7 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan dengan Bahan Sederhana di Dapur

Cara menghilangkan bau amis pada ikan

Ikan sebagai bahan makanan yang mengandung gizi lengkap memang digemari banyak orang. Bahkan bagi sebagian orang, mengonsumsi ikan dinilai lebih baik daripada daging ayam. Ikan juga mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan, mulai dari digoreng biasa, semur, pindang, sup dan sebagainya. Sayangnya, mengolah ikan kadang dianggap susah-susah gampang.

Advertisement

Sebab, kandungan trimetalamin oksida pada ikan menyebabkan bau amis yang bisa mengurangi kelezatannya. Bahkan bau amis ikan kadang nggak bisa hilang meski sudah dimasak sedemikian rupa. Padahal cara menghilangkan bau amis pada ikan cukup mudah, lo. Kamu hanya perlu bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di dapur rumah. Bagaimana cara mengolah ikan supaya tidak bau amis? Yuk simak informasi berikut!

1. Campuran jeruk lemon atau nipis dan garam untuk menghilangkan lendir dan bau amis

Gunakan lemon dan gaam | Credit by Freepik on Freepik

Selain bau amis, beberapa jenis ikan memiliki lendir yang licin sehingga menyulitkan saat akan dipotong. Kamu bisa menggunakan perasan jeruk lemon atau nipis yang dicampur dengan garam kasar untuk melumuri ikan yang sudah dicuci bersih. Kemudian gosok-gosok bagian kulit ikan dengan garam kasar tersebut. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau amis dan lendir pada ikan lele, gabus dan patin. Kandungan asam pada jeruk dan yodium pada garam cukup ampuh menetralisir bau amis ikan.

2. Rendam ikan ke dalam air cuka untuk menghilangkan bau amis dan menjaga ikan tidak hancur saat dimasak

Ikan segar | Credit byrapixel.com on Freepik

Cara menghilangkan bau amis pada ikan selain menggunakan jeruk nipis bisa menggunakan larutan air cuka. Apalagi ikan memiliki tekstur daging yang mudah lunak saat dimasak, sehingga kadang ikan mudah hancur. Nah, supaya bau amis ikan hilang dan dagingnya nggak mudah hancur, coba rendam ikan dengan air cuka sebelum dimasak. Zat asam pada cuka bisa menetralisir bau amis dan menjaga teksur daging. Caranya, rendam ikan yang sudah dicuci bersih dengan campuran air dan cuka. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci ikan dengan air hangat sebelum dimasak.

Advertisement

3. Larutan air asam jawa bisa melengkapi bumbu dan menghilangkan bau amis pada ikan

Asam jawa | Credit by jcomp on Freepik

Jika kamu ingin mengolah ikan kuah dan khawatir dengan bau amisnya, coba gunakan asam jawa sebagai bumbu tambahan. Selain bisa menambah kelezatan masakan, asam jawa bisa menjadi cara menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya pun cukup mudah, tinggal tambahkan larutan air asam jawa pada kuah ikan. Jika kamu nggak suka dengan rasa asam jawa, maka cukup rendam ikan segar yang sudah dicuci bersih dengan larutan asam jawa selama 15 menit. Setelah itu, cuci ikan sampai bersih sebelum dimasak.

4. Gunakan parutan jahe sebagai bumbu pelengkap atau untuk melumuri ikan sebelum dimasak

Jahe | Credit by Jcomp on Freepik

Bau amis pada ikan laut kadang membuat sebagian orang kesulitan mengolahnya menjadi masakan yang lezat. Namun, sebenarnya kamu tinggal menambahkan parutan jahe sebagai bumbu. Jika kamu nggak terlalu suka dengan aroma kuat pada jahe, maka cukup gunakan untuk melumuri ikan sebelum dimasak. Caranya, cuci ikan sampai bersih, parut jahe, kemudian lumurkan ke seluruh bagian ikan, tunggu 15 menit, lalu cuci lagi hingga bersih. Bau menyengat pada jahe ini cukup efektif untuk menghilangkan bau amis ikan meski sudah dicuci.

5. Rendam ikan ke dalam susu UHT atau susu segar supaya bau amis hilang dan nggak mengubah rasa

Susu | Credit by Azrebaijan_stock on Freepik

Jika kamu khawatir bahan-bahan di atas bisa mengubah rasa dan aroma, coba gunakan susu UHT rasa plain atau susu segar. Kandungan kasein pada susu mampu mengikat trimetalamin penyebab bau amis pada ikan. Selain itu, susu nggak mengandung asam yang tinggi dan bau menyengat sehingga cocok dijadikan cara menghilangkan bau amis pada ikan untuk MPASI. Caranya, cuci ikan hingga bersih kemudian rendam dengan susu. Nggak perlu seluruh ikan terendam, yang penting dibolak-balik sehingga seluruh bagian ikan bisa terkena susu. Rendam selama 15-3o menit kemudian tiriskan.

Advertisement

6. Baluri ikan dengan tepung terigu supaya bau amisnya hilang dan nggak lengket di wajan

Tepung untuk menghilangkan bau amis ikan | Credit by Azerbaijan_stock on Freepik

Apakah kamu pernah mengolah ikan goreng tepung? Sebenarnya, ini merupakan salah satu cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan efektif. Tepung seperti susu yang bisa mengikat trimetalamin pada ikan tanpa menggunakan zat asam dan bau menyengat. Jika kamu nggak ingin mengolah ikan goreng tepung, maka cukup baluri ikan dengan tepung kering. Diamkan selama 10 menit, kemudian cuci ikan hingga bersih dari tepung. Cara menghilangkan bau amis pada ikan seperti ini bisa kamu gunakan pada ikan air tawar seperti nila dan mujair.

7. Beri irisan timun atau apel pada minyak yang akan digunakan untuk menggoreng ikan

Rendam irisan apel dengan minyak | Credit by rawpixel.com on Freepik

Agar saat mengolah ikan bau amisnya berkurang, coba rendam apel atau timun pada minyak yang akan digunakan untuk menggoreng ikan. Selain minyak, kamu juga bisa membuat air rendaman apel atau timun pada air yang akan digunakan untuk memasak ikan. Caranya, iris apel tau timun tipis-tipis, kemudian masukkan ke dalam minyak atau air selama 30 menit. Setelah itu angkat irisan tersebut, sehingga minyak dan air siap untuk memasak ikan.

Saat mengolah ikan, kadang bau amisnya tertinggal di tangan. Meski sudah cuci tangan pakai sabun, bau amis ikan tetap sulit hilang. Jika sudah begini, coba cara menghilangkan bau amis ikan di tangan dengan menggunakan air garam atau perasan jeruk nipis. Nah, sekarang kamu bisa mengolah berbagai jenis ikan tanpa khawatir bau amisnya. Kamu juga bisa pilih bahan paling mudah kamu temui di dapur. Dijamin masakanmu bebas bau amis dan makin lezat. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE