Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Garam dan Bahan Praktis Lainnya

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam

Mengandalkan air sumur untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari memang cukup hemat daripada berlangganan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Sebab, jika ada kendala bisa langsung ditangani, tidak perlu menunggu prosedur perbaikan yang bisa saja memakan waktu lama. Sayangnya, air sumur kadang memiliki masalah bau dan keruh yang disebabkan oleh faktor alam dan pencemaran lingkungan.

Advertisement

Tapi jangan khawatir karena ada beberapa cara praktis untuk mengatasi masalah tersebut, menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Misalnya, cara menghilangkan bau sumur dengan garam atau berbagai bahan alami lainnya. Kamu juga bisa mencoba bahan kimia yang aman digunakan. Penasaran gimana caranya? Yuk, simak ulasan Hipwee Tips berikut!

1. Cara mengatasi air sumur bau comberan karena endapan lumpur dan bakteri dengan larutan garam

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam

Garam | Credit by Jcomp on Freepik

Garam yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur ternyata bisa menghilangkan bau pada air sumur. Terutama jika air sumur jernih tapi bau dan biasanya ini terjadi pada sumur bor atau sumur biasa yang tertutup. Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam patut dicoba. Manfaat garam untuk air sumur cukup ampuh lo, karena garam mengandung natrium klorida yang bisa menetralisir bau sekaligus membunuh bakteri penyebab bau. Berikut cara menghilangkan bau air sumur dengan garam:

  • Larutkan 1 kg garam dapur ke dalam 20 liter air bersih.
  • Tuangkan larutan garam ke dalam sumur, kemudian diamkan selama 6 jam.
  • Jika sudah, cek hasilnya. Jika air sumur masih berbau, kamu perlu mengulangi cara tersebut beberapa kali.
  • Untuk menghindari bau sumur yang kerap terjadi, kamu bisa melakukan cara seperti ini seminggu sekali, untuk mencegah bakteri pada lumpur yang menyebabkan air sumur bau comberan.
Advertisement

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam sangat aman lo, karena tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak berbahaya jika air dikonsumsi dan aman untuk lingkungan.

2. Cara alami lainnya, coba gunakan arang batok kelapa untuk mengikat bau besi pada air sumur

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam

Arang batok kelapa | Credit by Shopee

Masalah bau besi juga kerap menjadi masalah serius pada air sumur. Hal ini biasanya karena sumur terkontaminasi logam besi. Nah, cara menghilangkan bau besi pada air sumur bisa menggunakan arang batok kelapa. Hal ini merupakan salah satu cara menghilangkan bau air sumur secara alami. Arang dari batok kelapa mengandung karbon aktif yang ampuh mengikat zat logam termasuk yang larut dalam air. Selain itu, arang juga bisa membantu mengikat kotoran, sehingga air jadi lebih jernih. Berikut cara menghilangkan bau air sumur menggunakan arang batok kelapa:

Advertisement
  • Siapkan 2 kg arang batok kelapa untuk kedalaman sumur kurang dari 10 meter. Jika lebih, kamu bisa menambah lagi arangnya.
  • Bungkus batok kelapa menggunakan kain, lalu ikat menggunakan tali.
  • Masukkan bungkusan arang tersebut ke dalam sumur. Diamkan beberapa hari hingga bau air sumur hilang.

3. Gunakan kombinasi bahan alami garam dan arang batok kelapa untuk menghilangkan bau bangkai di sumur

Siapa nih yang pernah mendapati air sumur bau bangkai? Cara menghilangkan bau bangkai di sumur dengan cara alami cukup mudah, lo. Coba deh, atasi dengan larutan air garam seperti pada cara nomor satu di atas. Setelah didiamkan selama 6 jam, barulah ditambah dengan bungkusan arang batok kelapa seperti pada cara nomor dua. Garam bermanfaat untuk menetralisir bau dan membunuh bakteri penyebab bau bangkai. Sementara zat karbon aktif pada arang bisa menyerap bau. Cara menghilangkan bau bangkai di sumur seperti ini cukup aman dan efektif, lo.

4. Jika airnya bau dan keruh, gunakan bahan alami pengikat seperti jerami, ijuk, dan sabut kelapa

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam

Ijuk | Credit by Lazada

Selain bau, biasanya air sumur juga keruh, apalagi jika musim hujan. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bahan alami yakni memanfaatkan jerami, ijuk, dan sabut kelapa. Bisa kombinasi tiga bahan tersebut atau salah satunya. Ketiga bahan tersebut memiliki daya serap yang bagus untuk menyerap dan mengikat kotoran penyebab bau. Berikut cara menjernihkan dan menghilangkan bau air sumur dengan jerami, ijuk, dan sabut kelapa:

  • Buat jaring-jaring menggunakan kayu atau bambu untuk menempelkan jerami, ijuk, dan sabut kelapa.
  • Selain itu, bisa juga dengan cara menggabungkan tiga bahan tadi, kemudian diikat dengan bentuk lingkaran yang kuat menggunakan tali.
  • Masukkan ke dalam sumur, diamkan sampai air jernih. Biasanya butuh waktu 2-3 hari sampai sumur bisa jernih.

5. Jika kamu ingin mencoba cara kimia tapi ingin tetap aman, coba cara menghilangkan bau air sumur menggunakan tawas

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam

Tawas | Credit by Devon Fyson on Common Wikimedia

Tawas memang dikenal sebagai penjernih air dan penghilang aroma tidak sedap. Kadungan aluminium kalium sulfat yang terhidrasi secara kimia membuat tawas mampu mengikat dan menggumpalkan zat penyebab bau dan air keruh. Bahan kimia ini bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau pada air sumur bor, karena aplikasinya yang cukup mudah. Berikut cara praktis yang bisa kamu coba:

  • Haluskan 1/4 kg tawas, lalu larutkan ke dalam 100 liter air.
  • Masukkan larutan tersebut ke dalam sumur.
  • Tunggu 6-8 jam sampai tawas mengikat kotoran dan menghilangkan bau.

6. Selain tawas, kamu juga bisa menggunakan bahan kimia kaporit untuk menghilangkan bau air sumur yang membandel

Perlu diingat bahawa penggunaan kaporit berlebihan justru akan membuat air sumur jadi bau kaporit. Selain itu, kaporit juga tidak baik jika tertelan. Maka, cara menghilangkan bau air sumur menggunakan kaporit ini bisa dijadikan cara terakhir jika beberapa cara di atas sudah tidak bisa mengatasinya. Berikut aturan penggunaan kaporit untuk menghilangkan bau air sumur:

  • Dalam menggunakan kaporit harus hati-hati ya, SoHip. Takarannya bisa disesuaikan dengan petunjuk penggunaan pada kemasan kaporit. Biasanya kadar kaporit juga bermacam-macam, jadi sesuaikan dengan kaporit yang kamu gunakan.
  • Pertama, pilih takaran paling kecil, misalnya 1 sendok takar untuk 100 liter air, campurkan hingga larut, lalu masukkan ke dalam sumur.
  • Untuk kadar kaporit yang rendah, butuh seharian hingga baunya hilang, jika ingin lebih cepat, kamu bisa menambah kaporit tapi hati-hati karena air bisa berubah jadi bau kaporit.

Nah, itulah 6 cara menghilangkan bau air sumur dengan bahan alami yang paling mudah dan aman, atau bisa juga menggunakan bahan kimia yang praktis dan cepat. Cara tersebut bisa kamu sesuaikan dengan tingkat keparahannya, ya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE