Keberadaan tahi lalat di tubuh memang nggak bisa dihindari. Meski kebanyakan tahi lalat nggak sakit dan berbahaya, nggak sedikit orang yang ingin menghilangkannya karena dianggap mengganggu penampilan. Biasanya, kebanyakan orang akan menghilangkan tahi lalat dengan melakukan metode operasi laser. Namun, nggak ada salahnya jika kamu mencoba menggunakan cara-cara yang alami sebelum beralih ke tindakan operasi.

Cara menghilangkan atau menyamarkan tahi lalat ini bisa kamu coba jika ingin menghindari rasa sakit dan perih akibat operasi. Tenang, semuanya dijamin aman dan minim risiko, kok!

1. Cara pertama, kamu bisa membuat scrub dengan menggunakan gula pasir dan lemon

scrub lemon dan gula via www.kanal247.com

Advertisement

Selain dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit, scrub dari kedua bahan ini ternyata juga membantu menghilangkan tahi lalat lo! Kamu hanya perlu menaburkan gula di atas irisan lemon. Gosokkan lemon dengan gula tadi di tahi lalat yang ingin kamu hilangkan selama kurang lebih lima menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

2. Enzim pencerah alami yang dimiliki kulit pisang juga dipercaya dapat membantu menghilangkan tahi lalat lo!

kulit pisang via www.klikdokter.com

Hanya tahi lalat yang nggak timbul dan berbercak saja yang bisa dihilangkan dengan kulit pisang. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu menempelkan bagian dalam kulit pisang di area tahi lalat yang ingin dihilangkan, lalu biarkan selama satu jam. Lakukan secara rutin jika ingin tahi lalatmu menghilang dengan cepat.

3. Enzim yang terdapat pada nanas juga dipercaya dapat membantu menghilangkan tahi lalat

scrub nanas via www.1health.id

Sebelum digunakan, haluskan nanasnya terlebih dulu, lalu campurkan dengan sedikit garam laut. Aplikasikan campuran nanas ini sebagai scrub, gosokkan pada tahi lalat lalu tunggu hingga kering dan bilas.

4. Untuk menghilangkan tahi lalat, kamu pun bisa memanfaatkan cuka apel yang ada di dapur rumahmu

taruh dalam kapas via www.healthline.com

Advertisement

Sifat proteolitik dari cuka apel dapat memecah rantai molekul protein yang bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat secara perlahan. Kamu hanya perlu merendam kapas dalam cuka apel, lalu gosokkan selama 15 menit di tahi lalat yang ingin dihilangkan. Jika kamu melakukan kegiatan ini secara rutin selama satu hingga dua bulan, tahi lalat akan perlahan menghilang.

5. Punya madu di rumah? Kamu bisa memanfaatkannya untuk memudarkan tahi lalatmu

madu murni via draxe.com

Selain digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit, kamu juga bisa menggunakan madu untuk menghilangkan tahi lalat. Oleskan madu di tahi lalat yang ingin dihilangkan, kemudian tutup dengan plester. Jika kamu rajin melakukan kegiatan ini setiap pagi dan malam, selama enam minggu tahi lalatmu akan menghilang.

6. Campuran baking soda dan minyak jarak juga bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat

baking soda minyak jarak dicampur via krxmedia.com

Kamu hanya perlu membuat pasta dari kedua bahan ini dengan perbandingan yang sama. Aplikasikan pasta ini ke tahi lalat yang ingin dihilangkan, lalu diamkan hingga mengering. Selain tahi lalatmu hilang, kamu juga akan mendapatkan nutrisi vitamin E yang terkandung dalam minyak jarak.

Sebelum mencoba cara alternatif ini, kamu perlu konsultasikan dulu ke dokter mengenai tipe tahi lalat yang akan dihilangkan, apakah ia bersifat ganas atau nggak. Tapi jangan mengharapkan hasil yang instan, karena menghilangkan tahi lalat dengan bahan alami ini tentu membutuhkan waktu yang nggak sebentar. Berbeda dengan teknik pembedahan atau operasi yang dilakukan oleh tenaga medis. Semoga berhasil, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya