dulu daftar berikut:

1. Berwirausaha kecil-kecilan

Siapa tahu jadi sukses besar via www.axltwentynine.com

Membangun bisnis dari nol memang gak mudah, apalagi kalo statusmu mahasiswa. Tapi kalo bisnis itu berangkat dari hobimu, kamu bisa lebih tertarik dan tertantang melakukannya. Ingat, jumlah wirausaha di Indonesia tuh masih 1,65% dari total populasi lho. Masih ada peluang yang besar untuk berwirausaha.

Berwirausaha sejak duduk di bangku kuliah bakal mengajarkanmu banyak hal yang gak kamu pelajari di kampus. Mengatur bawahan, manajemen efektivitas kerja, meyakinkan orang: tidak ada dosen Ph.D atau profesor yang akan mengajarimu hal itu. Bukan gak mungkin juga usahamu menjadi besar sebelum kamu lulus. Selepas wisuda, kamu jadi gak perlu repot mencari kerja.

Advertisement

Jangan lupa, semua perusahaan besar dimulai dari langkah kecil. Jangan malu kalo usahamu masih kecil-kecilan. Yang penting adalah kamu tetap punya mimpi dan usaha untuk menjadikannya hebat.

2. Jadi reseller online

Jadi reseller online shop via vulcanpost.com

Reseller atau dropshipper online adalah bisnis yang relatif mudah dikerjakan oleh mahasiswa, karena modalnya yang gak besar. Konsepnya, kamu berperan sebagai penghubung antara konsumen dan penyuplai barang. Kamu cukup mencari penyuplai barang yang ingin kamu jual dan menemukan pasarnya. Udah banyak kok penyuplai yang memanfaatkan sistem ini di Indonesia, kamu hanya perlu getol mencari info dan memasarkan aja.

3. Jadi tentor les

jadi guru les privat via lesprivatpep.blogspot.com

Kalo kamu pede sama kemampuanmu dan punya renjana membagi ilmumu ke orang lain, gak ada salahnya menjadi tentor les. Selain bisa berbagi ilmu, kamu juga bisa dapat penghasilan dari sana. Tentor les juga bukan melulu akademik, tapi bisa juga yang non-akademik, kayak musik ataupun bela diri — walaupun untuk yang disebutkan terakhir ini mungkin kamu perlu lisensi sih.

4. Melakukan proyek kerja lepas secara online

Jadi pekerja lepas via www.makemoneyinlife.com

Nah, kalo yang ini pilihannya beragam banget. Kamu bisa mengerjakannya sesuai keahlianmu. Mulai, dari entri data, menulis artikel, desain grafis, arsitektur, fotografi, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan proyek-proyek untuk pekerja lepas itu lewat situs-situs seperti  Freelancer dan Fiverr dan berkesempatan untuk berhubungan dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia.

5. Kerja temporer lewat event-event komersil

Contohnya, jadi Liaison Officer di konser musik via melaniesubono.blogspot.com

Kalo kamu suka kerja lapangan, gak ada salahnya menjajal jadi kru temporer di event-event komersil: pameran otomotif, elektronik, maupun konser musik. Selain menambah wawasan tentang seluk-beluk penyelenggaraan event, kamu juga bisa bertemu dengan berbagai macam karakter orang, bahkan ketemu artis. Biasanya, kerjanya seharian, tapi event-nya kan gak berlangsung tiap hari. Gak ada salahnya hak absensi saat kuliah digunakan untuk ini.

6. Jualan pulsa

Mahasiswa jangan malu jualan pulsa via bayupramanaputrailmukomunikasiuntad.blogspot.com

Kayaknya, hampir gak ada deh orang yang gak butuh pulsa buat menelepon, SMS, maupun internetan. Makanya, bisnis jualan pulsa mudah dikerjakan oleh siapa saja, termasuk mahasiswa. Apalagi, kamu udah punya segmen pasar sendiri, yaitu teman-temanmu. Keuntungannya memang gak seberapa sih, tapi tetap lumayan buat jajan.

7. Jualan stock photo atau jadi fotografer di akhir pekan

Jika kamu punya skill fotografi yang mumpuni, kamu bisa memanfaatkan keterampilanmu untuk membuat stock photo yang bagus lalu menjualnya di situs-situs penyedia stock photo seperti shutterstock.com, istock.com, atau fotolia.com. Atau, kamu juga bisa kerja sama bareng teman-teman sehobi untuk bikin usaha jasa fotografi dan videografi pernikahan.

8. Jadi kru event di kampus

Panitia event kampus via heyevi.blogspot.com

Mumpung masih jadi mahasiswa, manfaatkan statusmu untuk aktif di kegiatan-kegiatan kampus, jadi kamu punya kesempatan lebih besar untuk ikutan atau mengadakan event-event besar di kampusmu. Kalo kamu berhasil mendapatkan sponsor-sponsor yang kuat buat event-mu, gak mustahil kalo dana untuk anggaranmu surplus dan bisa digunakan untuk bersenang-senang. Hehehe.

9. Penerjemah

Jadi penerjemah via jasaterjemahan.biz

Jika kemampuan bahasa asingmu bagus, manfaatkan kemahiranmu untuk menjadi penerjemah, baik tertulis maupun lisan. Kamu bisa menerjemahkan tulisan atau menjadi interpreter di forum-forum internasional. Untuk beberapa hari kerja saja, kamu bisa mendapatkan beberapa juta. Oh iya, kamu juga bisa menjadi pemandu wisata untuk turis-turis asing lho.

10. Jadi volunteer

Menjadi sukarelawan via uniceftagd.blogspot.com

Bekerja sebagai relawan erat kaitannya dengan bidang lingkungan dan kemanusiaan. Tapi, jangan membayangan jadi volunteer di lembaga swadaya masyarakat itu kerja rodi tanpa dibayar lho. Kalo donor LSM-nya kuat, bukan gak mungkin kamu jadi lebih makmur dari teman-teman sebayamu. Jadi, gak usah ragu kalo ada kesempatan untuk bekerja sebagai volunteer.

11. Jadi penulis

Mau jadi penulis muda? via www.yokeepo.com

Nah, kalo kamu hobi menulis, buatlah karyamu bisa dibaca banyak orang. Kirimkan naskah tulisanmu ke penerbit atau rajin-rajinlah nge-blog. Siapa tahu kamu cukup beruntung, blogmu dilirik oleh penerbit lalu dijadikan buku.

Sudah banyak penulis muda yang meroket saat dirinya masih mahasiswa. Raditya Dika dan Alanda Kariza hanya salah dua di antaranya. Kamu juga bisa meniru mereka!

12. Beasiswa

Kejar beasiswa! via www.studiesinaustralia.com

Kamu berprestasi di kampus? Jangan sia-siakan beasiswa yang digelontorkan pemerintah maupun perusahaan swasta untuk kamu. Beasiswa ini banyak macamnya, persyaratannya pun beragam. Mendapatkannya pun gak terlalu rumit. Tapi, sebelum mengambil beasiswa yang diberikan oleh suatu lembaga, pelajari dulu syarat-syaratnya. Oh iya, mendapatkan beasiswa lebih dari satu itu juga gak mustahil lho.

Cari uang selama jadi mahasiswa itu boleh banget. Tapi ingat bahwa kewajiban mahasiswa adalah belajar. Nah, apakah kamu punya alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa? Langsung bagikan di komentar yuk!