7 Cara Merawat Hamster bagi Pemula Agar Nggak Gampang Bau Apalagi Mati

Peralatan di dalam kandangnya kudu lengkap, kalau nggak hamster bisa stres

4. Berikan tempat yang aman untuk persembunyian hamster

Cara merawat hamster

Tempat persembunyian hamster | Photo by Kim Green on Unsplash

Hamster mempunyai naluri yang suka bersembunyi. Maka dari itu, sediakan tempat tersembunyi di dalam kandang supaya dia merasa aman. Kamu bisa membuatnya dari potongan kardus atau kayu yang sesuai ukuran tubuh hamster. Kalau sudah, jangan lupa memeriksa tempat persembunyiannya karena bisa jadi hamster menumpuk makanan sampai busuk. Cara membersihkan timbunan makanan hamster adalah dengan menggantinya dengan makanan baru di tempat yang sama. Cara ini juga penting untuk merawat hamster yang sedang hamil atau yang baru lahir.

5. Memberikan alas untuk kandang yang tepat dari serutan kayu

Cara merawat hamster

Berikan alas yang tepat | Photo by Doina Gavrilov on Unsplash

Bukan hanya kandang yang luas, alas pada kandang hamster juga perlu diperhatikan. Alas ini biasanya terbuat dari serutan kayu seperti pada habitat aslinya. Tekstur serutan kayu yang lembut itu akan menjadi tempat yang nyaman untuk hamster berpijak dan beristirahat. Berikan alas dengan tebal kurang lebih lima senti. Jangan lupa membersihkan alas ini secara rutin sebagai cara merawat hamster agar tidak bau.

6. Bersihkan kandang secara teratur dan menyeluruh dengan air dan sabun

Cara merawat hamster

Bersihkan kandang teratur | Photo by Alex Konokh on Unsplash

Saat membersihkan kandang hamster, tempatkan hewan mungil itu di tempat yang nyaman. Bersihkan secara menyeluruh dengan campuran sabun cuci piring dan air. Kamu juga bisa menggunakan sabun pencuci khusus kandang hewan pengerat yang bisa diperoleh di toko hewan peliharaan. Bilas kandang setelah dibersihkan, lalu pastikan kandang benar-benar kering. Pastikan tidak ada sabun yang menempel karena hamster memiliki indra penciuman yang tajam. Saat membersihkan kandang, jangan lupa juga untuk mengganti alas kandang dengan yang baru.

7. Kenali naluri teritorial hamster supaya nggak berkelahi dengan sesamanya

Cara merawat hamster

Kenali teritorial hamster | Photo by Amjith S on Unsplash

Cara merawat hamster habis melahirkan yang usianya sudah menginjak 5-8 minggu adalah dengan mengenali naluri teritorialnya. Di usia itu, beberapa jenis hamster akan berkelahi dengan sesamanya sampai mati demi mendapatkan tempat untuk dirinya sendiri jika ditempatkan bersama dengan hamster lain. Hamster yang tidak bisa ditempatkan dalam satu kandang biasanya berjenis Suria, sementara hamster kerdil Campbell, Winter White, dan Roborovski bisa ditempatkan di kandang yang sama selama mereka akrab.

Gemas banget ya, tingkah hewan mungil satu ini? Meskipun pemeliharaannya nggak mudah, tapi melihat bentuknya yang menggemaskan dan tingkah lakunya yang lincah bikin kita happy, setuju SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE