7 Cara Menyerap Bau Ruangan Karena Lembap, Bangkai, atau Kotor Lantainya

cara menyerap bau ruangan

Segala aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan berbau tidak sedap tentu sangat tidak nyaman. Saat bekerja di ruangan misalnya, bau tidak sedap akan membuat hilangnya konsentrasi dan mengakibatkan pekerjaan tidak maksimal. Begitu pula saat kita ingin bersantai di ruangan, bau tidak sedap akan mengusik dan membuat kita tidak bisa beristirahat dengan tenang. Pasalnya, ruangan yang bau biasanya timbul dari hal-hal yang kotor.

Advertisement

Biasanya, bau tidak sedap muncul dari kondisi udara yang lembap, perabotan lama, pakaian kotor, hingga sampah rumah tangga. Jika dibiarkan, kenyamanan penghuni ruangan pun akan sangat terganggu. Apalagi, jika ruangan itu akan digunakan untuk menerima tamu. Tetapi jangan khawatir, untuk membuat ruangan bersih dan harum, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan bermodal barang-barang mulai dari yang ada di rumah saja tanpa perlu repot-repot membeli. Apa saja, ya?

1. Selain sebagai bumbu dapur, batang serai bisa dijadikan pengharum ruangan

Batang serai untuk pengharum ruangan | Credit: Pxhere

Batang serai memang sudah lama dikenal memiliki berbagai manfaat. Selain sebagai bumbu dapur, serai juga sering dijadikan sebagai minuman herbal yang diyakini memiliki berbagai khasiat. Tak sampai di situ saja, batang serai rupanya juga bisa menjadi salah satu penghilang bau ruangan paling ampuh.

Caranya, kamu cukup memotong batang serai kecil-kecil supaya aroma sedapnya menyeruak. Lalu, kamu tinggal meletakkan potongan serai ke dalam wadah yang ditempatkan di area ventilasi dan sudut ruangan.

Advertisement

2. Sensasi harum kayu manis asli juga mampu menyerap aroma tak sedap dalam ruangan

Kayu manis menyerap aroma tidak sedap | Credit: stevepb via Pixabay

Kalau kamu pernah menemui pengharum ruangan dengan aroma kayu manis, rupanya kayu manis aslinya pun bisa digunakan sebagai penghilang bau. Aromanya yang lembut bisa menyerap bau tak sedap yang ada di ruangan.

Cara menghilangkan bau makanan di kamar dengan kayu manis bisa dengan beberapa cara, salah satunya dengan merebus air dengan batang kayu manis selama beberapa menit. Lalu, letakkan air rebusan kayu manus yang masih panas ke dalam ruangan hingga uapnya menyebar ke dalam ruangan.

3. Aroma sitrus lemon yang menyegarkan bisa menjadi penyerap bau ruangan alami

Advertisement

Aroma citrus lemon mampu menyegarkan bau ruangan | Credit: André Karwath [CC BY-SA 2.5] via Wikimedia

Siapa yang tak suka dengan aroma sitrus buah lemon? Aroma buah berwarna kuning yang menyegarkan itu membuat banyak orang menjadikannya penyerap bau ruangan alami. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau ruangan dengan lemon.

Pertama, kamu hanya perlu mengiris lemon menjadi beberapa bagian lalu meletakkannya di sudut ruangan yang berbau tidak sedap. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kulitnya saja di sudut ruangan. Aroma segar buah lemon itu bisa bertahan kurang lebih sampai tiga hari lamanya.

4. Sudah tak asing lagi, aroma kopi bisa mengeluarkan aroma lembut dan menenangkan

Kopi menyerap bau tak sedap | Credit: Photoshot via Pixabay

Penyerap bau ruangan yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi. Kopi memang bisa menjadi pengharum ruangan alami sekaligus penyerap bau menyengat. Jika kamu ingin menghilangkan bau bangkai cicak misalnya, kamu cukup meletakkan bubuk atau biji kopi di tempat sirkulasi udara. Dengan begitu, ruanganmu pun akan lebih tenang dan beraroma lembut dari kopi.

5. Biasa menjadi dekorasi, bunga segar ternyata juga bisa menyerap bau

Bunga segar bisa menyerap bau sekaligus menghias ruangan | Credit: Marko via Pixinio

Cara lain yang bisa kami pilih untuk menyerap bau ruangan adalah dengan tanaman penghilang bau ruangan. Tanaman ini bisa berwujud bunga segar yang menyerap bau.

Caranya, kamu hanya perlu meletakkan bunga segar di tempat yang strategis dalam ruangan. Aroma alami dari bunga segar itu akan membantu ruangan menjadi lebih harum. Tidak hanya membuat harum, bunga juga bisa menjadi dekorasi yang apik di dalam ruangan. Pilihan bunga yang bisa kamu gunakan di antaranya bunga melati, bunga lili, ataupun bunga anggrek.

6. Baking soda juga bisa menetralkan bau dengan diletakkan saja seperti kopi

Baking soda bisa menghilangkan bau | Credit: Monfocus via Pixabay

Tak banyak diketahui, baking soda ternyata mempunyai sifat menetralkan pH. Dengan sifat itu, baking soda bisa menyerap dan menghilangkan bau tidak sedap di dalam ruangan.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau ruangan cukup dengan meletakkannya di wadah terbuka seperti kopi. Kemudian, letakkan baking soda ke dalam ruangan berbau tidak sedap. Dengan cara itu, kita bisa menghilangkan bau ruangan kucing atau bau lantai yang biasanya sangat mengganggu.

7. Terakhir, selain bisa membersihkan peralatan, cuka juga bisa menetralkan bau

Selain bisa untuk membersihkan peralatan dapur, cuka juga bisa menghilangkan bau | Credit: Pxhere

Kamu mungkin sering mendengar kalau cuka bisa digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan dapur. Namun, rupanya cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Caranya, campurkan cuka dengan air ke dalam botol spray kosong, kocok merata, lalu semprotkan seperti pengharum ruangan. Kamu juga bisa menyemprotkannya ke dalam tempat-tempat yang berjamur karena cuka bisa membunuh jamur. Setelah cuka menguap, bau ruangan pun akan ikut memudar.

Itu dia 7 cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menyerap bau tidak sedap. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan bau di ruangan ber AC, menghilangkan bau lantai, ataupun menghilangkan bau bangkai di dalam ruanganmu. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan ruangan dan mengatur keluar masuknya udara juga ya, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE