Paling Mudah! Ini 3 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Tips atasi cegukan saat tidak bisa minum air

Andai sedang tidak puasa, mudah saja jika kamu ingin menghilangkan cegukan. Cukup dengan minum beberapa gelas, kondisi yang mengganggu itu bisa lenyap. Namun pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan cegukan saat puasa?

Advertisement

Karena tidak boleh memasukkan air ke dalam mulut, tentunya kamu perlu cara lain. Nah, kali ini kami akan coba membagikan cara menghilangkan cegukan tanpa minum. Dengan berbagai cara ini, cegukan bisa hilang namun puasa bisa tetap kamu jalankan hingga Maghrib datang!

1. Tahan Nafas dan Keluarkan Perlahan

Kenapa cegukan saat puasa? Salah satu penyebab umumnya adalah kondisi diafragma yang mengejang. Organ tubuh ini posisinya ada di bawah paru-paru yang fungsinya untuk bernafas.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menarik dan mengeluarkan nafas dengan cara berikut:

Advertisement
  • Duduk atau berdiri dengan posisi punggung yang lurus
  • Lihat ke depan dan mematung
  • Tarik nafas dalam-dalam selama yang kamu bisa
  • Keluarkan secara perlahan-lahan sambil fokus kepada hal lain ketimbang memikirkan cegukan

2. Memijat Sejumlah Bagian Tubuh

Pijatan pada beberapa area tubuh juga dipercaya mampu menghilangkan cegukan. Berikut sejumlah area dan cara memijat yang bisa kamu lakukan agar puasa kembali nyaman.

Advertisement
  • Memijat ulu hati atau area sekitar diafragma berada sekitar 20-30 detik.
tips hentikan cegukan

Credit: Epigastrium via Deposit Photos

  • Memijat telapak tangan dengan jempol, jika terasa ada yang terasa sakit, itu bisa jadi karena ada gangguan syaraf yang mengakibatkan cegukan.
  • Melakukan pijatan di area arteri karotis (pembuluh dari di leher) sambil berbaring. Caranya dengan memijat sisi kanan leher sambil memposisikan leher berputar ke arah kiri.
pijatan untuk hentikan cegukan

By BruceBlaus via Wikipedia

3. Bernafas di Kantong Kertas

Berbeda dengan dua cara di awal, cara ketiga ini membutuhkan alat bantu berupa paper bag atau kantong dengan bahan dasar kertas.

Kamu bisa menutup mulut dan hidung dengan ujung paper bag lalu bernafas di dalamnya berkali-kali.

Secara teoretis, cara ini membuat kamu menghirup karbon dioksida dari bahan kertas. Hal ini mengakibatkan diafragma menjadi lemas kembali setelah sebelumnya mengalami kontraksi. Alhasil, cegukan berpotensi hilang.

Selain tiga cara di atas, masih ada sebenarnya cara menghilangkan cegukan saat puasa. Namun, kami sudah pilihkan yang menurut kami paling mudah. Mudah-mudahan, cegukan kami bisa hilang dan bisa fokus lagi beribadah ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE