12 Cara Ampuh Mengusir Tikus Tanpa Racun atau Jebakan, Bisa Pakai Daun Mint!

Cara mengusir tikus

Siapa sih yang nggak kesal dengan tikus yang sering mondar-mandir di sekitar rumah? Apalagi kalau tikusnya itu nggak cuma satu. Duh, risi banget nggak sih? Masalahnya, selain mencuri makanan dan merusak barang-barang, keberadaan tikus di rumah juga bisa menyebarkan kuman yang menyebabkan penyakit.

Advertisement

Hewan pengerat yang sering menganggu ini memiliki kecenderungan alamiah yang membuat mereka tertarik pada kenyamanan dan kehangatan rumah. Biasanya mereka akan berlindung di sekitar lemari dan sudut-sudut gelap di sekitar rumah. Selain pakai racun atau jebakan, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir tikus agar menjauh dari rumah.

1. Karena tikus nggak suka dengan suara berisik, kamu bisa coba memelihara jangkrik supaya tikus di rumah pergi

cara mengusir tikus

memlihara jangkrik | Credit by bioboostsakti.blogspot.com

Memelihara jangkrik bisa menjadi salah satu cara mengusir tikus yang cukup ampuh. Kamu bisa menaruh jangkrik di area yang sering dilalui oleh tikus. Dengan begitu, tikus nggak akan lagi mondar-mandir di area rumah.

2. Bau dari kulit durian dipercaya dapat membuat tikus menjauh dari rumah

kulit durian | Credit by www.jurnalasia.com

Kamu bisa memotong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat yang sering dilalui tikus. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buah durian yang menyengat ampuh sebagai salah satu pengusir tikus.

Advertisement

3. Nggak hanya bermanfaat bagi tubuh, daun mint juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus l0!

daun mint | Credit by www.pinterest.ca

Aroma daun mint yang tajam dipercaya dapat membuat tikus-tikus mabuk dan terkulai lemas. Kamu bisa mengusir tikus di rumah dengan cara membuat cairan dari daun mint.

Siapkan seikat daun mint dan ambil sarinya. Tambahkan sedikit air ke dalam sari daun mint tersebut. Setelah larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering dilalui tikus.

4. Bubuk cabai dan deterjen bisa kamu campur untuk dipakai mengusir tikus

cara mengusir tikus

bubuk cabe dan detergen | Credit by productnation.co

Bubuk cabai atau saus cabai bisa kamu campurkan dengan deterjen yang sudah dilarutkan air. Taruh campuran botol tadi ke dalam semprotan, kemudian semprotkan cairan tersebut ke wilayah yang sering dilalui tikus. Cairan ini efektif digunakan untuk mengusir tikus karena dapat membuat tikus panas dan lari.

Advertisement

5. Bau dari irisan bawang merah juga dipercaya ampuh untuk mengusir tikus

irisan bawang merah | Credit by harga.info

Tikus nggak suka dengan aroma bawang merah yang terasa pedas. Untuk mengusir tikus dengan bawang merah, cara yang harus kamu lakukan adalah meletakkan irisan bawang di tempat yang sering mereka datangi atau di tempat persembunyian mereka. Dijamin, tikus nggak akan betah berlama-lama di sana deh.

6. Senyawa piperin yang terkandung dalam lada bubuk akan membuat tikus pergi dengan sendirinya

lada bubuk | Credit by fajar.co.id

Kamu hanya perlu menaruh sedikit lada bubuk di tempat persembunyian atau tempat yang sering tikus datangi di area rumahmu. Diamkan saja beberapa saat, maka tikus akan merasa terganggu dan nggak balik lagi ke tempat itu.

7. Bau menyengat dari cuka merupakan satu hal yang nggak disukai oleh tikus

cara mengusir tikus

vinegar | Credit by www.rd.com

Cara mengusir tikus dengan menggunakan cuka terbilang cukup mudah. Ambil kapas lalu celupkan dengan cuka. Lalu, letakkan kapas tersebut di tempat yang sering dilalui tikus, ya! Pastikan kamu menggunakan pelindung atau sarung tangan supaya tanganmu nggak perih.

8. Kamu yang hobi minum teh bisa memanfaatkan kantongnya untuk mengusir tikus

mengusir tikus

kantong teh | Credit by www.suratkabar.id

Teh biasanya memiliki senyawa pepermin yang membuat tikus terganggu dan merasa nggak betah jika berada di sekitar kantong teh tersebut.

Letakkan kantong teh di tempat yang sering dilalui tikus. Pastikan kantong teh masih lembap sehingga aromanya masih cukup kuat untuk mengusir tikus, ya!

9. Wangi khas dari cengkeh juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat tikus kabur dari rumahmu

cengkeh | Credit by hellosehat.com

Untuk mengusir tikus dengan cengkeh, cara terbaiknya adalah kamu perlu kain kasa sebagai tempatnya. Masukkan beberapa potong cengkeh ke dalam kain kasa, tunggu beberapa hari supaya cengkeh benar-benar kering. Kemudian letakkan cengkeh yang kering di tempat yang sering dilalui tikus, ya! Semakin kering cengkeh yang digunakan, maka semakin tajam pula aromanya, sehingga makin efektif untuk digunakan mengusir tikus.

10. Daun salam yang sering digunakan untuk memasak juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus

cara mengusir tikus

daun salam | Credit by organicvolunteers.com

Potong daun salam kecil-kecil dan letakkan di seluruh area yang sering disinggahi tikus. Aroma yang kuat dan menyengat dari daun salam membuat tikus malas untuk datang lagi. Bahkan, jika daun salam ini dimakan oleh tikus, ia bisa langsung mati setelah beberapa saat lo!

11. Mengkudu yang sering digunakan untuk ramuan kesehatan juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus

mengkudu | Credit by doktersehat.com

Cara mengusir tikus menggunakan buah mengkudu juga bisa kamu praktikkan, nih, SoHip. Kamu hanya perlu memotong buah mengkudu dan meletakkannya di tempat yang sering sering dilalui tikus. Namun, kamu harus mengganti buah mengkudu jika ia sudah mulai mengering, ya!

12. Meski terkesan aneh, tikus bisa pergi ketika melihat banyak rambut manusia di lantai

rambut rontok via www.cakapsehat.com

Rambut manusia ini bisa digunakan untuk perangkap membunuh tikus. Kamu hanya perlu meletakkan beberapa helai rambut di lubang yang sering ditinggali oleh tikus. Nggak lama, tikus akan makan rambut tersebut dan ia akan mati. 😀

Nah, itu dia 12 cara mengusir tikus dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita tanpa menggunakan racun dan jebakan yang aman untuk dicoba. Untuk tahu mana yang paling ampuh, kamu bisa mencobanya sendiri nanti malam, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE