6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Masker Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Jerawat memang selalu menjadi persoalan yang cukup tricky untuk ditangani. Selain harus memilih produk perawatan yang tepat, kadang jerawat juga meninggalkan bekas hitam yang sulit dihilangkan. Bekas jerawat ini disebut juga PIH atau Post-inflammatory Hyperpigmentation yang disebabkan oleh respons inflamasi atau peradangan sehingga mengakibatkan produksi melanin berlebih. Bekas jerawat seperti ini biasanya berwarna cokelat atau kehitaman.

Advertisement

Biasanya, bekas jerawat hitam di pipi diatasi dengan retinoid, chemical peeling, mikrodermabrasi dan berbagai produk perawatan yang mengandung asam salisilat, AHA, BHA dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi menggunakan masker alami. Cara ini juga bisa jadi alternatif buat kamu yang nggak cocok menggunakan produk perawatan kimia, lo.

1. Gunakan masker alami dari lidah buaya murni untuk menghilangkan bekas jerawat sekaligus meredakan peradangan dan menghaluskan kulit

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Lidah buaya | Credit by bennyartist on depositphoto

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan lidah buaya cukup sederhana dan sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan acemannan dan antioksidan pada lidah buaya mampu meredakan peradangan pada kulit, melembapkan, memberikan kesegaran dan menenangkan kulit. Sementara kandungan asam salisilatnya bisa membantu pengelupasan melanin sehingga bisa memudarkan bekas jerawat hitam.

Cara menggunakan masker lidah buaya ini pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengupas kulitnya, kemudian pisahkan lendir dari daging buah, lalu aplikasikan pada kulit wajah seperti menggunakan masker biasa. Tunggu hingga kering, kemudian bilas dengan air bersih. Cara menghilangkan bekas jerawat seperti ini bisa kamu lakukan setiap hari.

Advertisement

2. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu alami yang dijadikan masker wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Madu | Credit by Oksixx on depositphoto

Madu murni selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh saat dikonsumsi ternyata juga memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang mampu memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat. Madu juga mampu memberikan kelembapan, melembutkan, dan memperbaiki jaringan yang rusak karena peradangan.

Kamu hanya perlu mengoleskan madu murni pada bekas jerawat, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi seperti ini sangat aman dan bisa dilakukan 3 kali seminggu. Namun, perlu diingat, madunya harus yang murni, ya! Sebab, madu pabrik biasanya sudah tercampur bahan-bahan lain yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

3. Membuat masker alami dari campuran cuka apel dan madu untuk menghilangkan bekas jerawat

Advertisement
Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Cuka apel | Credit by tashka2000 on depositphoto

Selain madu murni, kamu juga bisa menambahkan cuka apel sebagai campuran masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan mengandung asam sitrat, asam laktat, dan asam suksinat yang mampu meregenerasi kulit dan memudarkan melanin. Sehingga campuran madu dan cuka apel ini cukup efektif untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Cara membuat masker alami ini pun cukup mudah, larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 100 ml air, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu, aduk hingga rata. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut, kemudian oleskan pada bekas jerawat. tunggu 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Cara menghilangkan bekas jerawat seperti ini bisa kamu lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu.

4. Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami yang mengandung vitamin C seperti lemon dan jeruk nipis

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Lemon | Credit by resnick_joshua1 on depositphoto

Vitamin C pada produk perawatan kulit biasanya bermanfaat untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, kandungan ini juga mampu menurunkan pembentukan melanin penyebab bintik hitam akibat jerawat. Vitamin C secara alami bisa kamu dapatkan dari air perasan lemon dan jeruk nipis.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil air perasan lemon yang murni sebanyak 1 sendok makan. Kemudian campurkan dengan 2 sendok makan air untuk mengurangi kepekatannya, lalu aduk rata. Celupkan kapas pada campuran tersebut lalu oleskan pada wajah, ulangi beberapa kali pada bagian yang terdapat bekas jerawat. Tunggu hingga kering, kemudian bilas dengan air bersih. Buatmu yg kulitnya sensitif, lebih baik tes dulu di kulit belakang telinga untuk menghindari peradangan, ya!

5. Gunakan parutan kentang untuk mengompres bekas jerawat supaya cepat memudar

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Kentang | Credit by lakov on depositphoto

Kentang memang cukup jarang digunakan untuk perawatan kulit, tapi siapa sangka jika kandungan alkali pada kentang bisa menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, kentang juga bisa memudarkan bekas luka dan hyper pigmentasi pada kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi menggunakan kentang pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu memarut kentang yang sudah dikupas kulitnya, kemudian peras untuk mengambil airnya. Celupkan kapas pada perasan tersebut dan oles pada seluruh kulit wajah, ulangi beberapa kali pada bekas jerawat. Diamkan hingga kering, kemudian bilas dengan air bersih. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan kentang bisa kamu lakuan 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Buat masker alami menggunakan bubuk kunyit dan perasan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Kunyit | Credit by Fortyforks on depositphoto

Selain digunakan untuk bumbu dapur dan obat-obatan herbal, kunyit juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, lo. Kandungan kurkumin pada kunyit mampu memudarkan penumpukan melanin akibat inflamasi kulit. Selain itu, antioksidan alaminya juga membantu memperbaiki kerusakan akibat infeksi jerawat.

Cara membuat masker dari kunyit pun cukup mudah. Campurkan 1-2 sendok makan bubuk kunyit atau bisa juga menggunakan kunyit segar yang diparut. Tambahkan air perasan lemon hingga berbentuk pasta. Aplikasikan ke seluruh wajah seperti menggunakan masker, tunggu 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Cara ini cukup aman dan bisa kamu lakukan 1-2 kali seminggu.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cara alami ini memang nggak bisa instan dan butuh ketelatenan. Namun, cara ini cukup aman dan bisa membantu menghilangkan bekas jerawat selain penggunaan produk perawatan buatan pabrik. Selain itu, kamu juga harus memahami kondisi kulitmu saat menggunakan masker alami ini, ya. Jika menimbulkan rasa panas seperti terbakar dan iritasi, lebih baik dihentikan. Sebab, nggak semua bahan alami bisa cocok untuk setiap jenis kuit.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE